window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Wuling Confero VS Toyota Avanza: Menilik Dominasi Mobil Jepang Yang Sulit Dipatahkan

Anissa · 19 Okt, 2020 12:15

Wuling Confero VS Toyota Avanza: Menilik Dominasi Mobil Jepang Yang Sulit Dipatahkan 01

Sampai detik ini, harus diakui bahwa dominasi mobil-mobil buatan Jepang di Indonesia masih belum bisa dikalahkan oleh mobil-mobil dari negara lain. Mobil-mobil buatan Jepang seolah sudah memiliki tempatnya sendiri di kalangan pengguna mobil Tanah Air.

Kendati demikian, pasar yang menjanjikan di Indonesia membuat ada banyak produsen mobil dari negara lainnya tetap tertarik untuk mencoba peruntungannya di Indonesia. Salah satunya adalah produsen mobil asal Cina. 

Kita ambil contoh salah satu produk mobil Cina di Indonesia, yaitu Wuling Confero. Di Indonesia, Wuling Confero bersaing langsung dengan Toyota Avanza. Seperti yang kita tahu, Toyota Avanza merupakan model mobil terpopuler di Indonesia. Hal ini memang merupakan tantangan besar bagi Wuling untuk bisa mendapatkan kepercayaan dari masyarakat di Indonesia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kali ini, kita akan mencoba melakukan perbandingan secara umum mengenai Wuling Confero sebagai salah satu mobil buatan Cina dan Toyota Avanza sebagai mobil buatan Jepang. Kira-kira, apa alasannya Toyota Avanza ini lebih populer di Indonesia?

Harga

Jika dilihat soal perbandingan harga, sebenarnya dapat dengan jelas kita lihat bahwa mobil buatan Cina pasti dibanderol dengan harga yang lebih murah. Harga murah ini memang merupakan salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh mobil-mobil pabrikan Cina, dan Wuling Confero pun tidak terkecuali.

Wuling Confero VS Toyota Avanza: Menilik Dominasi Mobil Jepang Yang Sulit Dipatahkan 01

Wuling Confero saat ini dibanderol dengan harga Rp150 jutaan untuk varian terendahnya. Sedangkan varian tertingginya sendiri dibanderol dengan harga Rp197 jutaan.

Harga yang ditawarkan oleh Wuling Confero sebagai salah satu produk mobil Cina ini tentu saja menjadi daya tariknya tersendiri. Bagaimana tidak, untuk varian terendahnya saja, Toyota Avanza selaku pesaing dari Wuling Confero ini sudah dibanderol dengan harga Rp200 jutaan. 

Fitur Dalam Kabin

Wuling Confero dan Toyota Avanza sama-sama bersaing dalam segmen mobil MPV di Indonesia. Kedua mobil ini dikenal memiliki kapasitas penumpang yang banyak dan kabin yang juga luas.

Wuling Confero VS Toyota Avanza: Menilik Dominasi Mobil Jepang Yang Sulit Dipatahkan 02

Seperti yang sudah banyak diketahui orang, Toyota Avanza memiliki kabin yang leluasa, dengan headroom dan legroom yang juga mumpuni. Tetapi Toyota Avanza yang ada di Indonesia saat ini meskipun telah mendapatkan beberapa pembaruan, tetapi masih dibilang tidak memiliki ubahan yang signifikan dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Sementara jika kita perhatikan, harganya semakin naik.
Sekarang kita bandingkan dengan Wuling Confero. Mobil MPV pendatang baru ini dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah dibanding Toyota Avanza. Kendati demikian, mobil ini memiliki segudang fitur di dalam kabinnya yang mungkin belum dapat kita temukan di Toyota Avanza.

Kursi pada baris ketiga Wuling Confero bisa memuat 3 orang penumpang, sehingga kapasitas total penumpang mobil ini bisa mencapai 8 orang. Tidak hanya itu, kursi-kursinya pun nyaman dan fleksibel sehingga bisa menjamin kenyamanan penumpang ketika berkendara. Wuling juga menawarkan pilihan captain seat untuk kursi baris kedua.

Wuling Confero VS Toyota Avanza: Menilik Dominasi Mobil Jepang Yang Sulit Dipatahkan 03

Untuk varian tertingginya, Wuling Confero juga sudah menggunakan kursi-kursi berlapis material semi kulit. Sementara Toyota Avanza, hingga saat ini masih menggunakan kursi dengan bahan fabric.

Lalu untuk fitur hiburannya sendiri, kedua model mobil ini sebenarnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Wuling Confero dibekali dengan sistem multimedia layar sentuh berukuran 8 inci yang terhubung dengan smartphone melalui USB ataupun Bluetooth. Sedangkan untuk Toyota Avanza, fitur semacam ini baru tersedia pada varian tertingginya, dimana ada fitur untuk memutar DVD dan terhubung dengan iPod.

Fitur Keselamatan

Walaupun dibanderol dengan harga yang lebih murah, tetapi nyatanya fitur keselamatan yang dimiliki Wuling Confero sebagai mobil Cina justru lebih mutakhir dibandingkan dengan Toyota Avanza. Mobil ini memiliki fitur sensor parkir depan dan belakang, kamera parkir, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), serta rem cakram belakang. Sayangnya, fitur ini hanya terdapat pada varian tertingginya saja. 

Wuling Confero VS Toyota Avanza: Menilik Dominasi Mobil Jepang Yang Sulit Dipatahkan 04

Sedangkan pada Toyota Avanza, meskipun fitur keselamatannya tidak secanggih Wuling Confero, tetapi fitur keselamatannya cukup mumpuni. Mobil ini sudah dilengkapi dengan dual front SRS airbag dan sistem pengereman Anti lock Braking System. Fitur ini pun sudah ada pada semua varian Toyota Avanza.

Pilihan Mesin dan Tenaga

Wuling Confero hanya menawarkan satu pilihan mesin dan transmisi untuk semua variannya. Perbedaan masing-masing variannya memang hanya terletak pada bagian fitur dan aksesorisnya. Mobil MPV ini menggunakan mesin 4 silinder berkapasitas 1,5 liter yang dipadukan dengan transmisi manual 5  percepatan. Tenaga yang dihasilkannya ini kemudian disalurkan melalui sistem penggerak Rear Wheel Drive. 

Sama seperti Wuling Confero, Toyota Avanza juga menggunakan sistem penggerak Rear Wheel Drive. Bedanya, mobil ini menawarkan lebih banyak pilihan mesin, yakni mesin berkapasitas 1,3 liter dan 1,5 liter. Kedua pilihan mesinnya juga tersedia dalam pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. 

Wuling Confero VS Toyota Avanza: Menilik Dominasi Mobil Jepang Yang Sulit Dipatahkan 05

Soal tenaganya, mesin Wuling Confero bisa menghasilkan tenaga sebesar 108 PS pada putaran 5.800 rpm, dan torsi 142 Nm pada putaran 3.800-4.400 rpm. Sementara itu, mesin Toyota Avanza 1.5 liter menghasilkan tenaga dan torsi yang lebih kecil, yaitu 104 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi sebesar 136 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Kesimpulan

Setelah membandingkan kedua mobil ini, bisa kita lihat bahwa Wuling Confero sebenarnya memiliki cukup banyak kelebihan dibandingkan dengan Toyota Avanza. Tetapi apa yang membuat masih lebih banyak masyarakat Indonesia yang memilih Toyota Avanza dibandingkan dengan mobil Cina pendatang baru seperti Wuling Confero?

Yang pertama tentu saja karena keandalannya. Bukan berarti Wuling Confero tidak andal, tetapi Toyota Avanza yang sudah jauh lebih lama berkiprah di Indonesia membuat banyak orang Indonesia lebih percaya pada mobil ini. Selain itu, di Indonesia sendiri stigma negatif tentang produk mobil buatan Cina yang tidak tahan lama juga masih sangat kuat.

Wuling Confero VS Toyota Avanza: Menilik Dominasi Mobil Jepang Yang Sulit Dipatahkan 06

Jaringan purna jual mobil Jepang seperti Toyota Avanza ini juga lebih luas dibandingkan Wuling Confero yang belum lama ada di Indonesia. Banyak yang khawatir harga jual kembali mobil buatan Cina seperti Wuling Confero ini akan menurun drastis.

Soal ketersediaan suku cadang juga masih menjadi salah satu faktor yang cukup mempengaruhi pertimbangan para konsumen di Indonesia. Mobil Jepang seperti Toyota Avanza memang lebih mudah ditemukan suku cadangnya baik di bengkel resmi maupun bengkel biasa, sementara suku cadang Wuling Confero masih agak sulit dicari.

Anissa

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2021 Wuling Confero S C MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil