window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Yuk, Kenalan Dengan Honda City Hybrid Berteknologi i-MMD Rakitan Malaysia

Anissa · 16 Okt, 2020 11:15

Yuk, Kenalan Dengan Honda City Hybrid Berteknologi i-MMD Rakitan Malaysia 01

Jika sebelumnya Honda City generasi terbaru sudah hadir di Thailand, maka kini giliran Malaysia. Tanggal 13 Oktober 2020 lalu, All New Honda City 2020 resmi diluncurkan di Malaysia. Tetapi banyak juga yang belum tahu bahwa Honda City RS yang diluncurkan di Malaysia merupakan mobil Honda City pertama di dunia yang memiliki teknologi termutakhir dari Honda. Teknologi ini merupakan teknologi mesin two-motor i-MMD (Intelligent Multi-Mode Drive) full hybrid.

Motor pertama adalah motor traksi yang mengendalikan roda-roda dan mengisi ulang high voltage hybrid (traction) battery melalui regenerative braking. Sementara itu, motor kedua berperan sebagai generator yang menyediakan listrik tambahan untuk mendukung kinerja traction battery untuk mengendalikan motor traksi. 

Yuk, Kenalan Dengan Honda City Hybrid Berteknologi i-MMD Rakitan Malaysia 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Teknologi i-MMD Honda City RS yang pertama di dunia ini dirakit secara lokal di Malaysia, dengan menggunakan IPU alias Intelligent Power Unit. Intelligent Power Unit ini sendiri merupakan traction battery dan sistem kontrol yang dibuat di fasilitas perakitan baterai kendaraan hybrid pertama di Malaysia.

Fasilitas perakitan baterai ini dioperasikan oleh Honda Assembly Sdn. Bhd., yang berlokasi di Pegoh, Malaysia. Yang lebih hebatnya lagi, Malaysia merupakan satu-satunya negara yang mendapatkan Honda City RS dengan spesifikasi tertinggi di dunia, karena mobil yang diluncurkan di Malaysia ini memiliki 8 fitur yang bahkan tidak dimiliki oleh mobil Honda City yang sudah meluncur di Thailand. Beberapa fitur tersebut antara lain rear disc brakes, Honda Sensing, LaneWatch, dan electric parking brake. 

Yuk, Kenalan Dengan Honda City Hybrid Berteknologi i-MMD Rakitan Malaysia 01

Sekarang mari kita kembali fokus membicarakan tentang mesinnya. Teknologi i-MMD yang disematkan pada Honda City RS di Malaysia ini akan menyalurkan tenaga yang dihasilkan mesinnya ke roda-roda depan melalui direct drive seperti yang kita temukan pada mobil-mobil listrik. Teknologi ini memang lebih mirip kepada teknologi mobil listrik dibandingkan dengan mobil hybrid pada umumnya.

Mesin bensinnya sendiri menggunakan mesin 4 silinder naturally aspirated DOHC dengan kapasitas 1,5 liter. Dengan konfigurasi mesin hybrid-nya ini, Honda City RS bisa menghasilkan tenaga sebesar 109 PS dan torsi 253 Nm. Tenaga ini tentu cukup besar untuk ukuran mobil hybrid.

Yuk, Kenalan Dengan Honda City Hybrid Berteknologi i-MMD Rakitan Malaysia 02

Memang, mesin ini memiliki transmisi, tetapi tidak memiliki gearbox. Di atas kertas, mobil ini disebutkan memiliki transmisi E-CVT, tetapi perlu diketahui bahwa transmisi bekerja dengan cara yang jauh berbeda dibandingkan dengan transmisi CVT konvensional. Motor elektrik yang dimiliki transmisi inilah yang menyalurkan tenaga dan memberikan pengalaman berkendara yang lebih halus.

Berdasarkan hasil test drive yang dilakukan di Malaysia, Honda City RS 2020 dengan mesin hybrid ini terbukti bisa memberikan pengalaman berkendara yang lebih senyap, bahkan dibandingkan dengan Honda City Hybrid i-DCD dengan transmisi dual clutch 7 percepatan yang merupakan generasi sebelumnya. Penggunaan E-CVT pada mobil ini juga memberikan akselerasi yang lebih halus sehingga berkendara menjadi jauh lebih nyaman. 

Kesimpulan

Kesadaran masyarakat dunia terhadap lingkungan membuat semakin banyak dikembangkannya mobil-mobil dengan tenaga listrik. Meskipun Honda City ini masihlah merupakan mobil Hybrid dan belum sepenuhnya menjadi mobil listrik, tetapi teknologi yang digunakan pada mesinnya sangat canggih. Tidak hanya lebih ramah lingkungan, teknologi i-MMD yang disematkan pada mesin Honda City terbaru ini juga bisa meningkatkan efisiensi energi. 
 

Anissa

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda City Sedan 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil