Toyota Avanza

Rp 191,10 - 221,25 TBC Juta
  • MPV Tipe bodi
  • 1.3 - 1.5 L Kapasitas mesin
  • RWD Jenis penggerak
  • 97 - 104 PS Tenaga
Cek Specs

Toyota Avanza Varian

2019 | 1.3 L | -
1.3E AT

Rp 202,30Juta

Rp 4,62Juta/pembayaran

1.3E MT

Rp 191,10Juta

Rp 4,36Juta/pembayaran

1.3G AT

Rp 219,65Juta

Rp 5,01Juta/pembayaran

1.3G MT

Rp 208,95Juta

Rp 4,77Juta/pembayaran

2019 | 1.5 L | -
1.5G MT

Rp 221,25Juta

Rp 5,05Juta/pembayaran

lebih

Specs Utama dari Toyota Avanza

Segmen Segmen B
Tipe bodi MPV
Jenis penggerak RWD
Kapasitas mesin 1.3 - 1.5 L
Tenaga 97 - 104 PS
Tempat Duduk 7
Lihat Specs Toyota Avanza

Review Toyota Avanza

  • Overview

    Siapa yang tak kenal dengan Toyota Avanza? MPV terlaris milik Toyota ini dengan mudahnya bisa ditemukan hingga pelosok negeri. Apa yang membuat mobil ini banyak diminati sebagai mobil keluarga? Berikut ulasannya.

    Harga

    Tipe Harga
    Toyota Avanza E 1.3 MT Rp198.150.000
    Toyota Avanza E 1.3 AT Rp209.350.000
    Toyota Avanza G 1.3 MT Rp216.000.000
    Toyota Avanza G 1.5 AT Rp226.700.000
    Toyota Avanza E 1.5 MT Rp228.300.000

    Spec

    Mesin
    Tipe 1NR-VE 1.3L 16V DOHC Dual VVT-i 2NR-VE 1.3L 16V DOHC Dual VVT-i
    Isi Silinder 1.329 cc 1.496 cc
    Tenaga Maksimum 95 hp @ 6.000 rpm 102.5 hp @ 6.000 rpm
    Torsi Maksimum 120 Nm @ 4.200 rpm 136 Nm @ 4.200 rpm
    Transmisi 4-percepatan otomatis dan 5-percepatan manual
    Sistem Penggerak Rear-wheel-drive
    Dimensi
    P x L x T 4.190 x 1.660 x 1.695 mm
    Jarak Poros Roda 2.655 mm
    Kaki-Kaki dan Suspensi
    Rem Depan/Belakang Disc/Drum
    Suspensi Depan Macpherson Strut
    Suspensi Belakang Multi-Link
    Velg 185 / 70 R14

    Sejarah

    Ketika pertama kali diperkenalkan pada Gaikindo Auto Expo pada tanggal 11 Desember 2003, Toyota Avanza menjadi pelopor kendaraan Multi-Purpose Vehicle di Indonesia. Pengembangan mobil ini tidak hanya dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor, tetapi juga melibatkan PT Astra Daihatsu Motor (PT ADM).

    Julukan “Mobil Sejuta Umat” diberikan pada MPV terpopuler dan terlaris untuk keluarga di Indonesia. Bahkan sejak 17 tahun diperkenalkan, popularitas Avanza terlihat dari penjualannya yang selalu melampaui pesaing lain di segmen MPV.

    Generasi pertama diperkenalkan dalam dua varian saja, mesin 1.3 E dan 1.3 G bermesin 1.3L dan pilihan transmisi manual 5-percepatan. Toyota membawa transmisi otomatis 4-percepatan setahun setelahnya.
    Tahun 2006 Avanza mendapatkan fitur Anti-Lock Braking System (ABS) serta pilihan mesin 1.5L yang sudah menggunakan teknologi VVT-i. Generasi kedua hadir pada 2011 dengan dimensi yang lebih panjang. Ubahan ini membuat bagasi bertambah luas.

    Persaingan di segmen MPV yang semakin sengit membuat Toyota memperkenalkan ubahan baru tahun lalu. Namun bukannya menghadirkan generasi ketiga, Toyota Avanza hanya mendapatkan penyegaran berupa facelift. Versi ini yang bisa Anda dapatkan saat ini. Mari kita simak ulasan terbaru Toyota Avanza 2020.

  • Eksterior

    Tampilan luar menjadi bagian penting yang mendapatkan perubahan pada facelift tahun lalu. Walaupun segi eksterior masih mempertahankan DNA Avanza yang tercipta dari generasi kedua.
    Tampilan depan menjadi ubahan yang paling signifikan, dimana lampu utama mendapatkan split headlamp yang juga digunakan pada Toyota Vellfire dan Toyota Voxy.
    Desain bumper depan menghadirkan lekukan yang tegas, membuatnya terkesan lebih sporty. Grille masih sama, namun ada aksen chrome pada grill radiator pada tipe G yang menawarkan kesan mewah.
    Di samping tak banyak perubahan. Dimana dimensi masih sama dengan generasi kedua. Fitur baru yang disematkan termasuk electric mirror yang bisa Anda atur melalui tombol yang ada pada bagian samping setir.
    Desain velg juga masih menggunakan tampilan single tone, dibandingkan Avanza Veloz yang sudah memiliki velg dual tone. Yang menarik perhatian adalah terdapat shark fin antenna pada sisi atap.
    Tapi tampilan lama masih diperhatikan pada eksterior belakang. Lampu belakang vertikan dengan kurva pada bagian samping. Varian G menggunakan lens extender, namun dengan desain split untuk menghadirkan kesan padu dengan lampu depan.
    Pada bagian atas terdapat rear spoiler yang membuat tampilannya lebih sporty. Pintu bagasi mendapatkan aksen chrome melintang, hampir sama dengan tampilan depan. Dan di bawah ada lekukan di kanan dan kiri pada bumper.

  • Interior

    Dibandingkan bagian luar, kabin juga mendapatkan berbagai peningkatan. Tapi bukan hanya dalam hal tampilan, tetapi juga fitur yang diberikan.

    Pengaturan AC digital sudah bisa dirasakan pada semua tipe. Selain itu, head unit juga sudah menggunakan layar sentuh sehingga membuat tampilannya terasa lebih modern.

    Pada dashboard Anda bisa menemukan celah kecil untuk menaruh kartu. Dengan sebagian besar jalan tol sudah menggunakan e-toll, kompartemen ini jelas membantu untuk kenyamanan Anda selama berkendara.

    Setir juga sudah menggunakan tombol multi-fungsi yang akan memudahkan Anda mengatur fitur-fitur yang terdapat pada mobil ini. Pengaturannya sudah memiliki teknologi tilt, meskipun belum telescopic.
    Kursi berlapiskan bahan fabric yang nyaman masih menghiasi bagian kabin. Dengan harga yang ditawarkan, tentu saja berat bagi Toyota memberikan kursi berlapis kulit. Tapi hal ini bisa dimaklumi, mengingat bahan fabric cukup empuk ketika diduduki.

    Pada varian G, baris kedua dilengkapi dengan power outlet yang bisa digunakan untuk mengisi daya smartphone. Sedangkan pada baris ketiga terdapat slot USB sebagai pengisi daya.

    Kapasitas bagasi masih sama dengan sebelum facelift. Walaupun bisa dibilang kursi baris ketiga tak terlalu lapang, namun kapasitas bagasi Toyota Avanza 2020 bisa dibilang cukup besar untuk menampung kebutuhan sehari-hari Anda.

    Yang menjadi masalah adalah kursi baris ketiga yang tidak bisa dilipat rata lantai seperti MPV lainnya. Pengaturan ini bisa mengurangi kapasitas ruang penyimpanan. Terlebih ketika Anda membawa barang yang cukup panjang.

    Menambah kenyamanan pada ruang kabin, Avanza baru sudah mendapatkan tambahan insulation di tiga titik; yaitu rear floor, shift floor, serta panel dashboard. Semua tambahan ini terbukti meningkatkan kesenyapan kabin dan meningkatkan kenyamanan berkendara.

  • Fitur

    Fitur keselamatan Toyota Avanza 2020 masih dilengkapi dengan Dual SRS Airbag, 3-point seatbelt, Side Impact Beam, dan pengaman ISOFIX. Sistem pengereman Anti-Lock Braking System disematkan pada setiap varian. Hanya saja baru tipe 1.3 G ke atas yang sudah mendapatkan fitur sensor parkir.

    Fitur lain yang sudah bisa Anda dapatkan yaitu start stop engine yang bisa membantu Anda untuk menghidupkan mobil tanpa kunci. Fitur ini juga dilengkapi immobilizer sebagai sistem keamanan untuk mencegah pencurian.

    Selain itu, Toyota Avanza juga sudah mendapatkan fitur child lock. Meskipun bukan fitur yang mentereng, tetapi bisa memudahkan Anda ketika berkendara bersama anak-anak.

  • Mesin dan Performa

    Mesin yang digunakan masih sama dengan generasi sebelumnya. Mengandalkan mesin berkapasitas 1.329 cc 4-silinder segaris yang sudah dilengkapi dengan teknologi Dual VVT-i. Tenaga yang dihasilkan mencapai 95 daya kuda pada 6.000 rpm serta torsi maksimal 120 Nm pada putaran 4.200 rpm.
    Tapi bagi Anda yang merasa membutuhkan tenaga lebih, Anda bisa mendapatkan mesin 1.5L yang digunakan pada varian tertinggi Avanza. Tenaga yang dihasilkan mencapai 102.5 daya kuda serta torsi puncak mencapai 136 Nm. Sayangnya Avanza 1.5 G hanya ditawarkan dalam versi transmisi otomatis.
    Performa dan handling
    Menggunakan mesin yang sama dengan generasi sebelumnya, bisa dibilang tak ada perubahan berarti dalam hal performa yang diberikan. Mengingat mobil ini masih tetap nyaman untuk dikendarai di jalanan perkotaan.
    Tapi satu hal yang berbeda dari Avanza saat ini adalah peningkatan pada suspensi. Pengaturan suspensi yang baru akan meningkatkan kenyamanan berkendara.
    Pihak Toyota sendiri menyebutkan peredam kejut atau shockbreaker pada bagian depan dan belakang Avanza dibuat lebih solid. Coil spring diganti dengan daya punter yang lebih kecil. Bushing dibuat lebih rigid sehingga membuat pengendalian lebih mudah dibandingkan sebelumnya.
    Ubahan baru Avanza juga mendapatkan peningkatan pada power steering dengan tuning baru. Sehingga lebih ringan ketika akan memarkirkan mobil. Sedangkan untuk memberikan selama berada pada kecepatan tinggi, setir akan terasa lebih berat ketika berada pada kecepatan tinggi.
    Mesin 2NR-VE yang pada awalnya digunakan untuk kendaraan penggerak roda depan menjadi halus ketika digunakan pada penggerak roda belakang. Getaran yang dulu dirasakan pada setir dan bangku pengemudi tak lagi terasa.
    Dari dua transmisi yang digunakan, keduanya memiliki kesan berkendara yang cukup baik. Perpindahan gigi pada transmisi manual terasa ringan, walaupun masih terasa kurang solid.

  • Kesimpulan

    Perubahan tahun lalu memberikan penyegaran yang dibutuhkan oleh Avanza untuk berhadapan dengan lawan-lawannya yang semakin banyak. Saat ini, suspensi dibuat lebih empuk dan kabin lebih kedap dibandingkan generasi sebelumnya.
    Namun belum ada perubahan pada bagian mesin, sehingga membuat tenaga dan torsi yang dikeluarkan masih sama dengan sebelumnya. Belum lagi akomodasi yang masih sempit pada baris ketiga jika dibandingkan dengan kompetitor.
    Namun melihat penjualan dan performa Toyota Avanza 2020 di pasar otomotif Tanah Air, tampian baru yang memberikan kenyamanan berkendara dengan harga yang cukup menawan. Membuat mobil ini menjadi menjadi salah satu pilihan terbaik bagi keluarga saat ini.

Bandingkan
0
Cari perbandingan (0/4)