window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Waspada Sebelum Membeli, Berikut Kelebihan dan Kekurangan MG HS

Enda · 14 Jun, 2021 13:30

Waspada Sebelum Membeli, Berikut Kelebihan dan Kekurangan MG HS 01

Tampilan depan MG HS

Brand Inggris berlogo khas oktagonal, MG, pada Agustus 2020 meluncurkan Medium SUV 5-seater terbarunya ke Tanah Air, yakni MG HS. Belum genap satu tahun keberadaan MG HS, MG Motor Indonesia kembali memperkenalkan MG HS i-SMART sebagian varian teratasnya saat ini yang diluncurkan pada awal Juni 2021.

Melihat harga terbarunya, MG HS kini ditawarkan mulai dari Rp375.800.000 sampai dengan Rp435.800.000. Sedangkan varian teratasnya yang berhasil tersematkan fitur i-SMART dipatok Rp469.800.000.

Sebagai informasi, merek MG kini dimiliki oleh raksasa otomotif China, SAIC. Dengan penampilan yang elegan, SUV yang diproduksi di Thailand ini kadang dianggap sebagai tiruan Mazda karena desain grill yang mirip, walaupun sebenarnya tidak. MG HS punya fitur menarik yang tak kalah dengan merek Jepang, atau sesama brand China seperti Wuling Almaz.

Sebelum tertarik membelinya, alangkan baiknya kalian mengetahui kelebihan dan kekurangan MG HS berikut ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Bisa Bahasa Indonesia, Fitur Voice Command WIND di Wuling Almaz RS Tetap Ungguli Smart Command MG HS i-SMART

Kelebihan MG HS

1. Memiliki Tampilan yang Luxury dan Dinamis

Waspada Sebelum Membeli, Berikut Kelebihan dan Kekurangan MG HS 01

Sebagai Medium SUV asal China, MG HS terlihat begitu luxury

Meski produk MG kini diproduksi di Negeri Tiongkok, MG HS tetap menampilkan desain khas Eropa banget. Seperti yang diketahui, pesaing utama Wuling Almaz ini secara khusus dirancang oleh tim desainer yang berpusat di Birmingham, Inggris.

Melihat tampilan luarnya, MG HS sendiri menyuguhkan kemewahan melalui star rider grille yang elegan pada sisi depannya. Selain itu, silver brush finish yang menghiasi bingkai pendingin udara, area konsol, hingga tuas transmisi semakin mempertegas kesan mewah mobil ini.

Tidak hanya mewah, kesan sporty juga terasa sangat kental pada lapisan jok two-tone berbalut Alcantara premium leather seat berwarna merah-hitam dan twin tailpipes.

Agar mampu meningkatkan kenyamanan berkendara, terdapat 64-color interactive ambient light yang bisa disesuaikan dengan mood dan atmosfer yang diinginkan. Lalu juga terdapat electric panoramic sunroof, hingga pengalaman hiburan yang disempurnakan melalui entertainment system berukuran 10.1 inch yang dapat terhubung dengan Apple Carplay dan Android Auto.

2. Fitur Keselamatan Standar MG HS Raih Bintang Lima

Bicara fitur keselamatan, MG HS ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Bagaimana tidak, mobil ini tercatat mampu meraih rating bintang lima dalam uji keselamatan Euro NCAP (European New Car Assessment Program) dan ANCAP (Australasian New Car Assessment Program). Banyaknya bintang yang diraih, tak lepas dari fitur keselamatan berupa enam buah airbags, yang terdiri dari dua front side airbags, dua side airbags, serta dua side curtain airbags.

Mobil ini juga mendapatkan Auto Vehicle Hold (AVH), Electronic Differential System, Door Opening Warning (DOW), Hill Start Assist (HSA),  Hill Descent Control (HDC), Stability Control System (SCS), Traction Control System (TCS) dan lain sebagainya. Tercatat, lebih dari 25 fitur keselamatan tertanam pada MG HS yang mampu memberikan perlindungan secara maksimal terhadap setiap penggunannya.

3. MG HS Dibenamkan Mesin 1.5L Turbocharged yang Sangat Bertenaga

Waspada Sebelum Membeli, Berikut Kelebihan dan Kekurangan MG HS 02

MG HS menggendong mesin 1.5L turbocharged

Melihat data secara teknis, MG HS dibenamkan mesin 1.5L in-line 4 Cylinder DOHC Valve Turbo TGI yang dapat memuntahkan tenaga higga 162 PS @5.600 rpm dengan torsi maksimal mencapai 250 Nm @1.700-4.400 rpm. Mengenai tingkat percepatannya, MG HS dikawinkan dengan transmisi Twin Clutch Sportronic Transmission (TST) 7 Speeds yang kemudian disalurkan melalui penggerak roda depannya.

Agar dapat menyesuaikan keinginan gaya berkendara, MG HS menyediakan lima ragam moda mengemudi, yaitu Eco, Normal, Sport, Super Sport, & Custom, yang dapat dipersonalisasi untuk memberikan kontrol dan kepuasan berkendara.

4. Suspensi MG HS Terbilang Cukup Nyaman

Disematkan suspensi berjensikan MacPherson Struts and Stabilizer Bar di roda depan, serta Independent Multi-link with Stabilizer Bar di roda belakang, membuat mobil ini terasa begitu nyaman ketika melewati speed bump dan speed trap di kecepatan yang cukup tinggi. Oh iya, kalian juga perlu tahu bahwa MG HS sudah menggunakan sistem pengereman berupa Disc Brakes With Ventilated di roda depan dan Solid Disc Brake di roda belakangnya.

5. Punya Fitur Keselamatan ADAS

Waspada Sebelum Membeli, Berikut Kelebihan dan Kekurangan MG HS 03

MG Pilot merupakan fitur keselamatan Advanced Driver Assistance System (ADAS) pada MG HS

Sebagai varian teratas, MG HS i-SMART mendapatkan fitur baru yang dinamai MG Pilot. Ini adalah fitur keselamatan kesatuan Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang dapat memberikan rasa percaya diri dan selalu aman selama di perjalanan.

Fitur ini memberikan kemampuan ekstra agar terhindar dari kemungkinan benturan, dan dapat disaksikan pada layar sentuh infortainment display yang kini tampil lebih luas dengan penampang berukuran 10.1”. Tidak hanya itu, kamera 360 juga melengkapi visualisasi pengemudi dari segala sudut saat menyetir.

Kemampuan ‘pintar’ pada MG HS i-SMART ini pun semakin terasa canggih dengan adanya Lane Assist System (LAS) yang terdiri dari Lane Departure Warning (LDW), Lane Departure Prevention (LDP) serta Lane Keep Assist (LKA) yang akan memperingatkan serta mengoreksi pengendara agar tetap berada pada lajur yang tepat saat berkendara.

Kemudian, Front Drive Assist (FDA) juga tersedia untuk memberi ragam kemampuan pada kendaraan yang dapat menyesuaikan dengan keadaan di depannya. Contohnya adalah Adaptive Cruise Control sebagai sistem otomatis yang menyesuaikan kecepatan dan jarak kendaraan dari kendaraan lain yang ada di depannya, atau Traffic Jam Assist (TJA) yang mampu mengatur laju kendaraan secara otomatis pada saat kendaraan berada di tengah kemacetan.

Terakhir adalah Rear Drive Assist (RDA) yang akan membantu pengemudi lebih memperhatikan keadaan di bagian belakang kendaraan lewat fitur keselamatannya yang canggih seperti Blind Spot Detection (BSD).

6. Bisa Menyalakan Mobil Melalui Smartphone dan Mengecek Status Kendaraan

Dengan teknologi MG i-SMART, pengguna MG HS dimudahkan untuk melakukan banyak hal bahkan dari jarak jauh hanya dari ujung jarinya; mulai dari menyalakan mesin dan AC, membuka dan mengunci pintu, memantau performa dan kondisi mobil seperti status tekanan ban, status persentase bensin, hingga mengecek dan menemukan letak kendaraan.

Selain itu, para pengguna juga dapat menemukan tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi sebelum melakukan perjalanan menggunakan Travel Plan. Seluruhnya dapat diakses pada sebuah aplikasi bernama MG i-SMART yang kini sudah tersedia untuk diunduh pada Google Play Store dan App Store.

7. Menjalankan Fitur Bisa Melalui Perintah Suara

Waspada Sebelum Membeli, Berikut Kelebihan dan Kekurangan MG HS 04

Smart Command pada MG HS i-SMART

Teknologi MG i-SMART pun semakin memudahkan para pengemudi sepanjang perjalanannya bersama MG HS yang kini memungkinkan mereka tetap fokus dalam berkendara. Cukup sapa mobil dengan “Hello, MG!” maka sistem kendaraan dapat membantu pengemudi untuk melakukan banyak hal hanya lewat perintah suara.

Saat berkendara di siang hari yang panas, pengemudi dapat mengatakan “temperature down” dan kendaraan akan secara otomatis menurunkan suhu AC. Apabila ingin melihat indahnya bintang dan bulan saat berkendara di malam hari, perintah “open the sunroof” akan secara otomatis membuka Electric I-MAX Panoramic Sunroof.

Di tengah kemacetan Ibu Kota, pengendara juga dapat memainkan music dengan mengucapkan “play the music” atau juga melakukan dan mengangkat panggilan telepon melalui perintah suara pada layar infotainment system.

8. Mampu Menunjukan Lokasi yang Dituju dengan Mudah Melalui Layar Infotaiment

Sebagai fitur canggih yang tergabung dalam i-SMART, Smart Connect ini dapat membantu mencari sebuah lokasi yang dituju dengan mudah. Mencari lokasi penting yang ingin dituju seperti tempat-tempat kekinian, pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan lainnya menjadi sangat mudah karena dapat diakses langsung pada layar infotainment system dalam kendaraan.

Hanya dengan menyapa “Hello, MG!” serta dilanjutkan dengan mengucapkan kata “Nav”, maka si Asisten Cerdas ini akan siap mencarikan tujuan pengemudi.

Salah satu contoh dengan menyebutkan kata “Hospital”, maka akan muncul sederet lokasi rumah sakit terdekat dari lokasi mobil. Dari dalam aplikasi, pengguna juga bisa dengan mudah mengakses titik lokasi bengkel dan outlet resmi MG, pom bensin, bank bahkan restoran terdekat.

Belum lagi aktivitas streaming musik secara online untuk menemani para pengguna MG melewati kemacetan, melihat keadaan jalanan secara real time lewat Smart Navigation, atau pun selalu update dengan informasi cuaca terkini melalui AVN Weather.

Baca juga: Dibandrol Rp469,8 Juta, Ini Kehebatan MG HS dengan Fitur Pintar i-SMART Magnify

Kekurangan MG HS

1. Baru Punya 14 Outlet Resmi di Seluruh Nusantara

Waspada Sebelum Membeli, Berikut Kelebihan dan Kekurangan MG HS 05

Outlet resmi MG Indonesia

Hingga kini MG Indonesia diketahui baru memiliki 14 titik outlet resmi yang tersebar di wilayah Medan, Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Malang, Makassar dan Manado. Tentunya hal ini dapat mengurangi rasa percaya diri masyarakat Indonesia ketika ingin memilih sebuah mobil ini.

Karena sebelum membeli suatu produk khususnya mobil, masyarakat tentunya akan memikirkan bagaimana mendapatkan sparepart ketika melakukan perbaikan kendaraan di suatu hari nanti.

2. Harga Cukup Mahal Karena MG HS Didatangkan Secara Utuh Dari Thailand

Produk China dengan cita rasa Inggris, MG HS yang dijajakan di Indonesia secara utuh didatangkan dari Negeri Gajah Putih. Hal ini menjadikan harga baru mobil ini dibandrol dengan harga yang terbilang cukup mahal untuk sebuah Medium SUV asal Tiongkok.

Kesimpulan

Menjadi rival utama Wuling Almaz, MG HS memiliki beberapa poin kelebihan yang bisa kalian pertimbangkan sebelum membeli mobil ini. Untuk sekelas produk China, mobil ini terbilang cukup canggih bila dibandingkan Medium SUV 5-seater Jepangan. Namun begitu, beberapa kekurangan yang kami sampaikan juga perlu kalian perhatikan sebelum memutuskan membeli MG HS.

Baca juga: Sama-sama Punya Voice Command, Wuling Almaz RS Kok Bisa Kalah Canggih Dari MG HS i-SMART Magnify?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2020 MG HS 1.5L Turbo Excite

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil