Varian TX Daihatsu Terios Konde Lebih Layak Dipilih Dibandingkan TS, Kenapa?

Enda · 30 Jul, 2021 13:00

Varian TX Daihatsu Terios Konde Lebih Layak Dipilih Dibandingkan TS, Kenapa? 01

Daihatsu Terios generasi pertama dengan sebutan Terios Konde

Bukan cuma terlihat gagah, Daihatsu Terios yang merupakan kendaraan jenis Low SUV mampu dimuati hingga 7-penumpang. Generasi pertama mobil ini yang memiliki sebutan Terios Konde, untuk harga berkasnya saat ini dibandrol dengan harga yang relatif terjangkau.

Sebelum memutuskan untuk membeli Daihatsu Terios Konde, perlu kalian ketahui bahwa mobil ini ditawarkan dengan dua varian, yakni TS sebagai tipe terendahnya dan TX yang merupakan trim teratasnya. Baik TS maupun TX ini memiliki cukup banyak perbedaan bukan hanya di sektor tampilannya saja namun juga fiturnya.

Lalu kenapa varian TX Daihatsu Terios pada generasi pertamanya ini lebih layak dipilih dibandingkan TS? Berikut ulasannya.

Baca juga: Mulai Rp80 Jutaan, Ini Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Terios ‘Konde’ yang Wajib Diketahui

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Daihatsu Terios TX Pakai Projector Headlamp, Pencahayaan Makin Optimal 

Varian TX Daihatsu Terios Konde Lebih Layak Dipilih Dibandingkan TS, Kenapa? 01

Daihatsu Terios TX

Melihat daripada tampilan eksteriornya, Daihatsu Terios TX jelas terlihat jauh lebih gagah dan mewah dibandingkan tipe terendahnya. Seperti yang bisa kalian lihat, Terios TX berhasil disematkan lampu utama dengan projector headlamp yang mampu memberikan cahaya maksimal dan fokus ketika berkendara di malam hari namun tidak akan menyilaukan mata.

Selain itu, pada fascia kalian bisa menemukan list krom pada grillnya, fog lamp berhalogen, serta under guard berkelir silver yang dapat memberikan perlindungan ketika melewati jalanan ekstrim.

Bergeser ke bagian samping, pada varian ini sudah dilengkapi velg berbahan allow wheel design yang diselimuti ban berukuran 215/65 R16. Melihat lebih dekat, Terios TX juga sudah diaplikasikan side moulding, spion electric dengan sign, over fender (TX Adventure), handle chrome, roof rail dan side step. Pada buritannya, kalian juga bisa menjumpai wiper belakang, high mount stop lamp serta cover ban cadangan.

Varian TX Daihatsu Terios Konde Lebih Layak Dipilih Dibandingkan TS, Kenapa? 02

Daihatsu Terios TS

Tidak seperti varian TS, tipe terendah Daihatsu Terios ini masih mangandalkan reflektor biasa pada lampu utamanya, dan belum dilengkapi fog lamp di kedua ujung bumpernya. Pada sisi sampingnya, tipe TS ini juga masih menggunakan velg steel, dan lampu sign di fendernya. Melihat ke bagian belakang, ban cadangan yang diletakan menggantung di pintu bagasinya ini belum dibungkus dengan cover yang mana juga tidak dilengkapi wiper belakang serta high mount stop lamp.

Baca juga: Punya Tampilan 'Konservatif', Daihatsu Terios Konde Lebih Menarik Dari Terios Baru

Berkendara Akan Terasa Lebih Nyaman, Daihatsu Terios TX Dilengkapi GPS dan Double Blower

Varian TX Daihatsu Terios Konde Lebih Layak Dipilih Dibandingkan TS, Kenapa? 03

Varian TX dilengkapi dengan GPS yang dapat memudahkan setiap penggunannya

Sebagai tipe paling mewah, Daihatsu Terios TX ini sudah mendapatkan AC dengan double blower yang dapat memberikan udara segar hingga baris paling belakangnya. Pada sistem infotaimentnya berhasil disematkan head unit layar sentuh 6 speaker 2DIN CD yang mana memiliki format fitur GPS. Tentunya hal ini menjadi nilai lebih bagi mobil ini.

Dengan adanya fitur GPS yang ditampilkan melalui sistem infotaimentnya ini, pengguna akan merasa lebih terbantu ketika sedang menetukan lokasi tujuan. Sementara itu tipe transmisi otomatis sudah dilengkapi kursi driver yang bisa diatur tinggi, dan tombol audio terpasang di steer dan foot rest. Untuk fitur keselamatannya sendiri, varian ini juga sudah mendapatkan sistem pengereman ABS yang dapat mencegah ban terkunci ketika melakukan pengereman secara tiba-tiba.

Varian TX Daihatsu Terios Konde Lebih Layak Dipilih Dibandingkan TS, Kenapa? 04

Terios TS belum dilengkapi double blower

Bicara tipe TS, pada model ini masih menggunakan AC single blower, dan belum dilengkapi fitur audio. Pada versi update, baik TS dan TX sudah memperoleh penambahan fitur seperti force limiter, seatbelt pretensioner dan dual airbag.

Terios TX Punya Peredam Kabin yang Lebih Tebal

Varian TX Daihatsu Terios Konde Lebih Layak Dipilih Dibandingkan TS, Kenapa? 05

Peredam kabin Daihatsu Terios TX lebih tebal

Berbeda dengan TS, Terios TX ini memiliki peredam kabin yang lebih tebal. Kalian bisa merasakan varian teratas Terios ini lebih nyaman dan kedap suara ketika dipacu dalam kecepatan tinggi di jalan yang bebas hambatan.

Kesimpulan

Sebagaimana yang kami sampaikan di atas, perbedaan antara varian TS dan TX terletak pada ketersediaan fitur dan tampilan. Dimana tipe TX hadir lebih lengkap dan mewah sehingga lebih layak untuk dipilih sebagai mobil keluarga.

Sebagai informasi, Terios Konde ini dipasarkan dalam dua tipe, yakni TS dan TX. Varian TS dibagi lagi menjadi dua varian, Standar dan Standar plus Extra. Sedangkan tipe teratasnya, TX dihadirkan dengan pilihan Standar, Elegant, dan Adventure.

Baik TS maupun TX sama-sama ditawarkan dua pilihan transmisi, yaitu manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan yang dikawikan mesin 1.5L berkodekan 3SZ-VE DOHC VVT-I Electronic Fuel Injection 4 silinder segaris dengan menghasilkan tenaga 109 PS @6.000 rpm dan torsi maksimal mencapai 145 Nm @4.400 rpm.

Mengetahui harga bekasnya saat ini dari salah satu platform jual beli mobil bekas, varian TS-nya dibandrol dengan harga paling murah Rp80 jutaan. Sedangkan tipe TX lebih mahal Rp10-20 juta tergantung kondisi dan tahun pembuatan.

Baca juga: Banderol Harga Mirip, Pilih Kepraktisan ala Daihatsu Terios atau Kemewahan Toyota Veloz?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Daihatsu Terios X M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru