window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Wuling Victory VS Toyota Kijang Innova: Kenapa Masyarakat Indonesia Masih Pilih Toyota?

Anissa · 20 Okt, 2020 08:40

Wuling Victory VS Toyota Kijang Innova: Kenapa Masyarakat Indonesia Masih Pilih Toyota? 01

Beberapa waktu lalu, kita sudah pernah membahas dan membandingkan mengenai Wuling Confero dan Toyota Avanza. Sama seperti perbandingan tersebut, kali ini kita akan kembali memperbandingkan model mobil buatan Cina dan Jepang, yakni Wuling Victory dan Toyota Kijang Innova.

Siapa sih yang tidak kenal dengan Toyota Kijang Innova? Di Indonesia, mobil MPV yang satu ini bahkan disebut sebagai mobil sejuta umat. Hal ini lantaran ada banyak sekali masyarakat Indonesia yang memilih untuk menggunakan mobil ini, bahkan sampai saat ini.

Belum lama ini, Toyota sempat merilis generasi terbaru dari Toyota Kijang Innova. Perilisan Toyota Kijang Innova ini sempat menimbulkan pro dan kontra di kalangan pecinta otomotif Indonesia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Di satu sisi, Toyota Kijang Innova dianggap sebagai mobil MPV yang andal dan awet, sehingga layak untuk dipertimbangkan. Tetapi di sisi lain, ubahan yang dihadirkan Toyota pada generasi barunya ini cukup minim, sementara harganya melonjak naik. Dari sisi desainnya pun, tidak mendapatkan banayk perubahan dibandingkan generasi sebelumnya.

Wuling Victory VS Toyota Kijang Innova: Kenapa Masyarakat Indonesia Masih Pilih Toyota? 01

Sementara itu, Wuling Victory yang meskipun belum masuk ke Indonesia, tetapi sudah disebut-sebut sebagai penantang Toyota Kijang Innova ini unggul dalam hal desain. Dari foto-foto yang beredar, bisa dilihat bahwa Wuling Victory memiliki desain yang menawan dan jauh lebih modern dibandingkan dengan Toyota Kijang Innova generasi terbarunya. 

Daripada semakin penasaran, langsung saja kita bandingkan Wuling Victory dan Toyota Kijang Innova. Mari kita cari tahu kenapa Toyota Kijang Innova begitu populer, dan apakah yakin Toyota Kijang Innova ini masih menjadi pilihan yang baik?

Harga

Poin pertama yang kita bahas tentu saja dari segi harganya, karena sebagai salah satu mobil pabrikan Cina, Wuling Victory diprediksi akan dibanderol dengan harga yang murah. Terbukti, berita yang beredar mengatakan bahwa mobil ini akan dibaderol dengan harga mulai dari Rp197 jutaan, harga yang murah untuk ukuran mobil MPV sekelas Wuling Victory.

Wuling Victory VS Toyota Kijang Innova: Kenapa Masyarakat Indonesia Masih Pilih Toyota? 02

Sementara itu, Toyota Kijang Innova generasi baru dibanderol dengan kisaran harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan mobil pendatang baru tersebut. Mobil ini dibanderol dengan kisaran harga Rp337,9 jutaan hingga Rp440,9 jutaan. Dengan ubahan yang begitu minim pada generasi terbarunya ini, tentu saja banyak yang menyayangkan banderol harga yang dipasang Toyota Kijang Innova karena dianggap tidak sesuai dengan apa yang ditawarkan pada konsumen.

Eksterior dan Interior

Wuling Victory menawarkan dua varian model, sementara Toyota Kijang Innova hadir dalam 16 varian berbeda untuk memenuhi permintaan pasar. Bicara soal dimensi, Wuling Victory memiliki dimensi yang lebih panjang dan lebih rendah dibandingkan dengan Toyota Kijang Innova. 

Wuling Victory VS Toyota Kijang Innova: Kenapa Masyarakat Indonesia Masih Pilih Toyota? 03

Wuling Victory memiliki panjang 4.875 mm, lebar 1.880 mm, tinggi 1.700 mm, serta jarak sumbu roda atau wheelbase 2.800 mm. Sedangkan Toyota Kijang Innova memiliki dimensi panjang 4.735 mm, lebar 1.830 mm, tinggi 1.795 mm dan jarak sumbu roda 2.750 mm.

Bicara soal desainnya mungkin akan sedikit subjektif, mengingat masalah desain memang akan kembali lagi kepada selera masing-masing konsumen. Tetapi secara keseluruhan perlu diakui bahwa desain Wuling Victory memang jauh lebih terkesan modern dan menawan dibandingkan dengan Toyota Kijang Innova.

Wuling Victory VS Toyota Kijang Innova: Kenapa Masyarakat Indonesia Masih Pilih Toyota? 04

Grille depan Wuling Victory menggunakan grille heksagonal baru yang di bagian dalamnya menampilkan kombinasi bilah diagonal dan horizontal. Tidak hanya itu, cluster headlamp yang tipis dan tajam menonjol di bagian atas, dilengkapi dengan foglamp yang juga unik. 

Desain samping dan belakangnya sendiri lebih sederhana, seperti MPV tradisional pada umumnya. Tetapi Wuling Victory menghadirkan beberapa pilihan trim untuk menyesuaikan selera konsumen yang berbeda-beda. 
Sementara itu, pada Toyota Kijang Innova generasi terbaru ini telah diadopsi bahasa desain Toyota yang baru. Bagian Grille dan Headlamp bentuknya menjadi lebih sipit. 

Grille barunya ini juga semakin mewah dengan aksen chrome, sementara headlamp-nya menggunakan LED Projector dengan Auto Leveling. Pada bagian belakangnya sendiri, hanya ada ubahan pada bagian stop lamp baru yang dipadukan dengan reflektor dan bodinya yang lebih mengotak.

Wuling Victory VS Toyota Kijang Innova: Kenapa Masyarakat Indonesia Masih Pilih Toyota? 05

Sekarang kita beralih ke bagian interiornya. Interior Wuling Victory menggunakan kombinasi warna hitam dan beige yang tampak elegan dan mewah. Pada bagian dinding, jok, dan konsol tengahnya sendiri digunakan warna krem dan beige. 

Jok yang digunakan pada mobil ini juga ergonomis dan menggunakan material yang lembut sehingga bisa memberikan kenyamanan yang lebih bagi para penumpangnya.

Wuling Victory VS Toyota Kijang Innova: Kenapa Masyarakat Indonesia Masih Pilih Toyota? 06

Lalu pada Toyota Kijang Innova sendiri, ubahan pada interiornya cukup banyak dibandingkan dengan ubahan yang dimiliki bagian eksteriornya. Ada jok dengan model captain seat, headroom dan legroom yang leluasa, serta kesan mewah yang ditonjolkan oleh penggunaan aksen kayu pada bagian panel instrumennya.

Mesin

Wuling Victory diketahui dibekali dengan dua pilihan mesin berkapasitas 1,5 liter yang dilengkapi turbocharger. Mesinnya dipadukan dengan transmisi CVT dan manual 6 percepatan. Varian CVT-nya bisa menghasilkan tenaga sebesar 177 PS, sementara varian manualnya bisa menghasilkan tenaga sebesar 148 PS. 

Wuling Victory VS Toyota Kijang Innova: Kenapa Masyarakat Indonesia Masih Pilih Toyota? 07

Sementara itu, Toyota Kijang Innova memiliki dua pilihan mesin, yaitu mesin bensin berkapasitas 2,0 Liter dan mesin diesel berkapasitas 2,4 Liter. Mesin bensinnya dipadukan dengan sistem transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 6 percepatan dengan sport sequential switchmatic. Sedangkan mesin dieselnya dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan.

Wuling Victory VS Toyota Kijang Innova: Kenapa Masyarakat Indonesia Masih Pilih Toyota? 08

Di atas kertas, mesin yang dimiliki Toyota Kijang Innova ini menghasilkan tenaga yang sama, baik untuk varian bensin maupun diesel. Semua mesinnya ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 139 PS. Tenaga ini tentu jauh lebih sedikit jika kita bandingkan dengan tenaga yang dihasilkan oleh mesin yang dimiliki Wuling Victory.

Fitur

Untuk fitur hiburan, Toyota Kijang Innova mengandalkan head unit 8 inci yang didukung dengan miracast dan voice command. Sementara Wuling Victory mengandalkan head unit touch screen yang ukurannya lebih besar, yakni 12,3 mm dengan model floating screen.

Wuling Victory VS Toyota Kijang Innova: Kenapa Masyarakat Indonesia Masih Pilih Toyota? 09

Tidak hanya itu, Wuling Victory memang bisa dibilang unggul soal fitur secara keseluruhan. Mobil MPV Cina ini dilengkapi dengan panoramic sunroof, speedometer full TFT, perintah suara, electric parkir brake, jok model captain seat, dan masih banyak lagi. Khusus untuk fitur panoramic sunroof ini memang masih jarang kita temukan pada mobil-mobil sekelasnya, termasuk Toyota Kijang Innova. 

Lalu untuk fitur keselamatannya, Wuling Victory dibekali dengan Adaptive Cruise Control dan Autonomous Emergency Braking. Selain itu, disematkan pula fitur stability control dan 6 buah airbags. Pada mobil ini juga terdapat filter udara PM2.5 dan generator ion negatif yang ampuh menangkal debu, virus, dan bakteri.

Wuling Victory VS Toyota Kijang Innova: Kenapa Masyarakat Indonesia Masih Pilih Toyota? 10

Sementara itu, pada Toyota Kijang Innova, fitur yang dimilikinya tergolong standar meskipun sudah cukup mumpuni. Mobil ini dilengkapi dengan Dual SRS Airbags, Curtain Shield Airbags, Side Airbags, Knee Airbags, Smart Entry, ISOFIX, sistem pengereman ABS, Hill Assist Control, dan Vehicle Stability Control.

Kesimpulan

Setelah melihat dari beberapa perbandingan di atas, rasanya adil jika kita bilang masing-masing model mobil ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Tetapi yang perlu digarisbawahi di sini dan rasanya agak sulit untuk dilewatkan adalah banderol harga Wuling Victory yang jauh lebih murah dibandingkan dengan Toyota Kijang Innova.

Meskipun dibanderol dengan harga yang murah, Wuling Victory memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh Toyota Kijang Innova, bahkan pada generasi terbarunya. Sebut saja, eksterior yang menawan, fitur termutakhir dan lengkap, serta mesin yang jauh lebih bertenaga.

Walaupun Toyota Kijang Innova menawarkan lebih banyak varian, tetapi dalam beberapa hal tersebut, Wuling Victory jelas lebih unggul. Lalu kenapa masih banyak masyarakat Indonesia yang masih setia dengan Toyota Kijang Innova dan enggan untuk berpindah ke mobil Cina seperti Wuling Victory ini. Jawabannya bukanlah rahasia lagi. 

Wuling Victory VS Toyota Kijang Innova: Kenapa Masyarakat Indonesia Masih Pilih Toyota? 11

Citra Toyota Kijang Innova sebagai MPV yang andal di Indonesia masih sangat kuat dan sulit untuk digoyahkan. Kendati ubahan yang terdapat pada setiap faceliftnya tidak signifikan, tetapi mobil ini bisa terus merajai penjualan. Terbukti, periode Januari-Mei 2020 saja, penjualan mobil ini sudah mencapai 13.344 unit. 

Jika Wuling Victory masuk ke Indonesia dan bersaing dengan Toyota Kijang Innova, maka akan ada banyak sekali aspek yang perlu ditingkatkan. Wuling Victory juga tidak diragukan akan butuh waktu yang cukup lama untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen di Indonesia. 

Anissa

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil