Rp TBCTBC Juta

Harga di Indonesia

Spesifikasi Volkswagen Golf
SegmenSegmen C
Tipe bodiHatchback
Jenis penggerak-
Kapasitas mesin1.4L
Tenaga140PS
Tempat Duduk4

Harga dan Varian Volkswagen Golf

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Kelebihan&Kekurangan Volkswagen Golf

Kelebihan

  •  Kabinnya lebih modern 

  • Banyak teknologi baru yang disematkan 

  • Banyak pilihan mesin 

  • Konsumsi bahan bakarnya cukup irit berkat sistem hybrid

Kekurangan

  •  Desain eksterior sepintas mirip dengan yang lama 

  • Harganya lebih tinggi dibandingkan kompetitor sekelasnya 

  • Belum diketahui kapan akan dipasarkan di Indonesia

Review Volkswagen Golf

  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur
  • Mesin dan Performa
  • Kesimpulan
  • Overview

    Volkswagen Golf sudah ada di dunia otomotif cukup lama. Volkswagen Golf pertama kali diperkenalkan pada 1974 hingga sekarang sudah generasi kedelapan.

    Volkswagen Golf generasi kedelapan ini juga disebut dengan Volkswagen Golf Mk8 atau Golf 8. Mobil tersebut pertama kali diperkenalkan di Wolfsburg, Jerman, pada 2019.

    Hatchback lima pintu ini dibanderol 20.000 poundsterling atau sekitar Rp 369 jutaan. Volkswagen Golf Mk8 memiliki beberapa pesaing, seperti Ford Focus, BMW 1 Series, Mazda 3, Audi A3, dan lainnya.

    Volkswagen Golf dibekali dengan tiga pilihan mesin, yakni mesin bensin 1.0 liter dan 1.5 liter, serta mesin diesel 2.0 liter. Selain itu, dibekali juga dengan motor listrik 48 V. Mesinnya dipadukan dengan sistem transmisi otomatis DSG 7 percepatan

  • Eksterior

    Desain Volkswagen Golf

    Volkswagen Golf setia dengan konsep desain yang diusung. Sejak generasi pertama hingga generasi kedelapan, mobil ini memiliki desain yamg kompak. Meskipun, desainnya mengikuti perkembangan zaman, tidak benar-benar kotak seperti generasi awal.

    Untuk Golf Mk8, bagian depannya bisa dikatakan mengalami evolusi yang signifikan. Ujung depannya memiliki lengkungan ke bawah dan lebih menonjol. Lalu, desain lampu depan dibuat lebih sipit. Jadi, tampangnya terlihat lebih agresif dan mengintimidasi.

    Lampu depannya juga sudah menggunakan teknologi matriks LED. IQ.LIGHT LED menampilkan 22 LED individu per matriks. Lampu tersebut dapat menyala secara otomatis hingga sepuluh cara yang berbeda. Untuk lampu sein, Golf Mk8 juga memanfaatkan strip LED lebar. Sehingga, pengguna jalan lain lebih bisa mengetahuinya dibandingkan dengan lampu sein biasa.

    Dilihat dari samping, Golf Mk8 dibekali pelek dengan diameter 17 inci yang memiliki detail chrome dengan bentuk bintang. Uniknya, mobil ini terlihat lebih luas. Padahal, dimensinya sedikit lebih ramping dari model sebelumnya.

    Tampak belakang, desainnya tidak mengalami perubahan yang signifikan seperti pada bagian depan. Desain lampu belakang sekarang lebih tajam. Agar komposisinya lebih enak, logo Golf ditemmpatkan tepat di bawah logo Volkswagen yang ada di tengah. Knalpot dengan model trapezium masih memiliki bentuk yang sama dan juga menyatu dengan bumper. Spoiler pada atap menutupi sedikit bagian kaca belakang. Sehingga, kaca belakangnya jadi terkesan lebih kecil.

    Volkswagen Golf Mk8 dibangun dengan platform MQB Evo. Platform tersebut juga digunakan pada Audi A3 Mk4, SEAT Leon Mk4, dan Skoda Octavia Mk4. Selain di Wolfsburg, mobil ini juga dirakit di pabrik Volkswagen di Foshan, China.

  • Interior

    Interior Volkswagen Golf

    Di bagian dalam kabin Volkswagen Golf Mk8, bisa dibilang ubahan yang dilakukan pabrikan mobil asal Jerman ini cukup besar. Desain interiornya jadi lebih modern, tapi tetap memiliki desain yang khas. Salah satu sisi modernnya adalah berkurangnya tombol konvensional pada bagian dasbor.

    Konsep yang diusung pada dasbor Golf Mk8 ini adalah Innovision Cockpit. Teknologi tersebut diadopsi dari Touareg. Pada Golf Mk8 juga menjadi era baru, di mana instrumen analog telah ditinggalkan. Panel instrumen sudah menggunakan layar digital, dengan ukuran yang berbeda, sesuai dengan tipenya. Kontrol baru diposisikan di sebelah kiri instrumen, dekat dengan tombol pemanas kaca depan dan kaca belakang.

    Setirnya tetap dilengkapi dengan beragam tombol multifungsi. Tampilannya terasa mewah dengan detail aksen chrome. Di belakang setirnya terdapat paddle shift untuk memberikan sensasi berkendara yang berbeda.

    Untuk tempat duduknya, Volkswagen Golf Mk8 sudah menggunakan model sport. Meskipun, belum sampai menggunakan model semi bucket. Menurut klaim resminya, mobil ini dapat menampung hingga lima orang dewasa, dengan dua orang di depan dan tiga orang di belakang. Tapi, tidak disebutkan mengenai kapasitas ruang kepala dan ruang kakinya. Penumpang belakang juga diberikan kenyamanan dengan adanya three zone climate control yang dinamakan Air Care Climatronic dan fungsi Smart Climate.

    Kapasitas bagasi tidak terlalu luas dan juga tidak terlalu sempit, masih cukup untuk membawa barang bawaan sehari-hari. Di lantai bagasi, tentunya sudah diberikan ban serep.

  • Fitur

    Fitur Volkswagen Golf 

    Volkswagen Golf Mk8 tidak hanya mengalami perubahan dari eksterior dan interiornya saja. Mobil ini juga mendapatkan peningkatan dari segi fitur dan teknologi. Salah satunya adalah diintegrasikannya asisten virtual Alexa yang dikembangkan oleh Amazon pada mobil ini.

    Melalui kontrol suara, pengemudi bisa mengontrol pemutar musik, memeriksa cuaca atau berita, hingga mengontrol perangkat yang kompatibel lainnya. Sistem kontrol suara pada Golf Mk8 ini diklaim mudah dioperasikan.

    Hatchback lima pintu ini juga dibekali dengan teknologi Travel Assist. Pada dasarnya, teknologi ini merupakan sistem mengemudi semi otonom yang dapat bekerja pada kecepatan hingga 210 km/jam. Travel Assist memanfaatkan cruise control dan lane keeping assist saat bekerja. Namun, pengemudi tetap harus memantau sistem setiap saat, setidaknya satu tangan tetap memegang setir.

    Jika sensor yang digunakan di roda kemudi tidak mendeteksi sentuhan pengemudi selama lebih dari 15 detik, maka akan dikirimkan sinyal peringatan visual dan suara, bersamaan dengan sentakan pengereman. Setelah itu, sistem pengereman darurat Golf secara otomatis juga akan menghentikan mobil dengan aman.

    Soal fitur keselamatan, Golf Mk8 memiliki layanan peringatan darurat otomatis. Fitur ini yang akan mengantisipasi saat terjadi keceakaan. Jika sensor membaca terjadinya kecelakaan dan peringatan pada smartphone tidak ditanggapi, mobil ini secara otomatis akan memberi tahu layanan darurat terdekat, seperti rumah sakit atau kantor polisi.

  • Mesin dan Performa

    Performa Mesin Volkswagen Golf

    Volkswagen Golf Mk8 dibekali dengan beberapa pilihan mesin, antara lain empat mesin bensin dan dua mesin diesel. Mesin bensin ada dua pilihan tiga silinder yang menghasilkan tenaga 90 hp dan 110 hp. Sedangkan mesin bensin 1.5 liter, ada yang menghasilkan tenaga 130 hp dan 150 hp.

    Untuk mesin diesel 2.0 liter dengan 4 silinder, memiliki tenaga hingga 115 hp dan 150 hp. Mesin ini juga diklaim 17 persen lebih ekonomis dibandingkan generasi sebelumnya.

    Volkswagen juga menyematkan sistem hybrid yang dilengkapi dengan mesin bensin. Mesin hybrid ini memiliki tiga output berbeda, yaitu unit 3 silinder 1.0 liter dan 4 silinder 1.5 liter. Apapun mesin yang dipilih, semuanya akan dihubungkan dengan sistem transmisi DSG 7 percepatan.

    Mesin hybrid eTSI ini menggunakan generator starter 48V, baterai lithium ion 48V dan fungsi pemulihan energi dari pengereman. Untuk menghemat konsumsi bahan bakar lebih banyak lagi, mesin hybrid pada Golf Mk8 juga memungkinkan mobil meluncur mesin mesin dimatikan sepenuhnya.

    Kenyamanan Berkendara Volkswagen Golf

    Golf Mk8 menawarkan kenyamanan berkendara yang cukup baik. Bukan hanya posisi mengemudinya yang ergonomis, tapi fitur yang disematkan juga menunjang kenyamanan saat berkendara. Bahkan, penumpang di barisan belakang juga tetap dipikirkan kenyamanannya dengan adanya three zone climate control bernama Air Care Climatronic

    Konsumsi Bahan Bakar Volkswagen Golf

    Volkswagen Golf Mk8 tidak hanya mengandalkan tenaga dari mesin konvensional, tapi juga memiliki sistem hybrid yang mampu menghemat konsumsi bahan bakar lebih baik lagi. Konsumsi bahan bakarnya diklaim dapat tembus hingga 27,9 km/liter.

  • Kesimpulan

    Volkswagen Golf Mk8 merupakan hatchback yang menawarkan kenyamanan dan kemudahan dalam mengemudi. Selain itu, fitur yang disematkan juga cukup lengkap dibandingkan rival-rival sekelasnya. Dibandingkan generasi sebelumnya, mobil ini jelas mengalami banyak peningkatan.

Gambar Volkswagen Golf

Eksterior

Interior

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Top 5 Mobil Hatchback

Top 10 Mobil Bensin

10 Mobil Terlaris

FAQ Volkswagen Golf

  • Apakah Volkswagen Golf tersedia di Wiper Lampu?

    • Carolyn...

      Carolyn...

      Ya, Volkswagen Golf tersedia dalam Wiper Lampu. Varian Wiper Lampu yang tersedia adalah Volkswagen Golf 1.4L TSI.

  • Apakah Volkswagen Golf tersedia di Parkir otomatis?

    • AliLarba

      AliLarba

      Tidak, Volkswagen Golf tidak tersedia di Parkir otomatis.

  • Apakah Volkswagen Golf memiliki Lane Keeping Assist System (LKAS)?

    • Climber230890

      Climber230890

      Tidak, Volkswagen Golf tidak memiliki Lane Keeping Assist System (LKAS).

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Volkswagen Golf 1.4L TSI

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Model Populer

VS