Rp 204,20 - 233,45TBC Juta

Harga di Indonesia

Daihatsu Luxio Spesifikasi
Segmen
Tipe bodiCommercial
Jenis penggerakFWD
Kapasitas mesin1.5L
Tenaga97PS
Tempat Duduk8

Daihatsu Luxio Daftar Harga Varian Mobil

Wajib Baca

Kelebihan

  • Interior Luas

  • Desain Interior Lebih Elegan dan Mewah

  • Hemat Bahan Bakar Berkat Sistem Electronic Fuel Injection

  • Performa Mesin Mumpuni

  • Dilengkapi Cup Holder dan Armrest

Kekurangan

  • Minim Fitur Teknologi dan Keselamatan

  • Cup Holder dan Armrest Mengurangi Kapasitas Penumpang Saat Digunakan

  • Fitur Tipe D Tidak Selengkap Tipe X

Daihatsu Luxio Gambar

Eksterior

Interior

Daihatsu Luxio Ulasan

  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur
  • Mesin dan Performa
  • Kesimpulan
  • Overview


    Mencari mobil yang bisa muat banyak untuk bisnis travel dan perjalanan dengan harga yang terjangkau? Daihatsu Luxio 2020 bisa menjadi pilihan yang memberikan kenyamanan serta rasa berkendara yang menyenangkan di perkotaan.

    Harga

    ModelHarga
    Daihatsu Luxio 1.5 D M/TRp204 jutaan
    Daihatsu Luxio 1.5 X M/TRp222 jutaan
    Daihatsu Luxio 1.5 X A/TRp233 jutaan

    Spesifikasi

    Mesin
    Tipe Mesin3SZ-VE DOHC VVT-i berpendingin air
    Kapasitas Silinder1.495 cc
    Tenaga Maksimal97 PS @ 6.000 rpm
    Torsi Maksimal134 Nm @ 4.400 rpm
    Transmisi5-percepatan manual dan 4-percepatan otomatis
    Sistem PenggerakRear-wheel drive
    Dimensi
    P x L x T4.215 x 1.710 x 1.915 mm
    Jarak Pijak Depan1.440
    Jaak Pijak Belakang1.420
    Wheelbase2.650 mm
    Ground Clearance180 mm
    Radius Putar5.2 m
    Kaki-Kaki dan Suspensi
    Suspensi DepanMacPherson Strut with Coil Spring and Stabilizer
    Suspensi Belakang5-link Rigid-axio with Coil Spring
    Rem DepanVentilated Disc
    Rem BelakangDrum
    Ukuran Ban195/65 R15
    Velg15 inci alloy

    Sejarah

    Daihatsu Luxio merupakan minivan yang dikembangkan oleh Daihatsu dan diproduksi di oleh Astra Daihatsu Motor di Indonesia sejak Februari 2009. Luxio dibuat berdasarkan Daihatsu Gran Max sehingga memiliki beberapa kesamaan bagi model komersial andalan Daihatsu tersebut.

    Luxio diposisikan di atas Gran Max untuk versi penumpang kelas atas. Mengandalkan bodi yang lebih lebar, lebih tinggi, dan memiliki ubahan kosmetik yang lebih elegan dibandingkan Gran Max yang mampu mengangkut hingga 8 orang dengan nyaman.


    Ketika pertama kali dipasarkan di Indonesia, Daihatsu Luxio memiliki tiga pilihan varian, yaitu Luxio D, M, dan X. Hanya saja trim M tak lagi dipasarkan sejak edisi facelift Luxio. Hingga kini, Luxio hanya ditawarkan dalam dua pilihan varian saja, Luxio D dan Luxio X sebagai varian tertinggi.

    Daihatsu Luxio terbaru merupakan bagian dari facelift generasi pertama yang diperkenalkan pada Februari 2014 silam. Dalam keterangannya, desain baru yang ditampilkan merupakan karya asli dari desainer Indonesia, Mark Widjaja.


    Berapa perubahan minor pada Daihatsu Luxio 2020 menawarkan tampilan yang lebih segar, termasuk ubahan apda fasia depan dengan tambahan aksen chrome pada grille. Sayangnya beberapa fitur tak lagi dipasang karena permintaan yang tak begitu besar.

    Daihatsu Luxio dikenal sebagai salah satu pilihan mobil untuk usaha travel atau bisnis pariwisata dengan tampilannya yang elegan namun harga yang terjangkau. Bersaing dengan model lain di segmen minivan komersial seperti Suzuki APV, intip review Daihatsu Luxio di bawah ini.

  • Eksterior

    Meskipun tak semewah Toyota Alphard atau Mercedes-Benz V-Class, tapi Luxio bisa dibilang menyajikan kenyamanan serta tampilan yang elegan sebagai mobil van komersial. Terlebih dengan tampilan luar yang memadukan aksen chrome pada beberapa bagian. 

    Bagian depan dipenuhi dengan grille dengan bilah chrome yang lebar dengan logo Daihatsu pada bagian tengah. Dilengkapi lampu depan berbentuk kotak yang dibuat semakin besar dibandingkan edisi sebelum facelift.

    Bumper bawah dengan kisi-kisi yang cukup lebar untuk mengalirkan udara ke dalam mesin yang terletak di bagian depan mobil. Bagian depan Daihatsu Luxio juga dilengkapi dengan fog lamp yang akan membantu pengemudian di malam hari.

     Dari samping, kesan minimalis terasa tanpa berbagai aksen dan aksesoris. Besar kemungkinan untuk mengurangi biaya produksi. Hanya ada sedikit list chrome di bagian bawah yang menghiasi sliding door, meski belum mendapatkan pengaturan bukaan elektris.

     

    Aksesoris lainnya seperti spion berlapis chrome dengan fungsi retractable dan electric mirror untuk kesan elegan. Ground clearance mencapai 180 mm dipadukan dengan dimensi yang panjang, lebih dari 4 meter, memberikan kabin yang lapang untuk delapan orang. 


    Bilah chrome juga tersemat pada eksterior belakang. Diapit oleh lampu belakang yang dikelilingi oleh aksen chrome. Selain rear spoiler yang melengkapi tampilan belakang, jendela belakang cukup besar dengan visibilitas yang baik. Mengingat dimensi mobil Daihatsu Luxio yang boxy sehingga memiliki banyak blind spot.

  • Interior

    Untuk sekelas mobil komersial, Luxio memiliki berbagai fitur kenyamanan yang sudah mumpuni. Terlihat dari perpaduan material plastik dengan aksen dual tone pada dashboard dan trim pintu. Terdapat glovebox untuk menyimpan barang-barang selama berkendara.  

    Ada head unit berlayar sentuh yang terintegrasi dengan dashboard bersama fungsi audio guna memutar MP3 maupun radio AM/FM. Untuk Luxio bertransmisi otomatis, tuas persneling bisa ditemukan tertanam pada bagian tengah dashboard, tepat di bawah head unit.

    Secara keseluruhan, Luxio menawarkan panel layar berukuran minimalis guna menunjang kebutuhan infotainment dan akses beberapa sistem yang ditawarkan pada mobil. Termasuk kenop AC berbentuk vertikal pada sisi kiri dan kanan head unit.

    Setir palang tiga khas Daihatsu masih menemani pengendaraan. Belum ada fombol multi fungsi layaknya model terbaru Daihatsu. Tapi Luxio sudah dilengkapi dengan instrument kluster yang menawarkan berbagai informasi seputar kendaraan, seperti konsumsi bahan bakar dan bahan bakar yang tersisa. 

    Keunggulan Luxio terdapat pada kabin yang terasa luas dengan ruang kaki dan ruang kepala yang lapang dikarenakan desain boxy yang digunakan. Kursi berbalut material fabric memang tak semewah lapisan kulit, tetapi sudah cukup nyaman untuk menemani sepanjang perjalanan. 

    Terdapat cupholder pada armrest dan bantalan kursi sehingga meningkatkan kepraktisan di dalam mobil. Kursi baris kedua Daihatsu Luxio sudah dipasang fitur one touch tumble sehingga memudahkan penumpang ketika akan melipat kursi hanya dalam satu sentuhan.

    Ruang bagasi cukup baik dibandingkan pesaingnya di segmen yang sama. Bisa menampung hingga beberapa tas jika kursi baris ketiga terisi penuh. Tapi dengan bangku baris ketiga diangkat, bagasi belakang mendapatkan tambahan ruang untuk barang bawaan.  

  • Fitur

    Untuk sebuah minivan yang fokus pada kenyamanan dan dimensi kabin yang lapang, bisa dibilang Luxio masih kurang memberikan sistem keselamatan layaknya mobil penumpang lainnya. Bahkan mobil ini belum mendapatkan fitur airbag.

    Hanya saja Daihatsu Luxio mengandalkan sasis bodi yang tak mudah ringkih karena menawarkan struktur bodi monokok. Bodi monokok mampu memberikan frame bodi yang kuat namun ringan. Rangka jenis ini bisa meredam benturan dengan baik ketika terjadi tabrakan.

    Namun Luxio bukan tanpa sistem keselamatan. Dua penumpang depan dan dua penumpang samping pada baris kedua serta baris ketiga sudah mendapatkan 3-point seatbelt. Sedangkan penumpang tengah pada baris kedua dan ketiga hanya mendapatkan 2-point seatbelt.

    Sebenarnya generasi pertama Luxio sudah mendapatkan opsi fitur keselamatan Anti-lock Braking System yang bisa didapatkan pada model pra-facelift untuk Daihatsu luxio varian X dan M. Namun, pilihan ini tak lagi diberikan karena kurangnya permintaan dari konsumen di Tanah Air.

  • Mesin dan Performa

    Luxio yang dipasarkan di Indonesia hanya menawarkan satu pilihan mesin, yaitu mesin 3SZ-VE 1.5L dengan teknologi DOHC dan VVT-i (Variable Valve Timing with intelligence) sehingga menghasilkan mesin yang lebih efisien. 

    Mesin 1.5L masih sama seperti generasi pertama tanpa perubahan meski sudah mendapatkan facelift. Tenaga maksimal yang ditawarkan mencapai 97 PS pada putaran 6.000 rpm serta torsi maksimal 134 Nm pada putaran 4.400 rpm.

    Ada pilihan transmisi 5-percepatan manual serta 4-percepatan otomatis yang menyalurkan tenaga ke roda belakang. Sebelumnya varian D mendapatkan pilihan transmisi otomatis. Tapi setelah facelift, Luxio D hanya ditawarkan dalam transmisi manual.

    Daihatsu Luxio juga memiliki berbagai keunggulan dalam hal mesin, termasuk mesin yang tangguh dengan perawatan yang mudah. Tangguh di berbagai medan, Daihatsu Luxio bekas juga masih banyak dicari di pasar mobil bekas Tanah Air. 

    Dari segi performa, keluaran mesin 1.5L milik Luxio memang tak begitu besar dibandingkan mobil penumpang lainnya. Hanya saja Luxio menawarkan tenaga yang lebih besar dari pesaingnya, Suzuki APV. Sedangkan untuk pengendaraan di dalam kota, Luxio masih terasa bertenaga dibawa bermanuver. 


    Meski suara mesin masih terasa ketika berkendara, perpindahan transmisi terasa mulus, terlebih ketika menggunakan transmisi otomats 4-percepatan. Ketika kecepatan mesin naik guna menghasilkan akselerasi yang lebih cepat terjadi pada putaran mesin 2.500 rpm.

    Meski tampilannya tak begitu agresif, tapi Luxio menawarkan berbagai kelebihan dalam hal mesin. Bisa dibilang tak memiliki performa yang mentereng, Daihatsu menjawabnya dengan konsumsi bbm Daihatsu Luxio yang cukup baik.

  • Kesimpulan

    Daihatsu Luxio 2020 merupakan minivan yang menawarkan berbagai kenyamanan bagi penumpang. Menjadikannya cocok sebagai mobil komersial yang bisa mengangkut hingga 8 penumpang di dalam kabin tanpa perlu berdesak-desakan. 

    Luxio dikenal karena memiliki ruang kabin yang lapang serta berbagai kemudahan dalam hal fitur dan teknologi berkendara. Termasuk sistem pengereman ABS yang memberikan rasa aman ketika berkendara di jalanan yang licin atau sehabis hujan.

    Dengan harga Daihatsu Luxio baru yang terjangkau, tentu saja kelengkapan mobil Daihatsu Luxio tak begitu masif dibandingkan model yang lebih premium. Tapi Luxio tetap bisa menawarkan pengendaraan yang menyenangkan sebagai mobil komersial untuk penumpang kelas atas.

Daihatsu Luxio FAQ

  • Apakah Daihatsu Luxio tersedia di Driving assistance image?

    • Brendan248

      Brendan248

      Tidak, Daihatsu Luxio tidak tersedia di Driving assistance image.

  • Apakah Daihatsu Luxio memiliki Pengaturan Kursi Penumpang Depan?

    • Courtnee C

      Courtnee C

      Tidak, Daihatsu Luxio tidak memiliki Pengaturan Kursi Penumpang Depan.

  • Apa Jenis rem belakang dari Daihatsu Luxio?

    • Aranda.G

      Aranda.G

      Berikut adalah Jenis rem belakang dan varian Daihatsu Luxio:

      VarianDaihatsu Luxio 1.5 D M/TDaihatsu Luxio 1.5 X M/TDaihatsu Luxio 1.5 X A/T
      Jenis rem belakangDrumsDrumsDrums

Model Populer

VS