Truk Volvo FH16 dan FMX Terbaru Meluncur di Indonesia, Bisa Muat Beban Lebih Berat

Enda · 22 Sep, 2021 20:00

Truk Volvo FH16 dan FMX Terbaru Meluncur di Indonesia, Bisa Muat Beban Lebih Berat 01

Varian terbaru FH16 dan FMX Volvo Trucks Indonesia

PT Wahana Inti Selaras selaku importir resmi Volvo Trucks di Indonesia beserta anak perusahaannya yaitu PT Eka Dharma Jaya sakti di area Kalimantan dan PT Indotruck Utama sebagai distributor resmi untuk area non-Kalimantan,  resmi melucurkan line up terbaru FH16 dan FMX melalui acara Volvo Trucks Indonesia New Range Digital Launch pada Selasa (21/9) kemarin.

Produk terbaru Volvo ini diketahui mendapat update secara tampilan eksterior dan interiornya sesuai dengan tujuan Volvo Trucks yang terus berupaya untuk meningkatkan kualitas, keamanan, dan juga ramah lingkungan. Tidak hanya itu, unit baru truk ini juga dibuat untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi saat bekerja karena peningkatan performa yang menjadi keunggulan Volvo Trucks.

“Mulai dari three-point seat belt sampai teknologi yang lebih lanjut, Volvo Trucks terus meningkatkan kualitas produknya sesuai dengan core value dari Volvo Trucks yaitu quality, safety, dan environmental care. Tetapi, tidak hanya kenyamanan dan keamanan, hal penting dari truk adalah produktivitas dan ini yang terus dikembangkan oleh Volvo,” Ujar Bambang Prijono, selaku Direktur PT Wahana Inti Selaras dalam keterangan resminya.

Perubahan yang terjadi pada unit baru Volvo Trucks ini tidak hanya pada exterior, tetapi juga interior.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Baca juga: Sebentar Lagi Dirilis, Segini Perkiraan Harga All New Toyota Avanza - Daihatsu Xenia 2022

Pada exterior FH16 dan FMX, ada peningkatan pada grill menjadi honeycomb grill yang berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi udara yang mampu mendinginkan mesin secara optimal. Selain itu, ada perubahan lain yaitu lampu depan berbentuk V-Shape yang berfungsi untuk meningkatkan daya pandang pengemudi dan kendaraan dari arah berlawanan. Pada footstep juga terdapat perubahan dengan menggunakan material anti-slip untuk meningkatkan keamanan pengemudi yang akan naik dan turun dari kabin truk.

Volvo Trucks Terbaru Kini Mengalami Peningkatan 6 Ton!

Truk Volvo FH16 dan FMX Terbaru Meluncur di Indonesia, Bisa Muat Beban Lebih Berat 01

Volvo Trucks kini mengalami peningkatan peningkatan dari 32 ton menjadi 38

Peningkatan lain terdapat pada front axle yang memiliki peningkatan kapasitas dari sembilan menjadi sepuluh ton. Pada rear axle terdapat peningkatan dari 32 ton menjadi 38 ton yang memungkinkan untuk mengangkut beban lebih dari 285 ton sekali berkendara. Selain itu, ada peningkatan lain dari vessel dari 35m3 menjadi 45m3 yang menjadi peningkatan signifikan tidak hanya kapasitas melainkan dari volume.

“Peningkatan kualitas Volvo Trucks ini tidak hanya dari segi kapasitas berat tapi juga peningkatan volume. Ini ditujukan untuk meningkatkan produktivitas karena truk ini banyak yang bekerja di area pertambangan untuk mengangkut batubara,” Ujar Pantas Sihombing, Direktur PT Eka Dharma Jaya Sakti.

Baca juga: Mulai 2022, Mazda Gunakan AWD Sebagai Standar di Seluruh SUV-nya

Tampilan Interior Volvo Truck Terbaru Semakin Prestisius

Truk Volvo FH16 dan FMX Terbaru Meluncur di Indonesia, Bisa Muat Beban Lebih Berat 02

Selain eksterior, interior juga mendapatkan penyegaran guna menyuguhkan kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

Salah satu fitur utama yang ditingkatkan dari sisi interior adalah kluster instrument digital yang berisi berbagai informasi untuk pengemudi seperti konsumsi bahan bakar, tekanan udara, navigasi, dan lainnya. Hal ini ditujukan untuk membuat pengemudi lebih fokus dan bisa lebih cepat memantau kondisi truk saat di jalan.

Truk Volvo FH16 dan FMX Terbaru Meluncur di Indonesia, Bisa Muat Beban Lebih Berat 03

Pada setir kemudi, selain mode tilt dan telescopic ada juga pengaturan neck tilting yang tidak hanya mengatur tinggi atau jarak, pengemudi juga bisa mengatur sudut kemudi setirnya. Selain itu, untuk semua unit baru Volvo Trucks saat ini sudah menjadi I-Shift yang lebih ergonomis.

Truk Volvo FH16 dan FMX Terbaru Meluncur di Indonesia, Bisa Muat Beban Lebih Berat 04

Untuk utilisasi, Volvo Trucks memiliki lima mode berkendara yang bisa diatur sesuai dengan berbagai kondisi pengemudi saat di jalan seperti efficiency, standard, heavy load, off-road, dan uphill. Pada traction control, semua dibuat lebih sederhana dengan knob putar, tidak lagi dengan berbagai tombol seperti model sebelumnya. Disisi lain, banyak perubahan yang dibuat lebih digital dan elektrik untuk memudahkan pengemudi saat berkendara seperti spion yang dibuat elektrik dan jendela yang dibuat power window.

Kabin truk juga dibuat lebih soundproof hingga 20 persen lebih senyap untuk meningkatkan kenyamanan pengemudi yang sering mengalami noise saat mengemudi di daerah yang berisik agar tidak mudah lelah. Ditambah, area blindspot pengemudi juga dibuat lebih kecil untuk meminimalisasi kemungkinan pengemudi tidak melihat kondisi di sekitarnya.

Truk Volvo FH16 dan FMX Terbaru Meluncur di Indonesia, Bisa Muat Beban Lebih Berat 05

Perlu diketahui, Volvo berupaya mempermudah pelanggan yang memiliki unit truknya untuk mengontrol dan mengakses semua layanan Volvo Trucks mulai dari performa truk hingga jadwal pemeliharaan rutin melalui Volvo Connect. Aplikasi ini memungkinkan pelanggan truk memantau kondisi truknya rutin secara real-time lewat berbagai platform.

Baca juga: Ternyata Ada 3 Fitur Baru di Honda BR-V 2022 yang CR-V Gak Punya!

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Daihatsu Terios X M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru