window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Waspada Musim Hujan Hewan Sembunyi di Dalam Mobil, Bukan Cuma Kabel, Fan Belt Juga Bisa Putus!

Prasetyo · 3 Des, 2021 12:06

Waspada Musim Hujan Hewan Sembunyi di Dalam Mobil, Bukan Cuma Kabel, Fan Belt Juga Bisa Putus! 01

Dimusim penghujan, selain mudah kotor, mobil juga kerap jadi tempat bersarang binatang liar. Hewan di dalam mobil ini menyelinap ke ruang mesin, sela-sela roda, sampai ke balik dasbor karena dianggap lokasi tersebut lebih hangat ketimbang udara di luar. 

Celakanya, beberapa hewan yang masuk adalah binatang pengerat seperti tikus. Kalau sudah begini risikonya adalah putusnya sejumlah kabel yang kemudian bisa memicu terjadinya mogok, bahkan hingga kebakaran yang dipicu konsleting.

Waspada Musim Hujan Hewan Sembunyi di Dalam Mobil, Bukan Cuma Kabel, Fan Belt Juga Bisa Putus! 02

Kucing juga sering sembunyi di ruang mesin mobil

Kesal? Sudah pasti! Namun mau bagaimana lagi, sering kali mereka sudah dibasmi dengan berbagai macam cara, namun tetap saja masih ada satu atau dua yang masuk.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Nah kali ini kami tidak akan membahas bagaimana cara menghindari serangan hewan menyelinap di mobil. Tetapi sedikit tips untuk mengetahui apakah ada hewan yang "bersarang" di mobil kita atau tidak. Ternyata caranya cukup sederhana loh.

Baca juga : Bikin Rusak dan Kotor, Ini Cara Usir Tikus dari Mobil Anda

Komponen Mobil Banyak yang Rusak Akibat Hewan Tak Diundang

Waspada Musim Hujan Hewan Sembunyi di Dalam Mobil, Bukan Cuma Kabel, Fan Belt Juga Bisa Putus! 01

Fan belt pun bisa putus

Kalau binatang pengerat seperti tikus masuk ke ruang mesin, pasti Anda sudah sering dengar. Namun ternyata binatang lain jika menyelinap ke mobil ternyata turut berpotensi merusak komponen di kendaraan tersebut. Beberapa hewan di dalam mobil yang sering masuk tanpa diundang yakni kucing atau musang.

"Suatu pagi pelanggan terperanjat bukan kepalang ketika di ruang mesin terdengar bunyi gludak-gluduk setelah kunci kontak diputar ke posisi "START". Bunyi itu hilang setelah mesin mati. Setelah membuka kap mesin, keterkejutannya makin menjadi-jadi karena ternyata fan belt putus, ada darah segar berceceran. Rupanya, ada seekor kucing di lintasan fan belt. Binatang ini kontan mati ketika fan belt berputar berbarengan dengan hidupnya mesin," tulis keterangan resmi AstaWorld yang diterima Autofun Indonesia.

Baca juga : Punya Mobil Injeksi? Ini Cara Mudah Membersihkan Injektor Pada Mesin Mobil

Binatang Juga Bisa Masuk ke Kabin Mobil

Waspada Musim Hujan Hewan Sembunyi di Dalam Mobil, Bukan Cuma Kabel, Fan Belt Juga Bisa Putus! 02

Kalau ular yang masuk bisa lebih bahaya

Selain ke ruang mesin atau menyelinap di antara rongga ban, ternyata binatang juga bisa masuk ke kabin mobil. Mulai dari bersembunyi di balik karpet lantai, sampai masuk ke sela-sela dasbor.

Yang lebih parahnya, binatang-binatang yang bisa masuk ke interior mobil ini bukan hanya serangga. Hewan sebesar kucing atau bahkan ular pun bisa menjadikan ruangan kabin kendaraan Anda sebagai tempat beristirahat.

Waspada Musim Hujan Hewan Sembunyi di Dalam Mobil, Bukan Cuma Kabel, Fan Belt Juga Bisa Putus! 03

Kucing sering menempatkan anak-anaknya di lokasi tersembunyi yang hangat

"Yang tidak kalah unik, ada juga pelanggan yang meminta bantuan darurat karena kucing peliharaannya terjebak di dalam dashboard. Entah bagaimana kucing tersebut dapat masuk hingga kesulitan untuk keluar," masih dari keterangan AstraWorld.

Sebelum Berkendara Pastikan Tak Ada Hewan di Mobil

Waspada Musim Hujan Hewan Sembunyi di Dalam Mobil, Bukan Cuma Kabel, Fan Belt Juga Bisa Putus! 04

Jangan sampai kucing ada di sela-sela roda mobil

Jika Anda tidak bisa menghindari masuknya hewan di dalam mobil, maka setidaknya pastikan sebelum berkendara, binatang-binatang itu keluar. Cara paling jitu adalah dengan mengecek seluruh kondisi kendaraan sebelum memulai menghidupkan mesin.

Pertama buka kap mesin dan perhatikan apakah ada binatang atau sisa-sisa makanan maupun sampah yang dibawa hewan tersebut. Kemudian lihat area kolong mobil untuk memastikan tidak ada kucing yang sedang beristirahat di area tersebut. Jangan lupa cek juga keempat roda termasuk rongga-rongganya, khawatir ada binatang yang menyelinap disana.

Langkah lain ada yang lebih praktis. Yaitu sebelum memutar kunci kontak ke posisi "START" tekanlah klakson terlebih dahulu 2-3 kali. Dengan suara yang mengejutkan ini diharapkan hewan keluar dari ruang sembunyinya.

Baca juga : Wajib Rutin Dibersihkan! Setir Mobil Ternyata 4 Kali Lebih Kotor dari WC Umum

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil