Rp 248,50 - 290,70TBC Juta

Harga di Indonesia

Honda BRV Spesifikasi
Segmen
Tipe bodiSUV
Jenis penggerakFWD
Kapasitas mesin1.5L
Tenaga120PS
Tempat Duduk7

Honda BRV Daftar Harga Varian Mobil

Wajib Baca

Kelebihan

  • Eksterior Modern dan Mewah

  • Interior Lebih Luas

  • Legroom dan Headroom Mumpuni

  • Efisiensi Bahan Bakar Tinggi

  • Perpindahan Gigi Pada Varian Transmisi Manual Lebih Halus

  • Pengendaraan Pada Varian Transmisi CVT Lebih Responsif

Kekurangan

  • Tidak Memiliki Banyak Ubahan Dari Versi Sebelumnya

  • Masih Menggunakan Front Wheel Drive, Kurang Nyaman di Tanjakan

Honda BRV Gambar

Eksterior

Interior

Honda BRV Ulasan

  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur
  • Mesin dan Performa
  • Kesimpulan
  • Overview

    Honda BR-V nyaman masuk ke dalam pertarungan SUV kompak di Indonesia. Desainnya menawan dengan handling yang mengesankan khas Honda. Tersedia beberapa pilihan varian yang ditawarkan. Sedangkan harga Honda BR-V 2020 dimulai dari Rp251 jutaan untuk model entry level Honda BR-V S 6MT hingga Rp293 jutaan bagi Honda BR-V Prestige CVT yang ditawarkan sebagai varian tertinggi.

    Honda BR-V merupakan model terbaru Honda yang dipasarkan dalam gaya SUV crossover kompak dan mulai diproduksi sejak 2016. Dirakit di pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat, edisi facelift dari SUV Segmen C ini meluncur pada 25 April 2019. BR-V ditawarkan dengan dua pilihan transmisi, 6-percepatan manual dan CVT, serta satu model mesin saja, yaitu mesin L15Z1 1.5L 4-silinder bertenaga bensin.

    Harga Honda BR-V :

    Model
    Harga
    Honda BR-V S M/T Rp 248.900.000
    Honda BR-V EM/T Rp 264.200.000
    Honda BR-V E CVT Rp 274.400.000
    Honda BR-V Prestige Rp 291.300.000
    Spesifikasi Honda BR-V :
    Mesin Honda BR-V 2020
    Tipe Mesin L15 1.5L 4-silinder segaris SOHC o-VTECC + DBW
    Kapasitas Silinder 1.497 cc
    Tenaga Maksimal 120 PS @ 6.600 rpm
    Torsi Maksimal 145 Nm @ 4.600 rpm
    Transmisi 6-percepatan manual dan CVT
    Sistem Penggerak Front-wheel drive
    Dimensi Honda BR-V 2020
    P x L x T 4.456 x 1.735 x 1.666 mm
    Wheelbase 2.662 mm
    Jarak Pijak Depan 1.500 mm
    Jarak Pijak Belakang 1.500 mm
    Ground Clearance 201 mm
    Kaki-Kaki dan Suspensi Honda BR-V 2020
    Suspensi Depan MacPherson Strut
    Suspensi Belakang H-Shape Torsion Beam
    Rem Depan Ventilated Disc
    Rem Belakang Drum
    Ukuran Ban 215/45 R17195/60 R16
    Velg 16 inci bold alloy

    Sejarah Honda BR-V

    Honda BR-V masuk ke dalam segmen Low SUV yang dipasarkan PT Honda Prospect Motor sejak 2016 silam. BR-V berbagi platform dengan generasi kedua Honda Mobilio dan diproduksi berdasarkan platform Honda Brio yang dibuat lebih panjang.

    Prototipe Honda BR-V pertama kali meluncur pada Gaikindo Indonesia International Auto Show tahun 2015. Pengembangannya sendiri dilakukan oleh Honda R&D Asia Pasific Co., Ltd yang berbasis di Thailand. BR-V menjadi mobil ketiga yang dikembangkan setelah Honda Amaze dan Mobilio.


    Menurut Tomoki Uchida, Direktur HPM Indonesia, BR-V dirilis sebagai jawaban atas meningkatnya permintaan pelanggan akan kebutuhan SUV murah dengan desain ramping dan mampu memuat 7 penumpang dalam sekali perjalanan.

    Karena itu BR-V dikembangkan di ASEAN dengan menyasar kelas menengah. Popularitasnya cukup baik. Bahkan ketika pertama kali diperkenalkan di Indonesia, BR-V melesat menjadi jualan terbaik kedua dari Honda di Indonesia.


    Karena itu, tiga tahun kemudian Honda memperkenalkan edisi facelift guna menyegarkan tampilannya. BR-V dibuat lebih sporty dengan sedikit perubahan pada eskterior dan peningkatan fitur. Tak perlu menunggu lama, intip review Honda BR-V 2020 di bawah ini.

  • Eksterior

    Honda BR-V 2019 mendapatkan facelift minor dengan ubahan eksterior dibuat sporty. Desain grille depan dengan aksen depan menghadirkan fasia yang lebih gelap. Meskipun lampu depan bertenologi LED tidak mendapatkan ubahan pada facelift kali ini.


    Melengkapi tampilan depannya terdapat desain bumper serta under spoiler yang lebih kokoh ditambah Daytime Running Light berteknologi LED. Ada aksen chrome pada foglamp house yang membuatnya berbeda dibandingkan edisi sebelumnya.


    Guratan tegas masih menghiasi tampilan samping. Menjalar hingga garis bahu yang kekar dan bergaya maskulin. Ground clearance yang tinggi, mencapai 201 mm, membuat BR-V cukup nyaman ketika diajak berkendara di medan bergelombang.

    Kemudahan dirasakan ketika membuka pintu tanpa kunci dengan sistem keyless entry. Velg 16 inci mendapatkan ubahan, kali ini dengan tampilan dual tone. Melengkapi sisi sampingnya ada roof rail berwarna perak untuk membantu ketika membawa barang di atas atap mobil.


    Mobil BR-V sudah mendapatkan shark fin atenna, rear under spoiler serta desain bumper yang lebih sporty. Terdapat reflektor dengan tampilan vertikal pada sisi samping, tepat di atas bumper bawah dengan warna perak yang mengesankan.

  • Interior

    Dibandingkan edisi sebelum facelift Honda BR-V 2020 kali ini mendapatkan ruang kabin yang lebih besar dengan desain interior baru serta aksen maron pada kursi, armrest pintu, serta kemudi dan tongkat persneling. Menawarkan kesan elegan di dalam mobil.


    Ada pola baru pada dashboard dengan sentuhan cover kulit pada tongkat persneling. Membuat tampilan konsol tengah terasa lebih mewah. Menghinasi tampilan tengah terdapat head unit layar sentuh 8 inci bergaya floating dengan sistem infotainment terbaru Honda.

    Kemudahan dalam memutar audio melalui Bluetooth serta koneksi nirkabel untuk smartphone akan memberikan kepraktisan ketika harus berkendara dalam waktu lama. Jika bosan, terdapat hingga radio AM/FM yang bisa diaktifkan sebagai teman perjalanan. 


    Setir tiga palang dilengkapi dengan aksen chrome khas Honda. Ada Audio Steering Switch guna memudahkan pengaturan audio tanpa melepaskan tangan pada kemudi. Tipenya hampir sama dengan yang digunakan pada Honda Jazz keluaran tahun 2008.

    Walaupun sudah mendapatkan sistem rack and pinion, ada sedikit kelemahan pada bagian setir. Yaitu fitur tilt yang diberikan belum dibarengi dengan pengaturan teleskopik. Sehingga butuh akal lain untuk mendapatkan posisi berkendara yang paling nyaman di belakang kemudi.


    Tapi ruang kaki dan ruang kepala yang diberikan cukup lapang. Meskipun dengan dimensi yang cukup kompak. Mengingat pengaturan kursi bisa menampung hingga tujuh orang di dalam mobil, ruang ketiga masih cukup berterima bagi penumpang dewasa.


    Kepraktisan lainnya terasa pada headrest baris kedua yang bisa diatur sesuai dengan posisi kepala. Jok yang tebal dan empuk juga dilengkapi one touch system sehingga membuat pelipatan kursi menjadi lebih mudah bagi penumpang yang ingin masuk ke baris ketiga.


    Belum ada catatan tentang ruang bagasi. Tapi kapasitas penyimpan di belakang cukup baik jika ingin membawa barang-barang kebutuhan sehari-hari ke dalam mobil. Butuh ruang tambahan, kursi baris ketiga bisa ‘dilelapkan’ untuk menambah penyimpanan di belakang.

  • Fitur

    Dibandingkan pesaingnya yang lebih baru, BR-V memang memiliki fitur keselamatan yang tidak terlalu banyak. Hanya ada dual front SRS Airbag serta sistem pengereman Anti-lock Braking System dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD).


    Tapi tambahan terbaru dalam fitur keselamatan aktif yang diberikan termasuk Hill Start Assist (HAS) serta Vehicle Stability Control (VSC). Kedua fitur baru ini memberikan rasa berkendara yang lebih nyaman serta sangat membantu dalam bermanuver.


    Selain itu, BR-V tak ketinggalan mendapatkan struktur rangka G-CON ditambah teknologi ACE cukup baik dalam meredam benturan. BR-V generasi pertama sudah mendapatkan peringkat bintang lima pada pengujian tes tabrakan ASEAN NCAP tahun 2016. 

  • Mesin dan Performa

    Mesin

    Karena perubahan kali ini hanya bersifat facelit atau ubahan minor, mesin yang digunakan masih sama seperti edisi sebelumnya. Hanya ada satu mesin yang tersedia, yaitu L15Z1 i-VTEC 4-silinder dengan keluaran tenaga 120 PS pada putaran 6.600 rpm dan torsi puncak hingga 145 Nm pada 4.600 rpm.


    Dilihat dari sisi tenaga, BR-V memiliki tenaga maksimal yang cukup baik dibandingkan pesaingnya di segmen Low SUV. Ada dua pilihan transmisi yang tersedia, yaitu 6-percepatan manual serta transmisi CVT dengan teknologi Earth Dreams khas Honda.

    Teknologi yang sudha dibagikan pada sebagian besar moel Honda di Indonesia menghadirkan kinerja dan performa mengemudi yang tinggi didukung efisiensi bahan bakar yang lebih irit. Sistem ini disebut menawarkan teknologi canggih yang ramah lingkungan dan memberikan rasa berkendara yang menyenangkan.

    Performa & Handling
    Ketika Honda memperkenalkan edisi facelift dari BR-V ada 2019 lalu, pihak Honda sendiri menyebutkan bawah BR-V sudah dilengkapi dengan mesin berkinerja tinggi. Tenaga yang besar membuatnya mampu menempuh semua kondisi jalan.


    Handling LSUV Honda ini bisa dibilang masih biasa. Tidak terlalu menyenangkan, tapi tidak terlalu buruk. Feedback setir tidak terlalu baik. Tapi perpindahan gigi, terlebih pada transmisi CVT yang masih digunakan tetap terasa halus.

    Tenaga yang dikeluarkan cukup baik, apalagi ketika digunakan untuk berkendara di luar kota. Hanya saja tambahan Hill Start Assist dan Vehicle Stability Assist cukup membantu memberikan rasa berkendara yang lebih baik dibandingkan versi sebelum facelift.


    Tapi cukup terasa sedikit perubahan pada sistem suspensi yang dirasakan. Dibandingkan pesaingnya yang memiliki suspensi yang kaku, suspensi BR-V menawarkan suspensi yang empuk namun tidak terlalu bergoyang ketika dibawa di jalanan bergelombang.

    Konsumsi BBM

    Honda BR-V sudah melengkapi pembaruan mesin dengan memenuhi standar emisi gas buang Euro IV yang disarankan oleh pemerintah Indonesia terhadap mobil-mobil baru Tahan Air. Gas buang yang lebih bersih memberikan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.

    BR-V memang mengandalkan tenaga yang cukup besar serta bobot yang cukup berat. Hal ini berpengaruh pada konsumsi bahan bakar yang bisa dibilang tidak terlalu irit. Tak jauh berbeda dengan model SUV lainnya di segmen yang sama.


    Honda belum mengeluarkan catatan resmi konsumsi bbm Honda BR-V. Tapi pada beberapa pengujian yang dilakukan oleh media, disebutkan bagaimana efisiensinya hanya tercatat 8-9 km/L untuk pengendaraan di dalam kota, namun bisa meningkat hingga 10-12 km/L di luar kota dengan kecepatan yang lebih stabil.

  • Kesimpulan

    Penjualan yang semakin menurun membuat Honda membawa penyegaran pada eksterior serta menawarkan berbagai teknologi baru pada Honda BR-V. Tampilannya menjadi lebih sporty masih dengan kabin yang lapang dan nyaman.

    Di dalam, penambahan fitur baru membuat BR-V lebih mudah untuk dikendalikan. Walaupun beberapa fitur hanya bisa didapatkan pada varian tertinggi. Tapi dari segi mesin dan transmisi, belum ada pembaruan yang signifikan.

    Tapi dengan harga yang ditawarkan, mobil Honda BR-V masih terbukti sebagai pilihan Low SUV yang menarik. Belum lagi ditambah dengan sistem keselamatan baru serta rangka yang kokoh menjadikannya sebagai salah satu kendaraan teraman Honda dalam meredam tabrakan.

Honda BRV FAQ

  • Apa Lampu depan otomatis dari Honda BRV?

    • DTrainTravel...

      DTrainTravel...

      Berikut adalah Lampu depan otomatis dan varian Honda BRV:

      VarianHonda BRV S 6MTHonda BRV E MTHonda BRV E CVTHonda BRV Prestige CVT
      Lampu depan otomatisNNNN
  • Apakah Honda BRV memiliki Electronic Brake-force Distribution (EBD)?

    • Collett

      Collett

      Ya, Honda BRV memiliki Electronic Brake-force Distribution (EBD), yaitu: Honda BRV S 6MT, Honda BRV E MT, Honda BRV E CVT, Honda BRV Prestige CVT.

  • Apakah Honda BRV tersedia di Bluetooth?

    • CG74

      CG74

      Tidak, Honda BRV tidak tersedia di Bluetooth.

Model Populer

VS