Usai LEAF, Nissan Note e-Power dan Note Aura Juga Siap Masuk Indonesia!

Adit · 31 Agu, 2021 18:15

Usai LEAF, Nissan Note e-Power dan Note Aura Juga Siap Masuk Indonesia! 01

Nissan Indonesia usai meluncurkan mobil listrik Leaf belum lama ini, tampaknya akan berakselerasi lagi bakal merilis beberapa model terbaru. Tak cuma satu, ada 2 mobil anyar yang dipersiapkan. 

Gelagat ini terendus mengacu Berita Resmi Desain Industri yang dirilis Agustus 2021 oleh oleh Direktorat Hak Cipta & Desain Industri, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI. Dalam siaran itu, Nissan mendaftarkan paten desain produk baru yang belum pernah dijual di Indonesia sebelumnya.

Usai LEAF, Nissan Note e-Power dan Note Aura Juga Siap Masuk Indonesia! 02

Paten desain mobil Nissan Note e-Power yang didaftarkan di Indonesia.

Baca Juga: Ternyata Paten Mobil Nasional Vietnam Vinfast Telah Terdaftar di Indonesia!

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Keduanya berupa SUV crossover. Nama pemohon pendaftaran desain produk tersebut adalah Nissan Jidosha Kabushiki Kaisha atau Nissan Motor Co. Ltd, yang bermasrkas di Kanagawa, Jepang. Adapun pendesain mobil tersebut adalah Kazunori Murabayashi dan Giovanny Arroba. 

Dari dua paten tadi terlihat gambar pertama merupakan Nissan Note e-Power dan kedua Nissan Note Aura e-Power. Meskipun sekilas mirip, desain lampu utama, grille V-motion shape, dan bumper keduanya berbeda.

Usai LEAF, Nissan Note e-Power dan Note Aura Juga Siap Masuk Indonesia! 01

Nissan Note e-Power generasi terbaru.

e-Power merupakan penamaan teknologi hybrid milik Nissan. Mesin yang ditanamkan merupakan generator pembangkit listrik yang dibutuhkan motor listrik agar mobil bisa berakselerasi. Kelebihan daya listrik yang diproduksi mesin kemudian disimpan di dalam baterai.

Nantinya baterai bisa menyuplai daya listrik tanpa menghidupkan mesin. Selanjutnya bila daya mulai menipis, mesin akan kembali hidup sesuai fungsinya.

 

Usai LEAF, Nissan Note e-Power dan Note Aura Juga Siap Masuk Indonesia! 02

Nissan Note Aura e-Power.

Nah karena hanya sebagai generator, mesin tidak terhubung pada sistem penggerak. Oleh karena itu benefit performa dan kelembutan akselerasinya menyerupai mobil listrik murni. Sederhananya, e-Power adalah 'mobil listrik' tanpa dicas, tapi tetap harus diisi bensin. 

Ini seperti menjawab pernyataan Marketing Director & Sales Marketing PT Nissan Motor Distribution Indonesia (NMDI) Tan Kim Paw, saat meluncurkan Leaf beberapa waktu lalu. Pihaknya berencana menambah line-up produk eletrifikasi ke Indonesia.

Usai LEAF, Nissan Note e-Power dan Note Aura Juga Siap Masuk Indonesia! 03

Benefit teknologi hybrid e-Power milik Nissan.

“Ke depan kami berharap kami masih bisa membawa lebih banyak lagi mobil-mobil listrik dari Nissan, baik itu mobil listrik murni maupun e-Power,” katanya. 

Baca Juga: Mobil Listrik Cina Weltmeister Siap Mengaspal di Indonesia, Harganya Jauh Lebih Murah dari Hyundai Kona Electric

Spesifikasi Nissan Note e-Power

Balik lagi ke bocoran mobil Nissan tadi. Pertama berupa Note-Power terbaru yang melakoni debut globalnya November 2020 lalu. Modelnya berbeda dengan Note e-Power yang pernah Nissan boyong ke Indonesia 2017 lalu. 

Namun begitu urusan jantung mekanisnya masih sama, pakai mesin serupa Nissan March, HR12DE, yakni mesin bensin 3-silinder 1.200 cc yang dicangkok motor listrik bertenaga 114 dk dan torsi 280 Nm, yang disalurkan ke roda depan. 

Usai LEAF, Nissan Note e-Power dan Note Aura Juga Siap Masuk Indonesia! 04

Nissan Note e-Power siap masuk Indonesia.

Dalam keterangan resminya ada peningkatan torsi 10 persen dibandingkan Note e-Power lama. Keluaran tenaganya juga naik 6 persen sehingga lebih berperforma dalam kemampuan berakselerasinya. Ini juga berkat pemasangan inverter baru yang lebih kecil 40 persen dan lebih ringan 30 persen.

Usai LEAF, Nissan Note e-Power dan Note Aura Juga Siap Masuk Indonesia! 05

Interior Nissan Note e-Power.

Spesifikasi Nissan Note Aura e-Power

Nissan Note Aura e-Power merupakan kasta tertinggi Note yang dibalut eksterior dan interior lebih elegan. Kombinasi warna interiornya pakai kelir yang terang serta bubuhan panel kayu di dashboard

Usai LEAF, Nissan Note e-Power dan Note Aura Juga Siap Masuk Indonesia! 06

Interior Nissan Note Aura e-Power.

Sedangkan dari luar model lampunya lebih menyipit. Grille V-motion pada mobil tersebut juga lebih besar mirip Nissan Ariya. Secara tampang memang Nissan Note Aura lebih sedap dipandang karena lebih menonjol sisi futuristiknya. 

Usai LEAF, Nissan Note e-Power dan Note Aura Juga Siap Masuk Indonesia! 07

Nissan Note Aura e-Power.

Untuk jantung mekanisnya sama seperti Note e-Power. Namun ada opsi berpenggerak all wheel drive (AWD) yang menjanjikan tenaga lebih besar mencapai 135 dk dan torsi 300 Nm. 

Baca Juga: Toyota Vios 2022 Akan Pakai DNGA dan Mesin Hybrid, Yaris Menyusul

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Nissan Leaf Electric

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru