VW Polo Facelift 2021 Diluncurkan, Lebih Canggih Nih dari Mazda 2 dan Toyota Yaris

Prasetyo · 29 Apr, 2021 10:00

VW Polo Facelift 2021 Diluncurkan, Lebih Canggih Nih dari Mazda 2 dan Toyota Yaris 01

Volkswagen (VW) baru saja mengumumkan hadirnya VW Polo facelift 2021. Ada banyak hal baru dari versi penyegaran hatchback paling murah dari VW itu. Mulai dari sisi bagian depan, bagian belakang, hingga teknologi di ruang kabinnya.

Yang menarik dari VW Polo 2021 ini adalah adanya berbagai kombinasi produk VW lainnya yang dijadikan satu kesatuan. Misalnya di bagian depan, lampu utama menggunakan LED yang siluetnya menyerupai lampu di Tiguan facelift. Untuk versi tertinggi, VW juga menyediakan Polo facelift yang sudah menggunakan lampu utama LED matrix.

Perubahan kemudian bisa dilihat pada sisi belakang. Dimana VW Polo kini mengadopsi model lampu yang lebih lebar, serta juga telah menggunakan teknologi LED. Melihat desain lampu belakang ini, Anda mungkin akan teringat bentuk lampu belakang dari VW Golf Mk8.

Baca juga: Hasil Restorasi Volkswagen Type II 1965 ini seharga 5 unit Toyota Avanza

VW Polo Facelift 2021 Diluncurkan, Lebih Canggih Nih dari Mazda 2 dan Toyota Yaris 02

Tampak luar makin mirip VW Golf

Untuk versi tertinggi, di bagian belakang juga ada quad exhaust tip. Sayangnya ini cuma hiasan di bemper karena knalpotnya tetap tidak mengalami perbedaan. Selian itu pada tipe tertinggi juga menggunakan velg ukuran 16 inci, dimana untuk tipe lain hanya pakai velg 15 inci.

Fitur VW Polo Facelift Makin Canggih

Bukan hanya estetika di bagian luar yang berubah, VW Polo facelift 2021 juga mengalami perombakan yang cukup signifikan di bagian interior. Ketika masuk ke ruang kabin, Anda akan langsung disuguhkan layar sentuh berukuran 9,2 inci hingga 10,25 inci. Layar ini untuk menampilkan segala informasi dari mobil tersebut, serta perangkat hiburan di jalan.

VW Polo Facelift 2021 Diluncurkan, Lebih Canggih Nih dari Mazda 2 dan Toyota Yaris 03

Monitornya bisa sampai ukuran 10,25 inci

Panel instrumen di pengemudi juga sudah hadir dengan teknologi full digital. Fitur lainnya yang telah ada adalah penerapan auto climate control dengan sistem sentuh. Komponen ini sepertinya diambil dari kepunyaan Tiguan facelift. Tak ketinggalan, di kompartemen depan pun disediakan wireless charging untuk mengisi daya baterai ponsel Anda selama berpergian.

Baca juga: Harga Toyota GR Yaris 2021 di Indonesia Paling Murah Se-ASEAN

Lebih Canggih Mana dengan Mazda 2 atau Toyota Yaris?

Informasi mengenai VW Polo facelift ini akan masuk ke Indonesia atau tidak memang belum dapat dipastikan. Namun yang jelas Polo harus menghadapi kompetitor terberatnya dari Jepang, yakni Mazda 2 dan Toyota Yaris.

VW Polo Facelift 2021 Diluncurkan, Lebih Canggih Nih dari Mazda 2 dan Toyota Yaris 04

Di Mazda 2 sudah ada head-up display

Mazda tentu saja juga menawarkan cukup banyak fitur unggulan di Mazda 2. Antara lain keberadaan Head-Up Display serta MZD Connect yang sudah dilengkapi navigasi. Belum lagi kelengkapan fitur keselamatan di mobil ini serta mesin SKYACTIV-G yang sangat inovatif.

Sementara itu Toyota Yaris facelift 2021 juga tak kalah canggihnya. Di ruang kabin telah disediakan monitor layar sentuh 7 inci dengan HD display. Di perangkat ini pun sudah tersedia berbagai fitur seperti Miracast, Weblink, navigasi, hingga remote apps. Lantas kalau VW Polo mengguanakn transmisi kopling ganda, maka di Yaris 2021, Toyota menyertakan pula paddle shift.

VW Polo Facelift 2021 Diluncurkan, Lebih Canggih Nih dari Mazda 2 dan Toyota Yaris 05

Di kabin Yaris bisa berselancar internet

Mesin VW Polo 2021 Cuma 1.000 cc

Baca juga: Mazda2 2021 Hadir dengan Mengusung SKYACTIV-X Terbaru, Usung Teknologi Rotary Canggih

Untuk mesin yang digunakan pada VW Polo facelift 2021 ini ada varian yang menggunakan mesin 1.0L naturally aspirated dengan transmisi 5 percepatan manual berdaya 80 hp dengan torsi 93 Nm. Ada juga versi mesin 1.0 TSI yang menawarkan tenaga 95 hp dengan torsi 110 serta menggunakan transmisi dual-clutch 7 speed. Dan terakhir ada varian yang pakai mesin 1.0 TGI CNG yang menawarkan tenaga 90 hp dengan torsi 160 Nm.

Sementara pada Mazda 2 menggunakan mesin SKYACTIV-G 1.5L DOHC bertenaga 109 hp dengan torsi 144 Nm. Kemudian untuk Yaris 2021, Toyota masih tetap bertahan dengan mesin 1.5L 4 silinder Dual VVT-i. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 105 hp dengan torsi 140 Nm.

Komentar