Waduh, Toyota Alphard Ternyata Jadi Mobil yang Paling Diincar Maling Jepang Buat Kampakan ke Negara Lain!

Prasetyo · 5 Mei, 2021 07:00

Waduh, Toyota Alphard Ternyata Jadi Mobil yang Paling Diincar Maling Jepang Buat Kampakan ke Negara Lain! 01

Siapa sangka, satu dari beberapa mobil yang paling banyak dicuri di Jepang bukan sedan atau sportcar, melainkan Toyota Alphard. Mobil ini terbukti paling banyak diminati para maling, setidaknya di kawasan Saitama. Yaitu salah satu wilayah di Jepang yang lokasinya sekitar 38 menit dari kota Tokyo.

Ya, siapa sangka, pencuri di Jepang ternyata menyukai mobil boxy mewah ini. Sama halnya dengan para pejabat, atau selebritas di Tanah Air yang kerap menjadikan Toyota Alphard sebagai tunggangan hariannya.

Toyota Alphard

Alphard juga menjadi mobil terlaris di Jepang

Popularitas Alphard sebagai mobil serbaguna di Jepang, serta nilai jual yang cukup bertahan menjadi beberapa alasan mengapa mobil ini menjadi incaran pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga: 10 Mobil Populer di Jepang, Toyota Alphard Terlaris Kelima

Toyota Alphard Baru atau Bekas Sangat Digemari

Berdasarkan laporan dari Wapcar Malaysia, Toyota Alphard menjadi begitu disukai pencuri karena alasan nilai jual yang kuat dari MPV mewah tersebut. Penjualan Alphard di Jepang begitu baik, bahkan di pasar mobil bekas pun, Alphard menjadi salah satu model yang populer dan terlaris.

Toyota Alphard

Toyota Alphard bekas juga punya nilai jual tinggi

Popularitas Alphard ini juga diyakini bukan hanya terjadi di Jepang. Namun kondisi yang sama pun dialami di negara lain, seperti Malaysia, Hong Kong, dan juga di Indonesia. Tak heran ini menjadi alasan, Alphard bukan cuma dijual di negara asalnya, namun hampir di semua kawasan Asia.

Dijual Kampakan ke Negara lain

Baca juga: Pertahankan Kemewahan, Toyota Alphard dengan Gaya Agresif Ala Vellfire Meluncur di 2023

Para pencuri ini mengincar Toyota Alphard untuk kemudian dijual ke sejumlah negara. Sebagian ada yang dijual lagi di Jepang namun dengan NIK asli yang sudah dicabut dan diganti NIK dan surat-surat palsu. Ada pula yang dikirim ke negara lain dalam bentuk barang selundupan.

Toyota Alphard

Banyak juga selundupan komponen Toyota Alphard dari Jepang

Pada beberapa kasus agar keberadaan mobil curian itu makin sulit dilacak dan kemudahan pengiriman ke luar negeri, maka kendaraan tersbeut akan di jual secara terpisah menjadi komponen-komponen suku cadang. Proses kampakan Toyota Alphard ini disinyalir tetap mendatangkan untung besar karena banyak yang mencari suku cadang Alphard dengan harga lebih murah namun ingin tetap original.

Alphard Bukan Mobil Toyota Satu-Satunya yang Jadi Favorit Maling

Toyota Land Cruiser

Toyota Land Cruiser juga jadi incaran maling

Ternyata Alphard bukanlah satu-satunya mobil keluaran Toyota yang banyak diincar pencuri. Menurut survei dari General Insurance Association of Japan pada November 2020, ada beberapa model Toyota lain yang menempati urutan tiga besar mobil yang paling banyak dicuri di Jepang. Ketiganya yaitu Toyota Land Cruiser, Toyota Prius, dan Lexus LX.

Baca juga: Perbandingan Toyota Alphard dan Vellfire, Serupa Tapi Tidak Sama

Komentar