window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

‘Running-in’mobil baru Anda, apakah masih relevan?

Andy · 8 Sep, 2020 17:17

‘Running-in’mobil baru Anda, apakah masih relevan? 01

‘Running-in’atau‘breaking-in’mobil baru adalah praktik  umum yang sering direkomendasikan oleh produsen mobil dari dulu.

'Running-in' bisa dikatakan meregangkan otot mesin mobil baru, alasannya adalah memperpanjang umur komponen mesin.

‘Running-in’mobil baru Anda, apakah masih relevan? 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Ingin melakukan peregangan ini dengan mudah - kendarai mobil baru Anda untuk mencapai jarak servis pertama (antara sekitar 1.000 hingga 2.000 km). Tapi ingat, jangan mengemudi lebih dari 3.000 - 4.000 rpm agar semua komponen mekanisnya bisa beradaptasi.

Namun, teknologi otomotif telah berkembang pesat, di mana pembuat mobil menggunakan bahan berkualitas lebih baik untuk komponen mekanis mobil. Semua ini dilakukan untuk efisiensi yang lebih tinggi.

‘Running-in’mobil baru Anda, apakah masih relevan? 01

Apakah ini berarti Anda sekarang dapat mengemudikan mobil baru seperti biasa? Belum tentu.

Biasanya saat ada barang baru, kami akan lebih berhati-hati saat menggunakannya. Artinya Anda juga harus lebih berhati-hati dengan mobil baru, betapapun canggihnya teknologinya sekarang.

Jadi, bagaimana cara kita 'menjalankan' mobil baru dengan benar?

‘Running-in’mobil baru Anda, apakah masih relevan? 02

Hindari akselerasi tinggi, pertahankan putaran pada level rendah

Selama periode 'run-in', komponen mesin seperti katup, putaran piston, dan bantalan membutuhkan waktu untuk 'menyesuaikan' dengan benar.

Menekan mesin Anda pada putaran tinggi dengan throttle terbuka lebar akan menyebabkan kerusakan dan korosi dalam jangka panjang. Anda harus menjaga putaran di bawah 3.000 - 4.000 rpm.

‘Running-in’mobil baru Anda, apakah masih relevan? 03

Rem, transmisi, dan ban juga perlu diregangkan / 'running-in'

Tidak hanya mesin, tetapi juga rem, transmisi dan ban membutuhkan 'running-in'. Bahan gesekan pada bantalan rem menekan rotor rem; bersihkan lapisan bahan gesekan paling rapuh dan lepaskan lapisan pelindung pada rotor rem agar dapat mengerem lebih baik.

‘Running-in’mobil baru Anda, apakah masih relevan? 04

Transmisi sering kali terasa lebih kencang dan sedikit lebih ringan pada mobil baru. Biarkan cairan membutuhkan waktu untuk bekerja, tanpa memberi tekanan terlalu banyak pada sistem transmisi dan menghindari mengemudi yang agresif.

Setelah beberapa saat, Anda akan merasakan bahwa mengemudi menjadi lebih lancar.

‘Running-in’mobil baru Anda, apakah masih relevan? 05

Hal yang sama berlaku untuk ban baru yang membutuhkan durasi 'run-in' yang memadai untuk memastikan bahwa ban tersebut memberikan kualitas dan kinerja berkendara yang tepat. Pabrikan ban menambahkan pelumas ke ban baru agar tidak menempel pada cetakannya.

Sedikit pelumas ini masih tertinggal di permukaan ban baru Anda, mengurangi sedikit cengkeraman hingga lepas sepenuhnya.

‘Running-in’mobil baru Anda, apakah masih relevan? 06

Hindari mengemudi jarak pendek, kendarai sedikit lebih jauh

Perjalanan singkat seperti menyekolahkan anak atau pergi ke supermarket terdekat sangat tidak cocok untuk tujuan ini karena mesin tidak memiliki cukup waktu untuk mencapai suhu panas yang optimal. Mesin dingin harus bekerja sedikit lebih keras, menyebabkan tekanan tinggi pada siklus oli mesin yang dapat menyebabkan kondensasi.

Sama halnya saat pulang dari perjalanan jauh, di mana Anda harus mengistirahatkan mobil untuk menurunkan suhu bukannya berhenti secara tiba-tiba.

‘Running-in’mobil baru Anda, apakah masih relevan? 07

Kesimpulannya

Ada beberapa alasan penting mengapa Anda harus meregangkan atau ‘run-in’ mobil baru Anda. Mobil Anda akan berjalan lebih mulus dan efisien dalam jangka panjang karena mesin baru belum mencapai efisiensi puncaknya sebelum mencapai jarak tempuh yang disarankan.

‘Running-in’mobil baru Anda, apakah masih relevan? 08

Untuk komponen mekanis mobil, 'running-in' akan membantu meningkatkan performa mesin, transmisi dan rem karena lebih sedikit gesekan serta komponen yang bekerja sama secara harmonis. Ketika semua bagian bekerja dengan baik dan siklus oli / pelumas lancar, itu akan memastikan kinerja dan kesehatan yang optimal untuk tahun-tahun mendatang.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil