window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Truk Listrik Fuso eCanter Segera Meluncur di Indonesia, Trayek Jakarta-Purwakarta Gak Perlu Ngecas Baterai

Adit · 28 Mar, 2022 16:04

Truk Listrik Fuso eCanter Segera Meluncur di Indonesia, Trayek Jakarta-Purwakarta Gak Perlu Ngecas Baterai 01

  • Menanti truk listrik Fuso eCanter meluncur di Indonesia.
  • Fuso eCanter bisa jadi truk listrik pertama yang beroperasi di Indonesia.
  • Sekali dicas penuh, bisa menjangkau jarak Jakarta ke Purwakarta.

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) masih mengkaji kelayakan penggunaan truk listrik Fuso eCanter di Indonesia. Sebab kendaraan niaga setrum ini masih terbilang baru, jadi butuh persiapan dan studi yang panjang. 

Satu hal yang masih menjadi pertimbangan adalah ketersediaan infrastruktur pengisian daya baterai yang masih minim. Khusus kendaraan niaga listrik, rasanya belum ada operator yang menyediakannya di Indonesia. 

Truk Listrik Fuso eCanter Segera Meluncur di Indonesia, Trayek Jakarta-Purwakarta Gak Perlu Ngecas Baterai 02

Baterai Fuso eCanter menjanjikan daya tempuh 100 km sekali cas

Baca Juga: Truk Fuso Euro 4 Tenggak Solar Murah? Ini Akibatnya!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sebelumnya pabrikan telah memamerkan truk listrik Fuso eCanter pada 2020 lalu di pameran GIICOMVEC 2020. Kala itu masih tahap perkenalan, kemudian pada akhir 2021 KTB membentuk divisi khusus untuk mempelajari tren kendaraan listrik niaga di Indonesia. 

Lalu, bagaimana update terbaru peninjauan yang dilakukan KTB terhadap produk anyarnya itu? Sales & Marketing Director of PT KTB Duljatmono mengatakan, progres truk listrik Fuso eCanter terus berjalan.

KTB tengah memproses kedatangannya di Indonesia lagi untuk eksplorasi yang lebih komprehensif, mulai dari segi utilitas, efektivitas, daya tempuh, rute pengiriman, dan sebagainya. 

Truk Listrik Fuso eCanter Segera Meluncur di Indonesia, Trayek Jakarta-Purwakarta Gak Perlu Ngecas Baterai 01

Truk listrik Fuso eCanter bakal dipakai perusahaan logistik di Indonesia

"Itu kami sedang lakukan tes pasar dengan aktivitas proof of concept, artinya memberikan kesempatan kepada konsumen terpilih. Saat ini kendaraan tersebut sedang diproses kedatangannya di Indonesia," katanya saat ditemui di ICE BSD, Tangerang beberapa waktu lalu. 

Boleh dibilang nanti realisasi studi truk listrik Fuso eCanter bakal serupa Mitsubishi Minicab-MiEV. Mobil niaga listrik mungil itu digunakan sejumlah perusahaan logistik sebagai salah satu armada operasional yang hanya digunakan di wilayah Jabodetabek. 

"Kira-kira memang ke arah sana perusahaan logistik dan hanya dilakukan di Jabodetabek. Target kandidatnya sudah ada namun saya belum bisa sebutkan," imbuh Momon, sapaan akrabnya. 

Truk Listrik Fuso eCanter Segera Meluncur di Indonesia, Trayek Jakarta-Purwakarta Gak Perlu Ngecas Baterai 02

Posisi baterai truk listrik Fuso eCanter, menggantikan tangki bahan bakar Canter konvensional

Baca Juga: Ogah Tenggak Solar Lagi, Mitsubishi Fuso Stop Jualan Truk dan Bus Diesel di 2030

Spesifikasi Truk Listrik Fuso eCanter

Soal spesifkasi, truk listrik Fuso eCanter punya dimensi yang hampir mirip seperti Fuso Canter yang tengah diniagakan di dalam negeri. Panjangnya 5.935 mm, lebar 1.996 mm, dan sumbu roda 3.400 mm. 

Bentuknya berupa truk yang menggendong box tertutup. Jadi akan lebih tepat untuk mengangkut barang konsumsi atau consumer goods, yang membutuhkan proses distribusi dengan pengemasan tertutup, sehingga terlindungi dari panas maupun hujan. 

Truk Listrik Fuso eCanter Segera Meluncur di Indonesia, Trayek Jakarta-Purwakarta Gak Perlu Ngecas Baterai 03

Motor listrik Fuso eCanter menjanjikan tenaga hingga 135 kW

Beralih ke performa, motor listriknya mampu mengeluarkan tenaga hingga 135 kW atau setara 180 HP dan torsi 390 Nm. Kecepatan truk listrik Fuso eCanter dibatasi hanya 80 km per jam agar daya tempuh baterai bisa optimal. 

Rangkanya juga menggendong 6 baterai pak dengan kapasitas total 82,8 kWh. Posisinya diletakkan di lokasi tempat tangki bahan bakar berada. Jadi dilihat dari samping, hampir sama seperti Canter konvensional. 

Port pengecasan truk listrik Fuso eCanter mengunakan model CHAdeMO untuk pengisian cepat selama 1,5 jam. Baterainya saat diisi penuh menjanjikan daya tempuh hingga 100 km. Jarak tersebut sama seperti dari Jakarta ke Purwakarta tanpa ngecas lagi. 

Baca Juga: Mitsubishi Fuso Pensiunkan Colt Diesel, Rilis 29 Varian Berstandar Euro4

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia