Rp 775,75 Juta - Rp 828,80 Juta
Spesifikasi Toyota 86
Segmen Icon
Segmen
Sportcar
Tipe Bodi Icon
Tipe Bodi
Coupe
Jenis Penggerak Icon
Jenis Penggerak
AT, MT
Kapasitas Mesin Icon
Kapasitas Mesin
1998 L
Tenaga Icon
Tenaga
200 PS
Tempat Duduk Icon
Tempat Duduk
4
Toyota 86 2025 - 2026 ditawarkan dalam 3 varian - mula Rp 775,75 Juta - Rp 828,80 Juta hingga Rp 828,80 Juta, varian entry levelnya yaitu Toyota 86 M/T Rp 775,75 Juta dan varian tertinggi Toyota 86 ditawarkan dengan harga Rp 828,80 Juta.
2019 | N/A | N/A Harga Mobil
Rp 828,80 Juta
Rp 8,36 Juta/bulan
Rp 782,15 Juta
Rp 7,89 Juta/bulan
Rp 775,75 Juta
Rp 7,82 Juta/bulan
Berbasiskan Daihatsu Charmant, Modifikasi Toyota AE86 Jadi-jadian Ini Sabet Penghargaan 20 Mobil Modifikasi Terbaik di IMX 2024

Toyota 86

Berbasiskan Daihatsu Charmant, Modifikasi Toyota AE86 Jadi-jadian Ini Sabet Penghargaan 20 Mobil Modifikasi Terbaik di IMX 2024

Berbagai aliran modifikasi mobil ditampilkan di IMX 2024 mulai dari yang simpel hingga ekstrim sekalipun. Mobil modifikasi dengan dilakukan banyak...

Hadir di Indonesia, New Toyota GR86 2024 Dapat Ubahan Biar Lebih Sat-set di Trek

Toyota 86

Hadir di Indonesia, New Toyota GR86 2024 Dapat Ubahan Biar Lebih Sat-set di Trek

Mendengarkan beberapa masukan dari para pembalap dan sports car enthusiast, PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan New Toyota GR86 2024 dengan...

Galeri Mobil Konsep Toyota di Japan Mobility Show 2023, Mulai Rangga Concept hingga Toyota FT-Se

Toyota 86

Galeri Mobil Konsep Toyota di Japan Mobility Show 2023, Mulai Rangga Concept hingga Toyota FT-Se

Ajang Japan Mobility Show (JMS) 2023 hari ini mulai dibuka khusus untuk media. Di ajang pameran otomotif yang sebelumnya dikenal...

Toyota FT-Se dan FT-3e Gebrak Japan Mobility Show 2023, Calon GR Series Bermesin Listrik?

Toyota 86

Toyota FT-Se dan FT-3e Gebrak Japan Mobility Show 2023, Calon GR Series Bermesin Listrik?

Toyota FT-Se dan Toyota FT-3e seakan menggebrak Tokyo Big Sight tempat dimana berlangsungnya pameran Japan Mobility Show (JMS) 2023 di...

Edisi Khusus Toyota GR86 Untuk Rayakan 40 Tahun Corolla AE86 Hanya Tersedia 200 Unit Di Jepang

Toyota 86

Edisi Khusus Toyota GR86 Untuk Rayakan 40 Tahun Corolla AE86 Hanya Tersedia 200 Unit Di Jepang

Para penggemar mobil JDM alias Japan Domestic Market sejatinya tak akan pernah lupa dengan Toyota AE86 alias Trueno yang tenar...

Toyota GR86 Edisi Khusus Sudah Mendarat di Indonesia, Calon Incaran Kolektor

Toyota 86

Toyota GR86 Edisi Khusus Sudah Mendarat di Indonesia, Calon Incaran Kolektor

Toyota GR86 10th Anniversary terpantau sudah mendarat di Indonesia Harganya lebih dari Rp1 Miliar. Pakai tema warna oranye di eksterior...

Toyota 86 2025 memiliki 39 gambar dan foto, termasuk 14 gambar & foto Exterior, 18 gambar & foto Interior, 7 gambar & foto Others, dan lain-lain. Cek tampilan depan, tampilan belakang, tampilan samping, dan tampilan atas Toyota 86 2025 baru di sini.
Pros Icon

Kelebihan

  • Desain Toyota 86 Sporty dan Modern

  • Gaya Toyota 86 Berkendara Sportscar

  • Toyota 86 Nyaman dan Stabil Dikendarai

  • Toyota 86 Dilengkapi Fitur Lengkap

Cons Icon

Kekurangan

  • Mesin Toyota 86 Kurang Bertenaga

  • Toyota 86 Kurang Kepraktisan

  • Pajak Toyota 86 yang Tinggi

  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur
  • Mesin dan Performa
  • Kesimpulan

Overview

Toyota 86 adalah model fastback coupe dengan tampilan desain menawan khas Toyota. Dikembangkan oleh Toyota dan Subaru dan dipasarkan dengan nama Subaru BRZ di beberapa pasar, Toyota 86 adalah sportscar Segmen S ketika dibawa ke Indonesia pada 1 Juni 2012 silam. Dari tiga pilihan versi yang dibawa ke Indonesia, Toyota 86 hanya bermodalkan satu mesin saja, yaitu 4U-GSE 2.0 4-silinder.

Toyota 86 yang merupakan sport Coupe compact ini hasil perpaduan antara Toyota dan Subaru. i Eropa dikenal dengan nama Toyota GT-86, di Amerika kondang dengan sebutan Scion FR-S, dan Subaru memasarkannya sebagai Subaru BRZ. Dalam penjualan pertamanya di Indonesia, mobil ini diimpor dari Jepang sebanyak 40 unit dan langsung terjual habis.

Harga Toyota 86

Bukan hanya Toyota Supra, tapi Toyota 86 menjadi pilihan sports car dengan harga yang cukup terjangkau dibandingkan model lain yang ada di Indonesia. Meskipun begitu, performanya tak jauh ketinggalan dibandingkan model legendaris Toyota tersebut. Harga Toyota 86 jauh lebih murah dibandingkan Supra GR. Mulai dari Rp775 jutaan untuk Toyota FT 86 M/T serta Rp816 jutaan bagi Toyota GT 86 A/T TRD yang lebih sporty.

Daftar Harga Toyota 86
Toyota 86 M/TRp 775.750.000
Toyota 86 A/TRp 782.150.000
Toyota 86 TRD A/TRp 816.950.000

Spesifikasi Toyota 86 :

Mesin Toyota 86 2020
Tipe MesinBoxer D-4S 2.0L 4-silinder 16 katup DOHC
Kapasitas Silinder1.998 cc
Tenaga Maksimal200 PS @ 7.000 rpm
Torsi Maksimal2-5 Nm @ 6.400 rpm
Transmisi6-percepatan manual dan 6-percepatan otomatis
Sistem PenggerakRear-wheel drive
Dimensi Toyota 86 2020
PxLxT4.240 x 1.775 x 1.320 mm
Jarak Pijak Depan1.520 mm
Jarak Pijak Belakang1.540 mm
Wheelbase2.570 mm
Ground Clearance124 mm
Kaki-Kaki dan Suspensi Toyota 86 2020
Suspensi DepanMacPherson Strut
Suspensi BelakangDouble Wishbone
Rem DepanVentilated Disc
Rem BelakangVentilated Disc
Pelek/Ukuran Ban215/45 R17
Velg17 inci alloy

Sejarah Toyota 86

Selain di Indonesia, Toyota memasarkan sports car yang diproduksi bersama Subaru ini di Eropa dengan nama Toyota GT 86, Toyota FT 86 di Jamaika dan Nikaragua, dan Scion FR-S di Amerika dan Kanada. Hingga kini, 86 menjadi salah satu pilihan sports car Toyota paling terjangkau dibandingkan Toyota Supra GR.

Elemen desain awal Toyota 86 diperkenalkan dengan nama Future Toyota (FT). Yang pertama adalah Toyota FT-HS yang dipamerkan pada North American International Auto Show tahun 2007. Bermesin depan dan penggerak roda belakang, tempat duduk 2+2, serta mesin V6 dengan bantuan motor listrik.

Dipimpin oleh Tetsuya Tada, Toyota mengajak Subaru yang ikut mengembangan mesin boxer D-4S terbaru. Kolaborasi ini menghasilkan Toyota FT-86 Concept yang debut pertama di Tokyo Motor Show 2009. Lebih kecil dari FT-HS, elemen desainnya tetap sama dengan mesin ED2 bertenaga hybrid digantikan mesin boxer D-4S baru.

Pengembangannya hampir mendekati hasil jadi ketika Toyota dan Subaru meluncurkan Toyota FT-86 II Concept pada 2011 di Geneva Motor Show. Dengan fasia depan dan belakang yang baru, model konsep ini semakin mirip dengan 86 yang dipasarkan saat ini.

Versi produksi Toyota 86 memulai debutnya di Toyota Motor Show pada Desember 2011 dan masuk ke Indonesia setahun setelahnya. Awalnya, sudah ada 7.000 pesanan dalam sebulan pertama produksi. Sehingga populasi Toyota FT 86 bekas tidak begitu banyak.

Karena harganya yang cukup terjangkau, banyak yang mengubah tampilan mobil ini. Beberapa Toyota 86 modif bisa ditemukan melaju di jalanan di segala penjuru dunia. Dan masih dipasarkan hingga saat ini, intip review Toyota 86 2020 lebih lengkap di bawah ini.

Eksterior

 Eksterior Toyota 86

Tak kalah dengan Toyota Supra, eksterior Toyota 86 menawarkan desain yang sporty nan melandai khas coupe dua pintu. Tampilan depannya terlihat garang dengan lampu depan berteknologi proyektor HID yang membujur ke belakang.

Grille Toyota 86 yang besar guna memberikan asupan udara yang dibutuhkan dalam berkendara terpampang menghiasi fasia depan. Bumper bawah dilengkapi dengan lampu kabut yang akan menemani ketika berkendara di jalanan berkabut atau pada saat hujan.

Dengan mesin yang terletak di depan, bonnet dibuat memanjang sehingga mempertegas tampilan sports car milik Toyota 86. Hingga ke spoiler dan bagasi belakang, siluetnya terkesan sensual mengandalkan tampilan yang aerodinamis milik Toyota.

Dari samping, desain coupe terlihat jelas dengan atap belakang yang sangat landai. Cukup mempengaruhi ruang kepala di bangku belakang.Toyota 86 hanya dibekali dengan dua pintu dilengkapi dengan velg 17 inci.

Beralih ke belakang Toyota 86, bodi yang atletis terlihat dari guratan halus di atas bagasi dengan lampu belakang berteknologi LED. Ada aksen sde air scoop dengan emblem Toyota 86, termasuk double exhaust dan sayap belakang yang bisa didapatkan pada versi TRD.

Interior

Interior Toyota 86

Dashboard khas mobil balap menghiasi tampilan dalam beserta head unit serta pengaturan HVAC. Kualitas material yang ditawarkan pun mempertegas kesan premium di dalam Toyota 86. Interior didominasi warna hitam dengan sedikit aksen merah pada jahitan kulit Alcantara.

Setir Toyota 86 dengan pengaturan yang sporty akan menemani sepanjang perjalanan. Setir palang tiga berlapis kulit dengan bagian tengah yang membulat terasa seperti kemudi mobil balap. Apalagi ditambah dengan paddle shift yang memberikan rasa berkendara yang lebih sporty.

Toyota 86 memang diperioritaskan untuk penggemar mobil balap, tak begitu praktis untuk pemakaian sehari-hari. Terlebih bagi mereka yang sudah berkeluarga. Terlihat dari pemilihan kursi 2+2 dengan ruang yang tak terlalu lapang di belakang.

Atap Toyota 86 yang melandai membuat bangku belakang memiliki ruang kepala yang rendah. Bahkan ruang kaki tidak begitu nyaman untuk anak-anak. Kursi baris depan bahkan bisa dibuat lebih mundur sehingga menghilangkan ruang kaki pada kursi belakang.

Tapi Toyota tetap memberikan ruang penyimpanan pada bagasi belakang Toyota 86. Meskipun tidak terlalu besar, tetapi bisa digunakan untuk menyimpan tas berukuran kecil. Jika perlu, kursi belakang bisa direbahkan untuk menambahkan kapasitas penyimpanan di dalam mobil.

Fitur

Fitur Toyota 86

Layaknya mobil performa lainnya, Toyota memberikan beberapa fitur keselamatan tingkat tinggi pada Toyota 86. Hanya saja model yang sudah lama tanpa pembaruan perlu mendapatkan peningkatan pada bagian sistem bantuan berkendara.

Namun, dengan harga yang ditawarkan, Toyota 86 sudah mendapatkan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), serta Brake Assist (BA) yang sangat membantu mendapatkan pengereman yang optimal selama berkendara.

Fitur keselamatan aktif lainnya termasuk Traction Control (TRC) serta teknologi Vehicle Stability Control (VSC). Melengkapi sistem keselamatan Toyota 86 terdapat airbag pada bagian depan dan sisi samping pengemudi dan penumpang di dalam kabin.

Mesin dan Performa

Mesin Toyota 86

Memiliki tenaga dan kapasitas mesin yang sama dengan Subaru BRZ, mesin yang digunakan pada Toyota 86 dikenal dengan kode 4U-GSE. Mesin boxer 4-silinder berkapasitas 1.998 cc ditambah dengan sistem injeksi D-4S dari Toyota yang menggunakan sistem injeksi langsung.

Dengan mesin depan serta penggerak roda belakang, mesinnya memiliki rasio kompresi 12,5:1. Tenaga yang dihasilkan pun tak main-main. Di mana Toyota 86 mampu menyemburkan tenaga 200 PS pada 7.000 rpm serta torsi maksimal 205 Nm pada putaran 6.400 rpm.

Ditawarkan dengan dua pilihan transmisi, girboks manual Toyota TL70 6-percepatan serta transmisi otomatis 6-percepatan Aisin-Warner A96E yang dimodifikasi dari Lexus IS 250. Differensial slip terbatas baya torsen merupakan fitur standar pada mobil ini.

Performa & Handling Toyota 86

Suaranya yang sangar langsung menggelegar dengan mesin Boxer milik Toyota 86. Tenaga yang besar membuatnya mudah berakselerasi. Girboks 6-percepatan terasa tepat menghadirkan tenaga optimal yang ditawarkan pada mesin.

Salah satu perbedaan terdapat pada transmisi otomatis yang menggunakan tiga mode berkendara: Sport, Salju, dan Normal. Tentu saja tidak ada mode berkendara ECO. Mengingat mobil ini merupakan sports car, rasa berkendara dan akselerasinya patut diperhitungkan.

Model Sport akan mendeteksi batas putaran mesin serta pengaturan timing, terlebih pada transmisi otomatis. Sehinga tarikan tetap sangar. Belum lagi ditambah paddle shift yang terdapat pada lingkar kemudi memberikan rasa berkendara yang sporty.

Toyota tak ketinggalan mengklaim bodi yang aerodinamis akan memberikan rasa berkendara dan performa yang lebih baik. Terlebih ketika dibawa bermanuver dalam kecepatan tinggi. 86mendapatkan pusat gravitasi yang rendah, sehingga handling lebih presisi dan menyenangkan ketika dibawa bermanuver.

Konsumsi BBM Toyota 86

Tak perlu berharap banyak terhadap efisiensi bahan bakar yang ditawarkan. Mengingat sports car dilihat dari performanya, bukan irit atau tidak irit konsumsi bbm-nya. Tapi gravitasi yang rendah dan aerodinamika bodi cukup berguna mengurangi konsumsi bahan bakar.

Sejak generasi pertama Toyota 86 masih tetap menggunakan mesin 4-silinder tanpa tenaga turbo. Sehingga konsumsi bahan bakar tak lebih boros dibandingkan dengan mesin V6 yang dikembangkan pada versi mobil konsepnya.

Ketika pertama kali diperkenalkan di Indonesia, pihak PT Toyota Astra Motor mengungkapkan konusmsi bbm Toyota 86 mulai dari 9,3 km/L untuk pengendaraan di dalam kota. Konsumsinya semakin efisien ketika dibawa ke luar kota dengan 12,75 km/L.

Kesimpulan

Segmen sports car hanya diminati oleh sebagian orang. Tapi Toyota 86 menawarkan rasa berkendara yang fun-to-drive dari desain mobil balap Toyota dengan harga yang tak terlalu tinggi. Apalagi Toyota 86 bekas dengan harga yang lebih rendah menjadi komoditas menarik di pasar mobil bekas.

Layaknya sports car lainnya, kepraktisan bukanlah kekuatan utama mobil ini. Pengaturan kursi 2+2 ditambah bagasi yang tidak terlalu besar membuat Toyota 86 tidak terlalu praktis ketika dibawa untuk pengendaraan harian.

Toyota 86 menawarkan rasa berkendara yang cukup sporty serta handling yang menyenangkan. Meski belum bisa mengalahkan raja sports car Toyota Supra, tapi harganya yang terjangkau dibandingkan saudaranya menawarkan sports car yang lebih merakyat dari Toyota.

Toyota 86 Colors
Toyota
Daihatsu
Honda
Chery
Mitsubishi
Suzuki
Nissan
Wuling
Volkswagen
Datsun
Mercedes-Benz
BMW

Berikut adalah Tipe bodi dan varian Toyota 86:

VarianToyota 86 M/TToyota 86 A/TToyota 86 TRD A/T
Tipe bodiCoupeCoupeCoupe

Berikut adalah Jumlah tempat duduk(buah) dan varian Toyota 86:

VarianToyota 86 M/TToyota 86 A/TToyota 86 TRD A/T
Jumlah tempat duduk(buah)444

Berikut adalah Gearshift paddle dan varian Toyota 86:

VarianToyota 86 M/TToyota 86 A/TToyota 86 TRD A/T
Gearshift paddleNYY

Tidak, Toyota 86 tidak tersedia di Collision avoidance system(CAS).

Tidak, Toyota 86 tidak memiliki Airbag lutut.

Compare Listings

Compare (0)