Total, ada delapan tipe yang tersedia di Toyota Calya 2021. Salah satu tipe yang memiliki opsi transmisi metik dan manual yaitu Toyota Calya tipe G. Selisih harganya sih lumayan, mencapai Rp 12 jutaan.
Sebagian orang mungkin sudah yakin dengan pilihannya, akan memilih tipe manual maupun matik. Tetapi sebagian lagi tentunya masih ragu, transmisi apakah yang sesuai untuk Toyota Calya mereka nanti.
Sebelum melangkah lebih jauh, kita harus mengetahui jenis transmisi dari masing-masing varian. Untuk Toyota Calya metik, memakai transmisi metik konvensional empat percepatan. Sementara untuk manualnya, memakai lima percepatan.
Mesinnya 3NR-VE, berkapasitas 1.170 cc. Tidak besar memang, tapi sudah cukup untuk kondisi berbagai jalan aspal di Indonesia. Oleh karena itu, pilihan transmisi ini sifatnya subjektif sesuai selera. Kalian yang ogah repot main kopling, ada transmisi metik.
Segmen | Segmen B |
Tipe bodi | MPV |
Jenis penggerak | AT / MT |
Kapasitas mesin | 1.2 L |
Tenaga | 88 PS |
Tempat Duduk | 7 |
Toyota Calya dan saudaranya, Daihatsu Sigra hadir berkat inisiasi PT Toyota Astra Motor dengan PT Astra Daihatsu Motor yang menghadirkan alterntif lebih murah dari MPV 7-Seater populer seperti Avanza dan Xenia.
Daihatsu memamerkan mobil konsep UFC-3 di IIMS 2014, yang digadang gadang jadi basis LMPV 7-Seater yang lebih murah dari Avanza-Xenia. Dua tahun berselang, tepatnya pada GIIAS 2016, Toyota Calya dan Daihtsu Sigra resmi diperkenalkan ke publik.
Toyota Calya pun cukup diminati dengan dimensi yang sangat kompak, mesin yang irit bbm, serta kemampuan mengangkut 7 penumpang. Ya, pada dasarnya Calya dan Sigra adalah LCGC versi 7-Seater sebagai alternatif Avanza-Xenia.
Setelah tiga tahun, Toyota Calya mendapatkan facelift yang diluncurkan pada September 2019. Ubahan yang didapat lumayan banyak, terutama bagian eksterior dan fitur yang kini semakin lengkap.
Sama seperti kembarannya, MPV kompak Toyota Calya debut tahun 2016 dan mengalami sedikit penyegaran pada 16 September 2019 silam. Meskipun produk Toyota, tapi mobil MPV Segmen A ini diproduksi di pabrik Astra Daihatsu Motor di Karang, Jawa Barat. Berbeda dengan Sigra, Toyota Calya hanya mendapatkan satu pilihan mesin, yaitu 3NR-VE 1.2L 4-silinder dengan bahan bakar bensin dan teknologi DOHC dan Dual VVT-i.
Ekonomis, ramah lingkungan, muat banyak penumpang. Tiga hal itu nampaknya jadi kata kunci Toyota Calya 2021 menyihir para konsumen Indonesia untuk meminangnya.
Toyota Caly 2021 sendiri kini sudah cukup lama eksis di Tanah Air. Meluncur secara perdana di tahun 2016 silam, Toyota Calya 2021 sudah mendapati satu kali penyegaran.
Di tahun 2019 lalu, PT Toyota Astra motor memberikan penyegaran ringan alias facelift. Improvisasi di bagian eksterior dan interior menjadikannya semakin menarik minat konsumen.
Toyota Calya 2021sendiri lahir dengan skema mirip dengan beberapa model kembar Toyota-Daihatsu lainnya. Toyota Calya 2021 memiliki kembaran bernama Daihatsu Sigra dengan perbedaan di eksterior ada di bagian bumper dan grill.
Toyota Calya dikembangkan bersama Daihatsu Sigra sebagai mobil Low Cost Green Car (LCGC) di Indonesia. Inilah yang membuat harganya sangat terjangkau, namun tetap menawarkan kabin yang lapang. Harga Toyota Calya terbaru 2020 mulai dari Rp147 jutaan untuk Toyota Calya E MT yang menjadi varian terendah, serta varian tertinggi dihargai Rp165 jutaan untuk Toyota Calya G AT.
Daftar Harga Toyota Calya | ||
---|---|---|
Toyota Calya E M/T | Rp 147.350.000 | |
Toyota Calya G M/T | Rp 153.650.000 | |
Toyota Calya G A/T | Rp 165.850.000 |
Mesin Toyota Calya | ||
---|---|---|
Tipe Mesin | 3NR-VE 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i | |
Kapasitas Silinder | 1.197 cc | |
Tenaga Maksimal | 88 PS @ 6.000 rpm | |
Torsi Maksimal | 107 Nm @ 4.200 rpm | |
Akselerasi 0-100 km/jam | 12,5 detik | |
Konsumsi bahan bakar | 14 km/liter (dalam kota) 20 km/liter (jalan tol) | |
Transmisi | 5-Speed Manual & 4-Speed Automatic | |
Sistem Penggerak | Front-wheel Drive |
Dimensi Toyota Calya | ||
---|---|---|
Wheelbase | 2.525 mm | |
Radius Putar | 4,5 m |
Kaki-kaki dan Suspensi Toyota Calya | ||
---|---|---|
Suspensi Depan/Belakang | MacPherson Strut with Coil Spring & Stabilizer / Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring & Stabilizer | |
Rem Depan/Belakang | Ventilated Disc Brake / Drum, Leading - Trailing / Mekanis pada Roda Belakang | |
Pelek | R14 Dual-tone Polished Alloy | |
Ukuran Ban | 175/65 R14 |
Harga Toyota Calya Terjangkau, mulai dari Rp.147 Juta
Toyota Calya Memiliki Head Unit Layar Sentuh Dengan Berbagai Fitur
Setir Toyota Calya Multifungsi, Lebih Mudah Mengatur Audio
Hemat Bahan Bakar
Kabin Toyota Calya Lebih Luas
Toyota Calya Dilengkapi Berbagai Fitur Keselamatan
Toyota Calya Belum Memiliki AC Double Blower
Setir Toyota Calya Hanya Berteknologi Tilt, Kurang Fleksibel
Mesin Toyota Calya Kurang Bertenaga