window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sudah Mulai Ada yang Pakai, Ini Syarat dan Biaya Pembuatan Pelat Nomor Putih

Adit · 21 Mei, 2022 10:07

Sudah Mulai Ada yang Pakai, Ini Syarat dan Biaya Pembuatan Pelat Nomor Putih 01

  • Penerapan pelat nomor putih direncanakan dimulai bulan depan.
  • Biaya pembuatan plat nomor putih tidak berbeda dari plat nomor hitam.
  • Sebelum resmi diterapkan, masyarakat dilarang menggunakan pelat nomor putih yang bukan keluaran kepolisian.

Penerapan pelat nomor putih tinggal menunggu waktu. Bila tak ada aral melintang bakal diterapkan bulan depan. Prioritasnya untuk kendaraan baru dan yang sudah waktunya ganti pelat baru alias sudah harus bayar pajak 5 tahunan. 

Perlu diingat, sebelum resmi diterapkan, masyarakat tidak boleh menggunakan pelat nomor baru ini. Apalagi menggunakan produk yang bukan keluaran kepolisian RI atau membelinya di pasar online, karena termasuk pelanggaran dan bakal ditindak tilang polisi dengan denda maksimal Rp500 ribu.

Sudah Mulai Ada yang Pakai, Ini Syarat dan Biaya Pembuatan Pelat Nomor Putih 02

Sebelum resmi diterapkan, masyarakat dilarang pakai pelat nomor putih

Baca Juga: Bersiap, Beli Mobil Baru Bulan Depan Bakal Dapat Pelat Nomor Putih

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Seperti yang baru-baru ini terjadi di Jambi. Ditlantas Polda Jambi menilang pengendara mobil dengan pelat nomor putih di kendaraannya. Lantaran belum resmi diterapkan, maka polisi menilang pengendara tersebut karena pelatnya tidak dikeluarkan dari kepolisian. 

Oleh karena itu untuk pemilik kendaraan lama tak perlu khawatir atau langsung meminta penggantian pelat nomor dari hitam menjadi putih. Sebab kepolisian memberi kelonggaran sampai masa berlakunya habis, dalam artian pelat nomor hitam juga akan tetap berlaku. 

Sudah Mulai Ada yang Pakai, Ini Syarat dan Biaya Pembuatan Pelat Nomor Putih 01

Perubahan pelat nomor hitam menjadi putih agar memudahkan proses identifikasi kamera ETLE

Tarif Pembuatan Pelat Nomor Putih Terbaru

Soal biaya pembuatan pelat nomor putih, tidak mengalami perubahan. Kepolisian tetap menggunakan dasar hukum yang lama mengacu Peraturan Pemerintah Nomor 76 Tahun 2020 mengenai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di kepolisian. 

"Biaya nggak ada perubahan, tidak memberatkan masyarakat. Tetap sama, cuma mengganti warna hitam (tulisan putih) menjadi warna putih (tulisan hitam)," terang Direktur Regident Korps Lalu Lintas Polri Brigjen Yusri Yunus.

Sudah Mulai Ada yang Pakai, Ini Syarat dan Biaya Pembuatan Pelat Nomor Putih 02

Pelat nomor putih tulisan hitam diklaim bisa lebih terlihat jelas dari kamera

Baca Juga: Pelat Nomor Putih Ternyata Belum Resmi Diterapkan, Nekat Pasang Bakal Ditilang Polisi

Artinya dari aturan tersebut, maka penerbitan pelat nomor putih tetap Rp60 ribu untuk kendaraan roda dua dan Rp100 ribu buat kendaraan roda empat. Semua biaya itu untuk menebus satu pasang pelat nomor. 

Aturan Pelat Nomor Putih Sudah Terbit Sejak Setahun Lalu

Penggunaan pelat nomor atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) dari hitam menjadi putih ditetapkan dalam Pasal 45 Ayat 1 Peraturan Kapolri Nomor 7 Tahun 2021. Isinya sebagai berikut:

  1. Warna dasar putih tulisan hitam untuk kendaraan bermotor perorangan, badan hukum, perwakilan negara asing, dan badan internasional
  2. Warna dasar kuning tulisan hitam untuk kendaraan umum
  3. Warna dasar merah tulisan putih untuk kendaraan instansi pemerintah
  4. Warna dasar hijau tulisan hitam untuk kendaraan di kawasan perdagangan bebas yang mendapatkan fasilitas pembebasan bea masuk.

Aturan ini mengubah regulasi sebelumnya soal warna pelat nomor bagi kendaraan sipil pada Peraturan Kepala Kepolisian RI Nomor 5 Tahun 2012 tentang Registrasi Kendaraan dan Identifikasi Kendaraan Bermotor. Awalnya warna dasar hitam, namun nantinya semua kendaraan di Indonesia akan menggunakan pelat nomor putih. 

Baca Juga: Tidak Sulit, Berikut Cara Ubah Surat Mobil Pelat Merah Jadi Pelat Hitam

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil