window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Wajib Tahu, Hyundai Stargazer Active Nggak Pakai Double Blower dan Ternyata Cuma Punya Air Circulator!

Enda · 5 Agu, 2022 16:00

Hyundai Stargazer Active

Bersaing secara ketat dengan para pesaingnya seperti Avanza-Xenia, Xpander dan Ertiga, di Indonesia Hyundai Stargazer hadir dalam enam varian, yaitu Active MT, Active IVT, Trend MT, Trend IVT, Style IVT dan Prime IVT. Untuk harganya, Low MPV 7-seater yang diproduksi langsung di pabrik Hyundai di Deltamas, Cikarang, Jawa Barat tersebut ditawarkan mulai dari Rp243,3 juta hingga Rp307,1 juta.

Sebagai tipe paling bawah, Hyundai Stargazer Active terkesan begitu sederhana. Pada lingkar rodanya tipe ini menggunakan velg kaleng dengan diameter 15 inci. Selain itu sistem pencahayaannya masih mengandalkan bohlamp halogen dan belum dilengkapi wiper di belakang.

Melihat kabinnya, di dalam Stargazer Active tersematkan layar LCD TFT 3,5 inci pada panel instrumentnya, serta sistem infotaiment berupa head unit layar sentuh berukuran 8 inci. Untuk sistem hiburannya sendiri mendukung konektifitas bluetooth dan smartphone connectivity dengan 4 buah speaker split.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tak hanya itu, sistem hiburannya juga terkoneksi dengan bluetooth hand-free phone system with voice recognition, dan steering wheel audio and bluetooth remote control.

Baca juga: Hyundai Stargazer Trend MT vs Daihatsu Xenia 1.5 R MT, Harga Beda Rp15 Juta Bagus Mana?

Hyundai Stargazer Active

Air circulator Hyundai Stargazer Active

Beranjak ke baris tengah, varian Active dari Hyundai Stargazer sudah dilengkapi dengan double blower yang berfungsi untuk menyalurkan udara sejuk hingga baris paling belakang. Namun tahukah kalian, untuk double blower di varian terendah Stargazer hanya berupa air circulator.

 “Di semua varian Hyundai Stargazer sudah dilengkapi double blower dengan beberapa tingkat kecepatan putaran kipas. Namun untuk tipe Active tidak dilengkapi evaporator serta perangkat AC lainnya,” ucap Sugiartono, Technical Manager Before Service Department PT HMID. 

Jika melihat lebih jelas, cara kerja air circulator pada Hyundai Stargazer Active sama seperti yang digunakan Daihatsu Sigra dan Toyota Calya. Dimana kipas blower menyedot udara dingin dari depan dan disalurkan hingga baris paling belakang.

Baca juga: Pesan Sekarang! Hyundai STARGAZER Tunjukkan Sosok Mobil Keluarga Yang Dinamis dan Ekspresif

Menambahkan Evaporator di Hyundai Stargazer Active Sebaiknya Tidak Dilakukan

Hyundai Stargazer Active

Evaporator double blower Hyundai Stargazer

Disampaikan oleh Sugiartono, double blower yang mendapatkan perangkat AC hanya terdapat di varian Trend, Style dan Prime.

“Pemilik Stargazer Active tidak kami rekomendasikan untuk menambahkan evaporator serta perangkat pendukung AC lainnya meski ingin melakukannya di bengkel resmi,” tambahnya.

“Karena bawaanya tidak dilengkapi dengan perangkat AC, maka akan sulit untuk kelistrikan, menentukan jalur selang, dan pembuangan air. Selain itu desain didalamnya sedikit berbeda sehingga akan sulit melakukan modifikasi,” jelasnya.

Sebagai informasi, varian terendah Stargazer sudah dibekali dengan tilt steering. Bicara fitur keselamatannya, pabrikan melengkapinya dengan Anti-lock Brake System, dua buah airbags di bagian depan, serta immobilzer dan alarm sebagai bentuk kemanannya. 

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Masing-masing Fitur Hyundai Stargazer Dari Empat Varian

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Hyundai Stargazer Trend IVT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil