window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Waspada Saat Perjalanan Mudik! Ini 5 Penyebab Mobil Mogok Mendadak

Dito · 20 Apr, 2023 09:30

mobil mogok mendadak

Ketika dalam perjalanan jauh seperti mudik, terkadang apes mobil mogok secara mendadak. Padahal sudah yakin mobil sudah dipersiapkan dengan baik dan tidak ada masalah. Lantas apa yang menjadi penyebab mobil mogok saat dalam perjalanan?

Mempersiapkan mobil sebelum perjalanan jauh jadi hal yang wajib dilakukan. Pemeriksaan kondisi mesin, transmisi, kelistrikan hingga kaki-kaki. Namun mesin sebagai jantung dari sebuah mobil punya peran vital.

mobil mogok mendadak

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tentu Anda tidak mau mobil mogok mendadak ketika sedang tenang dalam perjalanan. Rasa panik pun akan muncul, tidak hanya mengganggu perjalanan tapi membuang waktu karena mobil harus di derek atau diperbaiki saat itu juga. Lantas apa saja yang menjadi penyebab mobil mogok mendadak pada umumnya?

Baca juga : Tarif Tol Cipali Saat Mudik Lebaran 2023, Buat yang Mudik ke Cirebon dan Kota Sekitarnya

Aki Mobil Rusak

Waspada Saat Perjalanan Mudik! Ini 5 Penyebab Mobil Mogok Mendadak 01

Kerusakan aki bisa menjadi penyebab utama mobil mogok mendadak. Ketika aki dalam kondisi rusak serta tidak berfungsi secara normal mesin akan sulit untuk dinyalakan. Maka jangan sampai aki soak karena mau diusahakan seperti apapun, mobil tidak bisa hidup dan harus diganti dengan aki baru.

Sebelum berangkat cek kondisi aki, apakah masih berfungsi secara normal atau ada gejala untuk rusak. Bahkan bila aki mobil rusak tapi dipaksakan mobil untuk menyala bisa menimbulkan permasalahan lain di mobil.

Mobil Mogok Mendadak karena Overheat

mobil mogok mendadak

Cuaca tropis di Indonesia membuat suhu udara cukup panas, apalagi beberapa hari terakhir suhu panas tergolong tinggi. Hal ini bisa membuat mobil menjadi lebih cepat overheat yang berdampak mobil mogok mendadak. Apesnya, Anda lupa mengecek kondisi air radiator sebelum berangkat.

Ketika air radiator kurang atau sudah habis membuat mesin mobil lebih cepat panas karena proses pendinginan tidak berjalan secara normal. Tidak hanya mogok, ketika mesin alami overheat membuat efek domino seperti kinerja piston yang terganggu bahkan bisa meleleh. Maka tidak heran bila mobil mogok mendadak.

Baca juga : 7 Keuntungan Beli Mobil Bekas Jelang Musim Mudik Lebaran

Filter Bahan Bakar Tersumbat

Waspada Saat Perjalanan Mudik! Ini 5 Penyebab Mobil Mogok Mendadak 03

Mesin tidak akan bisa menyala ketika tidak ada suplai bahan bakar. Tetapi ada masalah lain yang bisa membuat mobil mogok mendadak, diantaranya filter bahan bakar yang tersumbat. Kerusakan pada bagian ini bisa terjadi saat proses menambahkan bensin.

Ketika proses tersebut terkontaminasi, maka bisa muncul penyumbatan yang membuat aliran bensin menjadi terhambat ke dalam tangki mobil. Gas yang keluar pun berkurang dan dibiarkan secara terus menerus mesin mobil tidak mampu bekerja dengan optimal. Akibatnya mobil mogok mendadak. Maka Anda harus mengganti filter bahan bakar.

Karburator Mobil Bermasalah

Waspada Saat Perjalanan Mudik! Ini 5 Penyebab Mobil Mogok Mendadak 04

Penyebab lainnya mobil mogok mendadak adalah karburator mobil yang bermasalah. Kendala ini bisa terjadi pada mobil tua yang masih menggunakan teknologi suplai bahan bakar dengan karburator. Ketika bahan bakar yang masuk sedikit dan menghambat proses pembakaran akan membuat mobil sulit dihidupkan.

Bila mobil mogok dan ada indikasi masalah di karburator, maka segera lepas selang yang terhubung ke komponen tersebut dan masukkan ke dalam botol. Setelah itu lakukan starter mobil kembali sampai menyala dan bisa melanjutkan perjalanan.

Kerusakan Alternator

Waspada Saat Perjalanan Mudik! Ini 5 Penyebab Mobil Mogok Mendadak 05

Komponen lain yang juga bisa menjadi penyebab mobil mogok ialah kerusakan alternator. Fungsi utama dari komponen yang dikenal dinamo ampere ini adalah menyuplai energi listrik dari aki mobil untuk bisa menghidupkan dan berjalan dengan normal.

Sayangnya alternator ini bisa rusak karena aus atau seiring berjalannya waktu. Ketika energi listrik hilang maka mobil bisa secara tiba-tiba mati. Ada beberapa tanda komponen ini ada kerusakan, seperti aroma karet terbakar, suara decitan di mesin, lampu sorot redup, hingga lampu indikator simbol baterai aki menyala.

Baca juga : 7 Barang-Barang di Mobil yang Terlihat Sepele Padahal Wajib Dibawa Saat Mudik

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil