Wuling Zhengcheng MPV, Pakai Mesin Almaz Lebih Murah dari Avanza

Evan · 3 Sep, 2021 16:03

Wuling Zhengcheng MPV, Pakai Mesin Almaz Lebih Murah dari Avanza 01

Lebih dari dua bulan semenjak foto teaser MPV sembilan penumpang dengan harga ekonomis bocor, akhirnya secara resmi Wuling Zhencheng diperkenalkan. Mobil ini dibuat khusus untuk menyasar keluarga dengan banyak sanak saudara dan penggunaan komersial.

Hadir dalam tipe Comfort, Luxury, Luxury Plus, dan Commercial, Wuling Zhengcheng 2021 menawarkan konfigurasi sembilan, delapan, dan tujuh kursi. Sebagai MPV termurah Wuling, Zengcheng dibanderol lebih murah dari Toyota Avanza di Indonesia.

Baca Juga:Calon Lawan Toyota Kijang Innova Asal China Wuling Victory 2022 Siap Hadirkan Varian Termewah

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Memakai Desain Hongguang

Wuling Zhengcheng MPV, Pakai Mesin Almaz Lebih Murah dari Avanza 01

Tampak depan mirip Hongguang

Penampilan Wuling Zhengcheng mirip seperti adiknya, Hongguang yang terlihat mengotak khas MPV boxy. Gril depan model trapesium terbalik ditambah logo tradisional Wuling berwarna merah. Lampu depan sayangnya belum LED walaupun sudah diberikan proyektor sebagai standar. 

Wuling Zhengcheng MPV, Pakai Mesin Almaz Lebih Murah dari Avanza 02

Hadir dengan pintu geser

Desain samping masih mencirikan MPV boxy, namun sedikit lebih baik karena Wuling memberikan kesan floating roof melalui pemberian warna hitam di pilar A dan Pilar D. Pintu geser elektris tentunya sudah menjadi standar di kedua sisi, memudahkan keluar masuk penumpang.

Wuling Zhengcheng MPV, Pakai Mesin Almaz Lebih Murah dari Avanza 03

Bagian belakang polos

Ke bagian belakang, desain dari Hongguang masih digunakan oleh Wuling yang terlihat dari lampu dan bumper. Sama seperti di depan, bagian lampu masih menggunakan bohlam biasa. Wajar kalau desain Wuling Zhengcheng terlihat seperti Hongguang Plus yang membesar dan diberi mesin baru.

Ukurannya Lebih Besar dari Toyota Alphard

Wuling Zhengcheng MPV, Pakai Mesin Almaz Lebih Murah dari Avanza 04

Dimensi besar

Zhengcheng memang dirancang untuk memaksimalkan ukuran kabin, sehingga wajar kalau dimensinya membengkak (PxLxT) 5150 mm x 1840 mm x 1895 mm.

Ditambah wheelbasenya yang lebih dari 3 meter, membuatnya sebagai kendaraan penumpang terbesar yang pernah dibuat Wuling.

Baca Juga:Wuling 'Silver Series' 2021, Mobil SUV Terbaru Wuling Dengan Gerak Roda Belakang

Luas Kabin Menjadi Senjata Utama

Wuling Zhengcheng MPV, Pakai Mesin Almaz Lebih Murah dari Avanza 05

Desain interior cukup modern dan terkesan mewah, apalagi dengan tampilan dua warna hitam dan putih. Sayangnya material kabin terasa biasa saja karena pengunaan material plastik keras di sekitar dashboard dan pintu.

Sepertinya plastik keras digunakan untuk durabilitas kabin itu sendiri, mengingat mobil ini akan digunakan sebagai mobil kerja dan mengangkut keluarga.

Hadir Dengan Tiga Konfigurasi Jok

Wuling Zhengcheng MPV, Pakai Mesin Almaz Lebih Murah dari Avanza 06

Konfigurasi 7 seater (kiri), 8 seater (tengah), 9 seater (kanan)

Zhengcheng generasi terbaru ini menawarkan tiga format berbeda pada versi MPV nya. Pertama adalah pilihan sembilan kursi dengan konfigurasi 2+2+2+3. Cocok untuk mengangkut keluarga besar tetapi harus mengorbankan sedikit ruang bagasi.

Jika mengutamakan ruang bagasi, ada baiknya untuk memilih opsi delapan kursi. Masih bisa mengangkut keluarga dengan nyaman dan tidak mengurangi bagasi.

Wuling Zhengcheng MPV, Pakai Mesin Almaz Lebih Murah dari Avanza 07

Varian 9 seater

Versi tujuh penumpang Wuling Zhengcheng 2021 hadir dengan captain seat di kedua kursi baris kedua. Pilihan ini lebih menyasar pada konsumen yang tidak terlalu sering bepergian dengan keluarga besar dan sangat membutuhkan bagasi.

Untuk versi komersil hanya hadir dengan dua kursi, pengemudi dan penumpang saja.

Mesin Pakai Punya Almaz

Wuling Zhengcheng MPV, Pakai Mesin Almaz Lebih Murah dari Avanza 08

Mesin familiar

Bagian Daya Wuling Zhengcheng dilengkapi mesin 1.5 L LJO dengan turbo, sama seperti Almaz. Mesin ini menghasilkan tenaga 142 PS dan torsi puncak 250 Nm.

Tenaga tersebut kemudian disalurkan ke transmisi manual 6 percepatan, sayangnya tidak ada pilihan transmisi otomatis. Mobil ini sendiri berpenggerak roda depan (FWD). 

Harga Setara Toyota Avanza

Wuling Zhengcheng MPV, Pakai Mesin Almaz Lebih Murah dari Avanza 09

Versi van nya, cocok lawan Daihatsu Granmax

Salah satu yang mengejutkan ketika mobil ini diluncurkan adalah harganya. Tipe terbawah untuk komersial dibanderol dengan harga Rp167 jutaan. Harga ini juga sama untuk tipe penumpangnya yaitu tipe Comfort.

Diatasnya tipe Luxury, hadir dengan harga Rp187 jutaan dan tipe termahal yaitu Luxury Plus di angka Rp200 juta. Setiap tipe hadir dalam bentuk tujuh penumpang, sehingga untuk versi 8 atau 9 seater pada tiap tipe harus membayar biaya tambahan sekitar Rp2 jutaan.


Kesimpulan

Wuling berhasil membuat racikan MPV sembilan penumpang dengan kabin yang lapang, pintu geser, dan mesin bertenaga. Sepertinya mobil ini akan laku keras ketika dipasarkan di China tahun ini karena fungsionalitasnya yang terbilang sangat baik. Mobil ini memiliki kabin yang lega dan mampu menampung banyak penumpang.
 

Baca Juga:Si Kembar Beda Negara, Mana Lebih Keren Antara Wuling Confero 2021 Facelift Vs Wuling Hongguang Plus 2021?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Avanza 1.3E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru