V-Motion terbaik, apakah Anda menyukai desain masa depan Nissan?

Joe · 12 Okt, 2020 12:45

V-Motion terbaik, apakah Anda menyukai desain masa depan Nissan? 01

Mengintip Desain PatenCompact SUV Terbaru Nissan Magnite. Nissan Motor Corporation kabarnya sedang menggarap model baru yang akan mereka rilis.

Mobil barunya tersebut diberi nama Nissan Magnite. Nissan Magnite ini nantinya akan mengisi line up Compact Sport Utility Vehicle (Compact SUV) dari merek asal Jepang ini. Duduk di kelas SUV berbodi kompak, diperkirakan Nissan Magnite akan hadir dengan kapasitas penumpang lima orang.

Model terbaru Nissan ini nantinya akan bertarung dengan KIA Sonet, punggawa terbaru merek asal Negeri Gingseng yang dirakit di India, hingga Suzuki Vitara Brezza yang merupakan salah satu mobil terlaris di India.

Menyusul kabar kehadirannya, gambar desain paten eksterior Nissan Magnite pun tersebar di internet. Yuk kita simak dan bahas bersama bagaimana eksterior dari Nissan Magnite berdasarkan gambar paten berikut.

Dimulai dari bagian depan, tampilan wajah Nissan Magnite bakal hadir berbeda dengan mobil-mobil Nissan lainnya. Pasalnya, Compact SUV ini tak dibekali dengan desain V-Motion, bahasa desain yang menjadi ciri khas Nissan. Padahal gaya bahasa V-Motion ini disematkan pada mobil-mobil produkan massal terbaru Nissan seperti Nissan Livina hingga Nissan Kicks e-POWER yang belum lama dirilis di Indonesia

V-Motion terbaik, apakah Anda menyukai desain masa depan Nissan? 01

Mobil ini malah terlihat seperti mobil-mobil buatan Datsun yang masih satu atap perusahaan Nissan Motor Corporation. Coba perhatikan desain grillenya beserta frame di sekelilingnya. Sekilas saja sudah terlihat jika desainnya mirip dengan mobil lansiran Datsun seperti Datsun GO dan lain-lain.

Yah meski grillenya mirip dengan Datsun yang di Indonesia dijual pada segmen mobil murah, tapi desain headllightnya terliihat modern. Bentuknya sipit, dan diperkirakan sudah dibekali dengan lampu LED.

Di bawahnya ada lampu yang diduga daytime running light (DRL) dengan bentuk L shaped. Tepat bertumpukkan dengan fog lamp dengan housing kecil di bawahnya.Desain bumpernya juga terlihat cukup gagah untuk SUV berukuran 'mini' seperti ini. Terlebih ada skid plat yang menegaskan kesan berototnya.

V-Motion terbaik, apakah Anda menyukai desain masa depan Nissan? 02

Kesan mobil lintas alam alias SUV juga terasa pada bagian samping berkat adanya ove fender yang diperkirakan akan hadir dengan warna kontras dengan bodi dan berbahan material tahan benturan. Impresi berotot juga ditampilkan melalui bentuk side skirt serta lekukan bodi di pintu bagian bawah. Lalu kaca sampingnya memiliki desain lekukan yang boxy, terlebih pada kaca pilar C dengan ukuran yang terbilang mungil.

V-Motion terbaik, apakah Anda menyukai desain masa depan Nissan? 03

Lanjut ke bagian buritan, Nissan Magnite malah terlihat cukup sporty. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya spoiler kecil yang mengikuti alur atap dan memberikan sentuhan pemanis yang menawan. Pada spoiler tersebut juga ada lampu rem pipih ditempatkan di bagian tengah.

Untuk lampu belakang, desainnya diselaraskan dengan bentuk lampu utama yang sipit. Kalau dilihat dari bentuknya sih sepertinya lampu belakang sepertinya sudah dibekali dengan LED lengkap dengan daytime running light.

Penyelarasan desain juga diaplikasikan pada bumper belakang lengkap dengan diffuser ala-ala SUV lintas alam begitu.Selain itu ada juga roof rail dengan model jepit di bagian atap untuk melengkapi kemampuan mobilitas SUV dengan ukuran mini ini.

Lalu bagaimana soal fitur, interior, hingga spesifikasi dapur pacu Nissan Magnite ini?

Pihak Nissan sampai saat ini belum membocorkan bagaimana spesifikasi lengkap dari Nissan Magnite ini. Namun, dari berbagai sumber media otomotif di India, ada kemungkina Nissan Magnite akan hadir dengan mesin bensin 1.000 cc tiga silinder. Sama seperti yang digunakan pada saudara satu pabriknya, Renault Triber.

Hanya saja diperkirakan Nissan Magnite memiliki dua pilihan mesin, satu naturally aspirated, dan satunya lagi dibekali dengan turbocharged yang pastinya memiliki tenaga lebih gahar. Untuk mesin 1.000 cc naturally aspiratednya diperkirakan memiliki tenaga 72 PS dengan padanan torsi 96 Nm.

Sedangkan model dengan turbocharged powernya digenjot hingga menyentuh angka 100 PS. Tak hanya mesin, pilihan transmisi pun ada dua untuk memenuhi permintaan pasar, yakni manual dan otomatis.

Mesin tersebut nantinya akan dicangkokkan pada platform CMF-A+ seperti Renault Triber. Diperkirakan world premier Nissan Magnite akan dilangsungkan pada bulan ini, Oktober 2020 di India.

Sedangkan kran penjualannya akan mulai dibuka dan dikirimkan ke pelanggan pada awal 2021. Mari kita tunggu akankah Compact SUV terbaru Nissan ini bakal dihadirkan juga di Indonesia atau tidak bos.

Joe

Penikmat adrenalin tinggi melalui kendaraan yang fun to drive

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Renault Triber RXE MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru