Tren SUV Makin Diminati, Apakah Honda City Hatchback 2021 Mampu Menggoyang Penjualan Toyota Rush? 

Yongki Sanjaya · 4 Mar, 2021 08:00

Tren SUV Makin Diminati, Apakah Honda City Hatchback 2021 Mampu Menggoyang Penjualan Toyota Rush?  01

Setelah dinantikan sekian waktu, PT Honda Prospect Motor akhirnya memperkenalkan mobil ikonik mereka yaitu Honda City Hatchback 2021. City Hatchback hadir dalam dua tipe yaitu standar dan Road Sailing alias RS. Dengan harga yang cukup mahal ini, apakah sepadan untuk sebuah hatchback?

Jawabnya tergantung, karena itu menyesuaikan preferensi selera kalian masing-masing. Kalau mencari mobil hanya untuk rutinitas sehari-hari dalam kota, mungkin cukup. Tapi kalau suka jalan-jalan apalagi bersama anggota keluarga maka mobil jenis SUV banyak pilihannya di rentang harga serupa.

Tren SUV Makin Diminati, Apakah Honda City Hatchback 2021 Mampu Menggoyang Penjualan Toyota Rush?  02

Memang sih, City Hatchback ini sudah lebih dari cukup bila cuma untuk mobil harian. Desain oke, kabin lega, mesin baru lebih bertenaga, fitur juga mentereng. Namun jangan lupakan, City Hatchback ini bukan mobil dual purpose yang bisa digunakan di medan off road.

"Pasar hatchback memang tidak sebesar MPV dan LSUV, walau kecil kita mendominasi di Jazz. City hadir supaya mempertahankan eksistensi kita di hatchback ini. Kita harus mempertahankan market share nomor satu di hatchback," ucap Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor.

Baca juga:

Jadi SUV 7-Seater, Kursi Baris Ketiga Toyota Rush 2021 Cuma Pas Buat Bocah?

Tak Sabar Untuk Meminang Toyota Rush 2021? Intip Dulu Deretan Fitur-fiturnya Ini!

Cari Tahu Biaya Perawatan Toyota Rush 2021 Sebelum Meminangnya

Honda pun mengakui kalau Low SUV dan crossover ini sedang naik daun. Karena sebagai penerus Honda Jazz, City Hatchback ini tentunya mewarisi keunggulan dari sang pendahulu. 

Untuk model ini, Honda mempertahankan keunggulan dari sisi keluasan kabin dan pengaturan kursi yang praktis yang juga merupakan ciri khas dari mobil hatchback Honda sebelumnya. City Hatchback ditunjang desain yang lebih ramping dan sporty serta fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan anak muda saat ini. 

SUV Lebih Fleksibel di Segala Kondisi, Honda City Hatchback 2021 Sulit Lewat Jalan Tanah Berbatu

Tren SUV Makin Diminati, Apakah Honda City Hatchback 2021 Mampu Menggoyang Penjualan Toyota Rush?  03

Kendaraan jenis SUV (Sport Utility Vehicle) saat ini sudah menjadi primadona di kalangan masyarakat. Jenis kendaraan ini merupakan bagian pengembangan dari mobil GPV (General Purpose Vehicle), atau mobil yang dirancang untuk segala medan. 

Faktor utama yang membuat SUV kian diminati karena mobil ini dianggap sesuai iklim geografis Tanah Air dengan segala kemampuan yang dimiliki. Kini, banyak pengguna mobil di Indonesia yang sudah menjadikan SUV sebagai yang digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Sesuai tuntutan zaman, SUV modern didukung elemen yang mampu memberikan nilai tambah pada aspek kenyamanan berkendara. Berdasarkan fakta di lapangan, memang mobil SUV memiliki keistimewaan tersendiri yang tidak dapat ditemui mobil lain.

Toyota Rush terbaru misalnya, memiliki sederet fitur yang membuatnya cocok dijadikan mobil harian untuk menemani mobilitas pemiliknya. Istilahnya, SUV sudah setara MPV soal kenyamanan harian. 

Tampilan SUV Lebih Maskulin, Bebas Insecure Buat Perempuan yang Mengemudikannya

Tren SUV Makin Diminati, Apakah Honda City Hatchback 2021 Mampu Menggoyang Penjualan Toyota Rush?  04

Mengendarai sebuah mobil tentu bisa melekat dengan citra dan kepribadian. Sekilas, mobil SUV cenderung mampu memberikan kesan gagah mengingat segmen pasarnya membutuhkan suatu keandalan dan ketangguhan. 

SUV biasanya memberikan kesan maskulin dan sangar untuk konsumen laki-laki. Sementara untuk kaum hawa memberikan kesan elegan, mewah, dan tangguh. 

Desain inilah yang mampu membuat penggunanya semakin percaya diri dan puas saat berkendara di jalan raya bersama mobilnya. Buat kalangan perempuan pun rasa was-was jadi hilang karena gaya maskulin pada SUV. 

Postur Tinggi Besar, Daya Jelajah SUV Lebih Jauh

Tren SUV Makin Diminati, Apakah Honda City Hatchback 2021 Mampu Menggoyang Penjualan Toyota Rush?  05

Sesuai peruntukannya, SUV merupakan pengembangan produk kendaraan segala medan. Ini bisa dilihat pada struktur kendaraan yang lebih besar dan kokoh.

Bila melihat perbandingannya pun cukup kontras, misalnya saja Toyota Rush yang tinggi dengan Honda City Hatchback RS yang imut. Selain itu, ground clearance SUV pastinya lebih tinggi dibandingkan jenis mobil lain. Ini menjadikan SUV dapat digunakan untuk berbagai kondisi jalan. 

Terlebih, jalan perkotaan pun banyak dihiasi dengan lubang akibat genangan air saat musim hujan. Untuk itulah para pengguna SUV jadi tidak perlu lagi khawatir dengan persoalan seperti ini.

Pengguna mobil SUV dapat menggunakan kendaraannya untuk berbagai keperluan. Tidak hanya jalanan perkotaan, jalan pedesaan yang bisa kita temui saat pulang kampung dengan kontur kurang baik sekalipun bisa dilewati SUV.

Tenaga Cukup Besar, Mesinnya Juga Badak

Tren SUV Makin Diminati, Apakah Honda City Hatchback 2021 Mampu Menggoyang Penjualan Toyota Rush?  06

Karena tuntutan kondisi medan yang dilalui, maka SUV biasanya didukung dengan mesin bertenaga cukup besar. Dengan demikian, bisa melewati medan off road cukup mudah. Walaupun hanya off road ringan, tapi butuh tenaga dan torsi yang cukup supaya mudah melaluinya. 

Dengan mesin yang bertenaga, pengguna mobil SUV tak perlu mengkhawatirkan soal tenaga yang ngos-ngosan. Torsi besar membuat akselerasi yang dimiliki mobil SUV sudah pasti memuaskan. 

Honda City Hatchback patut waspada, karena sebagai model baru maka spesifikasi mesin yang diusungnya belum benar-benar teruji di berbagai kondisi jalan aspal khas Indonesia. Bila berkaca pada Honda Jazz, hatchback tersebut masuk kategori mobil bandel yang cukup tangguh di mayoritas jalan aspal.

SUV Si Mobil Serba Bisa, Toyota Rush Ungguli Honda City Hatchback Soal Utilitas Kabin 

Tren SUV Makin Diminati, Apakah Honda City Hatchback 2021 Mampu Menggoyang Penjualan Toyota Rush?  07

SUV kini trennya menjadi versi dual purpose dari suatu segmen, entah itu MPV atau hatchback. Artinya, SUV punya kemampuan lebih dari basis mobil yang digunakan. Misalnya saja pada Toyota Rush 2021, punya kelebihan dari Toyota Avanza berikut kemampuan off road ringan. 

Artinya, masalah utilitas tidak perlu dirisaukan oleh pengguna SUV. Untuk low SUV dengan konfigurasi 7-seater, interiornya tak kalah lega dengan MPV. Apabila cuma 5-seater, mungkin kabinnya hampir sama luasnya dengan hatchback. 

Tren SUV Makin Diminati, Apakah Honda City Hatchback 2021 Mampu Menggoyang Penjualan Toyota Rush?  08

Interior di City Hatchback cukup lega tapi kalah luas kalau dibandingkan dengan mobil low SUV.

Itulah mengapa, SUV banyak dipilih oleh masyarakat yang sudah memiliki keluarga, terutama yang anggotanya cukup banyak. Kalau yang masih keluarga muda, mereka pun menjatuhkan pilihan pada crossover sebagai versi dual purpose dari hatchback.

Kesimpulan

Dengan beragam keunggulan yang tersedia di SUV modern, membuat segmen ini peminatnya semakin besar. Pabrikan mobil pun tergoda untuk terus menambah varian atau model dengan kemampuan off road ringan ini.

Melihat kondisi yang ada, agak sulit untuk Honda City Hatchback 2021 menyamai larisnya penjualan era Jazz. Walaupun Toyota Rush masih punya beberapa kekurangan, namun SUV ini terbukti lebih diminati oleh banyak kalangan.  

Komentar