Waduh, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Tak Masuk Calon Penerima Diskon PPnBM Permanen

Adit · 13 Des, 2021 08:00

Waduh, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Tak Masuk Calon Penerima Diskon PPnBM Permanen 01

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia terbaru.
  • Menperin usul pemberian diskon PPnBM permanen 0 persen
  • Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia tidak termasuk

Penerapan relaksasi PPnBM (Pajak Penjualan Barang Mewah) terbukti efektif meningkatkan penjualan mobil selama 2021. Untuk itu Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengusulkan akan memberikan diskon PPnBM permanen 0 persen untuk beberapa model, tampaknya Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia tidak termasuk. 

Syarat subsidi dari pemertintah itu adalah model mobil harus diproduksi dalam negeri. Kemudian memiliki local purchase minimal 80 persen. Pembelian lokal yang dimaksud beda dari tingkat komponen dalam negeri (TKDN). 

Waduh, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Tak Masuk Calon Penerima Diskon PPnBM Permanen 02

Menperin akan usulkan diskon PPnBM permanen.

Baca Juga: Asyik Honda Brio Satya hingga Toyota Innova Berpotensi Dapat Diskon PPnBM Permanen!

Local purchase sederhananya memperhitungkan segala aspek yang mendukung manufaktur mobil menggunakan produk lokal, termasuk jasa, dan ongkos kerja tenaga lokal. Sedangkan TKDN fokus pada kadar komponen buatan dalam negeri yang terkandung di mobil. 

Ketentuan ini sedikit berbeda dengan pemberian diskon PPnBM yang saat ini tengah digelontorkan. Sekarang kelompok mobil yang dapat potongan pajak dari pemerintah berupa kendaraan produksi dalam negeri dan memiliki local purchase paling kecil 60 persen. 

Waduh, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Tak Masuk Calon Penerima Diskon PPnBM Permanen 01

Diskon PPnBM permanen syaratnya mobil memiliki local purchase minimal 80 persen.

Menperin beralasan, syarat baru tersebut agar nantinya industri otomotif Indonesia semakin berkembang. Pemberian insentif juga supaya produsen mau melakukan pendalaman struktur di tanah air. "Pemerintah sedang mempersiapkannya secara berhati-hati dengan memperhitungkan cost and benefit serta menyusun time frame-nya," katanya. 

Baca Juga: Hore! LCGC Akhirnya Dapat Diskon PPnBM, Harga Honda Brio Satya Cs Tak Jadi Naik

Toyota Avanda dan Daihatsu Xenia Tak Termasuk 

Daftar calon penerima diskon PPnBM permanen sebenarnya dapat diketahui melalui lampiran Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 1731 Tahun 2021, tentang kendaraan dengan PPnBM atas Penyerahan Barang kena Pajak yang Tergolong Mewah ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2021. 

Waduh, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Tak Masuk Calon Penerima Diskon PPnBM Permanen 02

Dari LCGC sampai MPV medium berpeluang dapat diskon PPnBM permanen.

Di sana terpampang berbagai model yang sesuai kriteria mendapatkan keringanan pajak. Tapi cuma 11 yang memenuhi syarat local purchase sedikitnya 80 persen. Paling tinggi adalah Honda Brio Satya hingga 91 persen. 

Di bawahnya dengan kandungan 85 persen ada Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra kemudian kembarannya Toyota Agya dan Toyota Calya. Kemudian menyusul Honda HR-V 1.8L yang tak diduga sebelumnya memiliki pembelian lokal 84 persen. 

Lanjut ada Toyota Veloz dan Toyota Innova dengan kadar 83 persen, diikuti Mitsubishi Xpander, Mitsubishi Xpander Cross, dan Nissan Livina sebesar 80 persen. Lalu ke mana mobil sejuta umat Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia? 

Waduh, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Tak Masuk Calon Penerima Diskon PPnBM Permanen 03

Toyota Avanza sayangnya tidak termasuk daftar calon penerima diskon PPnBM permanen.

Sayangnya kedua model ini belum cukup tinggi tingkat local purchase-nya. Di dalam lampiran, dua mobil ini punya pembelian lokal di bawah 80 persen, untuk Toyota Avanza sebesar 78,9 persen sementara Daihatsu Xenia 79,2 persen. 

Beberapa model terkenal lain seperti Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda Brio RS, Toyota Raize, dan Daihatsu Rocky juga tak masuk daftar yang akan diberikan diskon PPnBM permanen. Kemudian Toyota Innova diesel yang pakai mesin 2.400 cc juga tidak termasuk.

Selebihnya mobil-mobil dari pabrikan lainnya seperti Suzuki Ertiga, Suzuki XL7, serta Wuling Confero sayangnya turut tidak memenuhi syarat dari Menperin. Local purchase untuk Ertiga dan Confero 70,5 persen, sementara XL7 71,5 persen. 

Baca Juga: Inden Toyota Veloz Sampai 3 Bulan, Siap-siap Nggak Dapat Diskon PPnBM!

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Avanza 1.3E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru