window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Wujudnya Terlihat Mirip, Ini Bedanya Hyundai Atoz dan Kia Visto

Enda · 5 Nov, 2021 15:30

Wujudnya Terlihat Mirip, Ini Bedanya Hyundai Atoz dan Kia Visto 01

Hyundai Atoz vs Kia Visto

Pada tahun 1997 KIA dinyatakan bangkrut setelah dilanda krisis ekonomi yang cukup parah sehingga membuat Hyundai menguasai saham KIA. Mulai sejak itu, Hyundai dan Kia melakukan integrasi dan sharing model. Kemudian pada tahun 2000, keduanya memutuskan untuk menghadirkan Hyundai Atoz dan Kia Visto yang merupakan kendaraan city car kompak beratap tinggi.

Dalam meramaikan kancah otomotif Tanah Air, Kia Visto hadir hingga 2004 dengan satu kali mengalami penyegaran setalah dua tahun debut pertamanya. Bicara saudara kembarnya, eksitensi Hyundai Atoz mampu bertahan hingga 2008 dengan mengalami facelift satu kali pada 2005.

Meski dianggap kembar, Atoz maupun Visto ini sebenarnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan untuk menampilkan ciri khas masing-masing produk maupun brand.

Ingin tahun apa saja perbedaan di antara keduanya? Simak ulasannya di bawah ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: City Car Rp35 Jutaan Antara Hyundai Atoz Vs Suzuki Karimun Kotak, Mana yang Lebih Unggul Soal Spesifikasi?

Bentuk Eksterior Kia Visto Terlihat Aneh

Wujudnya Terlihat Mirip, Ini Bedanya Hyundai Atoz dan Kia Visto 01

Tampilan depan Kia Visto

Melihat pada bagian depan, baik Hyundai Atoz maupun Kia Visto sekilas terlihat sama. Keduanya sama-sama tersematkan headlamp dengan model bulat yang mana seinya juga dibuat menyatu pada lampu utamanya tersebut.

Yang membedakan antara Hyundai Atoz dengan Kia Visto ini adalah bentuk bumpernya. Dimana pada bumper Visto mendapatkan guratan garis di kedua sisinya untuk memberikan kesan yang atraktif.

Wujudnya Terlihat Mirip, Ini Bedanya Hyundai Atoz dan Kia Visto 02

Tampilan depan Hyundai Atoz

Perbedaan lainnya ada pada grill. Dimana Kia Visto menampilkan bentuk vertikal yang dibagi menjadi beberapa bilah. Untuk Hyundai Atoz, mobil ini memperoleh grill dengan bentuk horizontal yang menurut kami terlihat lebih simpel dan dinamis.

Wujudnya Terlihat Mirip, Ini Bedanya Hyundai Atoz dan Kia Visto 03

Bagian belakang Kia Visto

Menengok bagian samping, baik Atoz maupun Visto terlihat sama. Keduanya diaplikasikan side moulding yang berguna untuk memberikan perlindungan terhadap pintu. Oh iya, Kia Visto telah mendapat side marker di fender depan yang berguna untuk memberikan sinyal tambahan kepada pengendara lain ketika pengemudi hendak berpindah lajur atau berbelok.

Nah untuk buritannya, Hyundai Atoz dan Kia Visto memiliki tampilan yang berbeda. Menurut kami, bentuk yang diterima Visto terlihat sedikit aneh dan kurang proper bila dibandingkan dengan saudara kembarnya tersebut.

Wujudnya Terlihat Mirip, Ini Bedanya Hyundai Atoz dan Kia Visto 04

Buritan Hyundai Atoz

Dimana tampilan pintu bagasinya dibuat lebih condong ke depan. Untuk stoplampnya sendiri diletakan seperti mobil pada umumnya tepat di atas bumper. Bicara Hyundai Atoz, bagian belakang mobil ini dibuat rata yang menurut kami terkesan ideal menyesuaikan dengan bentuk body secara keseluruhan. Uniknya, untuk stoplamp, mobil ini diletakan tepat di samping kaca belakang yang mana menurut pandangan kami terlihat lebih berkarakter.

Dimensi Hyundai Atoz Vs Kia Visto

Wujudnya Terlihat Mirip, Ini Bedanya Hyundai Atoz dan Kia Visto 05

Sisi samping Hyundai Atoz

Meski terlihat sama, secara dimensi Hyundai Atoz dan Kia Visto nyatanya berbeda. Hal ini terjadi lantara keduanya memiliki desain yang sedikit berbeda.

Menurut data, Kia Visto memiliki panjang 3.495, lebar 1.495 dan tinggi 1.480 mm. Bagaimana dengan  Hyundai Atoz? Mobil ini secara data di atas kertas mempunyai panjang 3.495 mm, lebar 1.495 dan tinggi 1.580 mm.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Atoz, City Car Lawan Beratnya Suzuki Karimun

Tampilan Interior Keduanya Sama?

Wujudnya Terlihat Mirip, Ini Bedanya Hyundai Atoz dan Kia Visto 06

Dashboard Hyundai Atoz

Nuansa kokpit Hyundai Atoz maupun Kia Visto memiliki tampilan yang sama. Dashboardnya tersebut didominasi dengan bentuk bulat. Yang membedakan antara keduanya adalah lingkar kemudi. Meski sama-sama menganut model 3-spoke, ditengahnya terdapat logo masing-masing pabrikan sebagai identitasnya.

Untuk speedometernya, Atoz mendapatkan tampilan background berwarna putih sedangkan Visto berkelir hitam. Sebagai informasi tambahan, Hyundai Atoz telah memperoleh jam digital ditengahnya.

Wujudnya Terlihat Mirip, Ini Bedanya Hyundai Atoz dan Kia Visto 07

Dashboard Kia Visto

Bicara fitur yang ada di dalam, Hyundai Atoz maupun Kia Visto telah dibekali dengan power steering, AC, heater, power window (pada kedua pintu depan), central lock, head unit single din, deffoger dan trim seat back pocket.

Suspensi dan Sistem Pengereman Keduanya Sama

Wujudnya Terlihat Mirip, Ini Bedanya Hyundai Atoz dan Kia Visto 08

Hyundai Atoz dan Kia Visto sama untuk suspensi serta sistem pengeremannya 

Bicara peredam kejut, Hyundai Atoz dan Kia Visto tersematkan suspensi berjeniskan MacPherson Strut di bagian depan dan Torsion Beam Axle di roda belakangnya yang terbukti menghasilkan handling cukup baik dan stabil ketika dikendarai. Untuk sistem pengeremannya, keduanya mengunakan ventilated disc brake di roda depan dan drum brake di roda belakangnya.

Hyundai Atoz dan Kia Visto Sama-sama Memperoleh Mesin 1.0L

Wujudnya Terlihat Mirip, Ini Bedanya Hyundai Atoz dan Kia Visto 09

Keduanya sama-sama mendapatkan mesin 1.0L dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan

Hyundai Atoz dan Kia Visto sama-sama ditawarkan mesin injeksi Epsilon G4HC 1.0L SOHC 4-silinder segaris 12 valve yang diketahui mampu memeras tenaga hingga 57 PS @5.500 rpm dengan torsi puncak 82 Nm @3.100 rpm. Mengenai transmisinya, Atoz dan Visto ditawarkan dengan dua pilihan transmisi, yaitu manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan yang juga digerakan melalui penggerak roda depan.

Kesimpulan

Hyundai Atoz dan Kia Visto dibangun berdasarkan platform yang sama. Keduanya memiliki persamaan di interior, mesin, transmisi dan fitur. Untuk perbedaanya, baik Atoz dan Visto ada pada tampilan luar belakang serta sedikit didepannya. Meski demekian, gaya berkendara yang disuguhkan keduanya terasa sama.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Karimun Kotak, City Car Boxy Incaran Kawula Muda Saat Ini

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Hyundai Kona 2.0L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil