window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Wuling Perkenalkan WISE, Wuling Almaz Jadi Makin Canggih Berkat ADAS

Budi · 2 Feb, 2021 09:00

Pekan lalu, Wuling Motors memperkenalkan inovasi terbaru yang dihadirkan di Indonesia. Wuling menyebutnya sebagai WISE atau Wuling Interconnected Smart Ecosystem. Inovasi ini digadang-gadang oleh Wuling akan mewujudkan ekosistem pintar di mana pengguna dan kendaraannya bisa saling terhubung via koneksi internet melalui ponsel. Yang menarik, pihak Wuling memperkenalkan inovasi ini dengan menggunakan Wuling Almaz. Apakah pertanda akan ada penyegaran pada Almaz?

Wuling Perkenalkan WISE, Wuling Almaz Jadi Makin Canggih Berkat ADAS 01

Wuling Almaz bisa mendapatkan pembaruan dengan WISE

Yang menarik, WISE juga mencakup berbagai fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang dapat membantu pengemudi dalam berkendara. ADAS memiliki berbagai fitur yang akan memberikan dukungan bagi pengemudi  dalam berbagai kondisi sehingga dapat meningkatkan jaminan keselamatan dan kenyamanan.

Sebagai informasi, di India, MG Hector atau yang di sini juga dikenal sebagai Wuling Almaz rencananya akan mendapatkan facelift, dengan varian tertinggi yang juga akan mendapatkan fitur-fitur ADAS ini, seperti autonomous emergency braking, adaptive cruise control dan blind spot warning. Menjadi menarik, karena ADAS pada WISE juga menawarkan hal yang sama.

Internet Car dan ADAS

Wuling Perkenalkan WISE, Wuling Almaz Jadi Makin Canggih Berkat ADAS 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Salah satu bagian dari WISE adalah Internet Car. Inovasi ini dapat menghubungkan pengguna dengan mobilnya melalui ponsel pintar dan head unit. Fitur-fitur yang dapat diatur antara lain Vehicle Positioning, Vehicle Remote Control, Geo-Fencing Security hingga Bluetooth Key. Sementara koneksi internet pada head unit ialah Online Navigation, Online Music, dan Internet Messaging App. Ketiga fungsi ini didukung dengan perintah suara berbahasa Indonesia, Wuling Indonesian Command (WIND). 

“Dengan adanya teknologi ini, kami berharap dapat menjawab kebutuhan masyarakat di era mobilitas modern dan menyajikan kemudahan dalam berkendara di masa mendatang,” terang Yin Yi, Brand & Marketing Director Wuling Motors.

Wuling Perkenalkan WISE, Wuling Almaz Jadi Makin Canggih Berkat ADAS 01

Pemilik Wuling dapat dengan mudah untuk mengawasi dan mengontrol mobilnya

Sementara untuk fitur ADAS, Wuling seakan menjejali mobilnya dengan beragam fitur modern. Mereka membagi ADAS ini dalam empat kategori yaitu: A daptive Cruise yang terdiri dari Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA), dan Intelligent Cruise Assistance (ICA). Yang kedua adalah Lane Recognition yang didukung Lane Departure Warning (LDW) dan Lane Keeping Assistance (LKA). 

Wuling Perkenalkan WISE, Wuling Almaz Jadi Makin Canggih Berkat ADAS 02

WISE membantu pemilik dalam berkendara semakin mudah dan aman

Kemudian, kategori ketiga, yaitu Safe Distance & Braking Assistance yang dibekali Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA), Collision Mitigation System (CMS). Yang terakhir adalah Automatic Light, berupa Intelligent Head Beam Assistance (IHMA).

Wuling Almaz dengan ADAS

Ada yang menarik dari perkenalan WISE ini kepada media. Selain penggunaan teknologi video Virtual Reality (VR), yang paling menarik adalah perkenalan berbagai fitur ADAS pada model Wuling Almaz. Dalam kesempatan tersebut, keempat kategori yang ditawarkan oleh WISE semua didemonstrasikan oleh pihak Wuling. Hal ini seakan memberikan gambaran bahwa Wuling Motors telah siap mengadaptasi berbagai fitur canggih ini pada mobil yang mereka jual di Indonesia, terutama Wuling Almaz

Wuling Perkenalkan WISE, Wuling Almaz Jadi Makin Canggih Berkat ADAS 03

Hanya perlu menunggu sebelum Wuling Almaz dijejali oleh WISE

Saat kami konfirmasi kepada pihak Wuling terkait kesiapan unit di Indonesia yang akan menggunakan fitur WISE ini, pihak Wuling hanya menjawab diplomatis. "Saat ini kami masih dalam tahap memperkenalkan teknologi WISE ini ke publik di Indonesia. Jika kemudian nanti ada update,  pasti (akan) kami sampaikan secara resmi," papar Brian Gomgom, Media Relations Wuling Motors.

Wuling Almaz hadir pertama kali di Indonesia pada tahun 2017, saat ini ada 4 varian Wuling Almaz ditambah satu varian special yang dipasarkan di Indonesia. Varian terbaru dari Wuling Almaz adalah Wuling Almaz Limited Edition yang diluncurkan pada bulan November 2020 lalu. Wuling Almaz Limited Edition hanya tersedia sebanyak 100 unit di Indonesia dan dibanderol dengan harga Rp 351,8 juta. 
 

Budi

Head of Content

Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak lebih dari 15 tahun, Ia telah mencicipi berada di beberapa sisi industri, PR, agency dan media, baik cetak maupun online. Kegemarannya berkendara membawa Ia mencoba berbagai jenis mobil, mulai single seater di lintasan sirkuit hingga off-road di lintasan salju bersuhu -15 derajat Celsius. Facebook: budityas Instagram: budityasbebe

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Wuling Almaz Hybrid 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil