window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Uji Emisi Gas Buang Jadi Cara Ukur Efisiensi Mesin dan Konsumsi Bahan Bakar, Mitos atau Fakta?

Enda · 21 Jun, 2022 13:30

Uji emisi kendaraan

Tak sedikit para pemilik mobil melakukan modifikasi pada kendaraan guna menekan angka penggunaan BBM supaya lebih irit. Sebenarnya cara seperti ini bisa mengakibatkan komponen yang ada di dalam mesin mobil mengalami gangguan, seperti turunnya performa, durabilitas dan menghilangkan garansi mobil.

Guna membuat mobil supaya lebih hemat bahan bakar sebenarnya terdapat beberapa cara yang aman. Namun sebelumnya, kalian diharuskan sudah menerapkan prinsip mengemudi eco driving.

Baca juga: Polisi Tunda Kebijakan Tilang Uji Emisi Mobil dan Motor di Jakarta, Pertanda Batal?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

“Langkah sederhana yang bisa dilakukan adalah uji emisi gas buang kendaraan. Uji emisi adalah proses pengujian kandungan gas buang kendaraan bermotor yang dihasilkan saat mesin menyala. Tujuan uji emisi diantaranya adalah untuk mengukur sejauh mana kinerja dan tingkat efisiensi bahan bakar mobil. Semakin efisien mesin tentu akan mengurangi konsumsi BBM,” ujar Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000.

Ia menambahkan, uji emisi gas buang mobil merupakan bagian dari prosedur standar servis berkala di setiap bengkel Auto2000. Teknisi Auto2000 dapat mengetahui sejauh mana tingkat kesehatan mobil berdasarkan hasil uji emisi. Jika kandungan gas buang yang dihasilkan melebihi ambang batas yang ditetapkan, data tersebut merupakan indikator adanya komponen mesin yang bermasalah dan harus diperiksa untuk dicarikan solusinya, seperti mengatur setelan mesin atau mengganti komponen dengan yang baru.

Seperti yang disampaikan, meski mesin mobil tidak mengalami kerusakan, uji emisi juga dapat mengetahui kondisi yang optima untuk mendapatkan konsumsi BBM yang efisien standar pabrikan. Selain itu, uji emisi bisa mengetahui apakah kandungan udara dan bahan bakar yang dimanfaatkan sudah sesuai atau belum dengan spesifikasi dan kebutuhan mesin.

Baca juga: Gak Sampai 5 Menit, Begini Cara Uji Emisi Gratis di Tangsel

Biaya Uji Emisi Gas Buang Mobil Tidak Terlalu Mahal

Uji emisi kendaraan

Uji emisi kendaraan di Auto2000 dikenakan biaya Rp162.000 termasuk PPN

Merupakan bagian dari tahapan servis berkala, Auto2000 tidak memungut biaya uji emisi gas buang kendaraan. Namun jika ingin melakukannya uji emisi gas buang secara mandiri, untuk biayanya dikenakan sebesar Rp162.000 termasuk PPN, di luar biaya jasa dan spare parts jika tidak lulus uji emisi karena terindikasi ada kerusakan pada komponen mesin.

“Pastikan uji emisi menjadi bagian dari gaya hidup untuk menjaga performa mesin, hemat bahan bakar, dan menekan biaya operasional. Lebih dari itu, hal ini bisa berkontribusi menjaga kebersihan lingkungan karena emisi gas buang selalu berada di bawah ambang batas yang ditetapkan,” tutupnya.

Baca juga: Tak Uji Emisi Kendaraan Bisa Kena Tilang? Justru Jangan Takut

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil