window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Walikota Bandung Mulai Pakai Hyundai IONIQ 5 Jadi Mobil Dinas, Pejabat Lain Menyusul?

Indra Fathan · 9 Jan, 2023 11:30

Walikota Bandung Mulai Pakai Hyundai IONIQ 5 Jadi Mobil Dinas, Pejabat Lain Menyusul? 01

  • Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mulai memakai mobil listrik sebagai mobil dinasnya.
  • Mobil listrik yang dipilih adalah Hyundai Ioniq 5 yang dirakit di Indonesia.
  • Bentuk dukungan dalam transisi energi menuju netralitas karbon di Indonesia.

Mobil listrik Hyundai IONIQ 5, sepertinya mulai digunakan sebagai kendaraan dinas para pejabat pemerintahan di Indonesia. Hal ini seiring Instruksi Presiden (Inpres) mengenai peralihan kendaraan dinas pemerintah untuk menggunakan mobil/motor listrik.

Pada Inpres No. 7 Tahun 2022 tersebut memuat tentang penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai sebagai kendaraan dinas bagi instansi pemerintah pusat atau daerah, mencakup seluruh menteri, sekretaris kabinet, kepala staf kepresidenan, panglima TNI, kepala kepolisian Indonesia, gubernur, bupati, dan walikota yang dikeluarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada September 2022 lalu.

Dikeluarkan peraturan ini membuat para pejabat tingkat pusat dan daerah berbondong-bondong memakai kendaraan listrik sebagai kendaraan dinasnya. Adapun satu diantara pejabat yang sudah mengumumkan penggunaan mobil listrik adalah Walikota Bandung, Yana Mulyana.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Mobil Listrik Sony Afeela Debut di CES 2023, Terpasang 45 Kamera dan Bisa Main PS5

Pakai Pelat Nomor D 1 F

Walikota Bandung Mulai Pakai Hyundai IONIQ 5 Jadi Mobil Dinas, Pejabat Lain Menyusul? 01

Mobil dinas Yana Mulyana

Dilansir dari Humas Kota Bandung, Senin (09/01/2023), ia mulai menggunakan mobil listrik sebagai kendaraan operasional pemerintahan. Mobil listrik yang dimaksud adalah Hyundai IONIQ 5 tipe Signature Long Range berwarna hitam dengan plat berwarna merah bertuliskan D 1 F.

Keberadaan mobil listrik ini menjadi inisiatif Pemerintah Kota Bandung dalam mendukung peralihan dari kendaraan bertenaga fosil menjadi kendaraan listrik. "Kota Bandung mengikuti arahan Presiden (beralih ke mobil listrik). Kami berharap bisa mendorong dan memperbaiki ekosistem lingkungan menjadi lebih hijau," ujar Yana.

Mobil listrik yang saat ini dijual dengan harga Rp859 juta itu kabarnya dibeli dengan memakai uang dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Baca Juga: Ini Daftar Negara yang Hentikan Penjualan Mobil Konvensional, Indonesia Kapan Ya?

Kesan Yana Mulyana Terhadap Hyundai IONIQ 5

Walikota Bandung Mulai Pakai Hyundai IONIQ 5 Jadi Mobil Dinas, Pejabat Lain Menyusul? 02

Pejabat pemerintah diwajibkan ganti ke mobil listrik

Hingga saat ini, IONIQ 5 yang resmi dipasarkan sejak awal tahun 2022 lalu merupakan salah satu mobil listrik berbasis baterai yang sudah dirakit di Indonesia.

Yana mengakui terdapat penyesuaian saat menggunakan mobil listrik ini, salah satunya adalah saat menyalakan mobil listrik yang sangat minim suara. Namun ia memandang bawah pengalaman tersebut sebagai sesuatu yang menyenangkan.

Walikota Bandung Mulai Pakai Hyundai IONIQ 5 Jadi Mobil Dinas, Pejabat Lain Menyusul? 03

Ia berharap ke depannya tempat pengisian daya listrik diperbanyak di beberapa titik Kota Bandung, salah satu diantaranya adalah kawasan Balai Kota. Bahkan ia mengharapkan dukungan dari para produsen mobil listrik untuk membuat tempat pengisian daya di Balai Kota Bandung.

"Kita berharap ada tempat pengisian daya, misalnya di Taman Dewi Sartika. Dan itu harus free (gratis). Sementara saya mengisi daya di rumah,” tuturnya.

Dengan kehadiran IONIQ 5 berplat merah, membuat Yana masuk dalam jajaran pejabat yang memakai mobil listrik sebagai kendaraan dinasnya.

Baca juga: OJK Berikan Lampu Hijau DP 0 Persen untuk Pembeli Mobil Listrik

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Hyundai Ioniq 5 Prime Standard Range 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia