Rp 17,15TBC Juta

Harga Honda Beat Street 2021 di Indonesia

Spesifikasi Honda Beat Street
ModelScooter
Tenaga Maksimal8.89hp
Panel InstrumenDigital
Kapasitas110 cc
Opsi startKick & Electric
ABSN

Kelebihan&Kekurangan Honda Beat Street

Kelebihan

  • Konsumsi BBM Honda Beat Street cukup irit

  • Memiliki desain yang lebih agresif dan sporty

  • Handling yang cukup lincah

  • Hargan Beat Street cukup terjangkau

  • Memiliki fitur ECO Indicator sebagai panduan untuk berkendara secara irit.

  • Menggunakan ban tubeless utnuk membuat berkendara semakin nyaman dan aman

Kekurangan

  • Untuk pilihan varian warna sendiri pada motor Honda Beat Street tidak menawarkan banyak pilihan warna untuk saat ini.

  • Honda Beat Street tidak memiliki fitur ISS yang bisa membuat mesin mati secara otomatis saat mesin motor mati lebih dari 3 detik.

  • Panel Instrumen digitalnya sendiri tidak terlihat mewah dan keren, karena panel instrumen digital yang terpasang di Honda BeAT Street terlihat sangat standart, tidak ada tambahan lain yang bisa membuatnya terkesan lebih eksklusif dan menarik.

  • Untuk ukuran jok motor ini masih tidak ada perubahan, tetap dengan joknya yang terlihat kecil

Review Honda Beat Street

  • Overview
  • Desain
  • Mesin & BBM
  • Pengendaraan dan Handling
  • Pengereman dan Keamanan
  • Kesimpulan
  • Overview

    Honda BeAT Street merupakan skuter matik anak muda, yang dibuat oleh PT Astra Honda Motor dengan menggunakan basis yang sama dari Honda BeAT, motor terlaris di Indonesia.

    Perbedaan paling signifikan antara keduanya adalah pada bagian setang. Honda BeAT Street yang disiapkan untuk menyasar segmen anak muda yang aktif, mengusung setang model telanjang.
    Kemudian panel instrumen juga berbeda signifikan, dimana milik Honda BeAT Street menggunakan model terbuka dan terpasang pada pangkal setang.

    Lalu corak striping bodi Honda BeAT Street dibuat lebih atraktif dan terlihat menyenangkan. Tapi selain bagian-bagian tersebut, lainnya masih sama dengan Honda BeAT.

    Model terbarunya yang dikenalkan pada awal 2020 lalu, mendapatkan penyegaran total. Bisa dibilang All New BeAT Street karena seluruh sektor terkena ubahan.Desainnya sporty dengan lekuk bodi yang tegas, juga sudah menggunakan sistem penerangan LED untuk lampu depan. Panel instrumen model baru, serta kunci kontak sudah terintegrasi untuk membuka jok.

    Rangka sebagai penopang menggunakan teknologi eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame), yang diturunkan dari Honda Genio. Rangka ini membuat motor lebih ringan dan lincah, tapi juga kuat.Desain pelek juga baru yang sudah menjadi kesatuan dengan rangka eSAF, menggunakan model palang delapan dan pakai ban tubeless.

    Honda BeAT Street menggendong mesin berkubikasi 109,5 cc, berkat paduan langkah piston 63,1 mm dan diameter piston yang hanya 47 mm.Tenaganya mencapai 8,8 Hp pada putaran 7.500 rpm, dengan torsi tertinggi diangka 9,3 Nm yang bisa dicapai diputaran 5.500 rpm.

    Honda BeAT Street dipasarkan hanya dalam satu varian saja dengan harga Rp 17,150 juta OTR Jakarta. Honda BeAT Street punya tiga pilihan warna yakni Street Black, Street Silver dan Street Silver Black.Melihat harga jualnya, banderol Honda BeAT Street punya harga yang kompetitif, jika dibandingkan dengan pesaing terdekat dari Yamaha yakni X-Ride yang mencapai Rp 18,69 juta OTR Jakarta.


    Fitur Honda Beat Street  

    Meski masuk kategori skuter matik entry level, Honda BeAT Street generasi kedua ini memiliki sejumlah teknologi modern.

    Panel instrumen sudah digital dengan informasi penunjuk kecepatan, fuel meter, odometer, serta indikator eco.

    Di balik joknya terdapat ruang penyimpanan berkapasitas 12 liter, yang lebih dari cukup untuk membawa barang saat berkendara.

    Motor ini dibangun menggunakan rangka terbaru Honda yang disebut dengan eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame).Rangka ini dibuat menggunakan teknologi press serta laser welding. Rangka eSAF diklaim punya bobot lebih ringan sekitar delapan persen, dibandingkan rangka baja yang digunakan pada model sebelumnya.Rangka eSAF juga diklaim memiliki daya tahan yang lebih baik, mampu meningkatkan kapasitas bagasi dan tangki bahan bakar, serta memberi efek efisiensi bahan bakar.Struktur rangka eSAF ini pertama kali digunakan pada Honda Genio, alhasil selain rangka, bagian kaki-kaki Honda BeAT Street sama persis dengan Honda Genio.

    Suspensi depan teleskopik memegang pelek palang delapan yang berbalut ban berukuran 80/90-14 yang sudah tubeless. Rem cakram dipercaya mengawal gerak roda depan.Sementara suspensi belakang menggunakan peredam kejut tunggal, dengan desain pelek yang sama dengan pelek depan, namun berbalut ban berukuran 90/90-14.

    Lain halnya dengan rem depan yang sudah pakai cakram, untuk membantu menghentikan perputaran roda belakang, Honda cukup memasangkan rem model tromol.

    Sistem pengereman Honda BeAT Street sendiri sudah menggunakan teknologi CBS (Combi Brake System) yang akan membagi porsi pengereman 60 : 40 antara rem depan dan belakang.

    Harga Bekas Honda BeAT Street

    Meski motor ini baru meluncur pada awal tahun 2020 ini, unit bekasnya sudah bisa dengan mudah ditemukan, meski tak sebanyak unit bekas Honda BeAT.

    Melirik laman jual beli motor bekas, harga bekas Honda BeAT Street bervariasi mulai dari Rp 12,25 juta sampai Rp 16,25 juta. Harga tersebut berbeda-beda tergantung kondisi dan wilayah masing-masing.

  • Desain

    Desain Honda Beat Street

    Sejatinya Honda BeAT Street adalah versi lain dari Honda BeAT karena memiliki tampilan yang sama persis, perbedaan utama hanya pada area setang kemudi saja. Pada model terbaru, desain Honda BeAT Street berubah total meski tetap mengusung gaya sporty dan keren, sesuai target pasarnya yakni anak muda.

    Terkait desain, rasanya seperti pabrikan tidak mau repot melakukan riset khusus untuk motor ini, sehingga menggunakan basis dari Honda BeAT yang sudah terbukti laris diterima masyarakat. Ukurannya terbilang ringkas dengan panjang 1.877 mm, lebar 742 mm dan tinggi 1.030 mm. Tinggi tempat duduk bahkan hanya 740 mm dan sumbu roda 1.256 mm.

    Berat basah motor ini tidak sampai 100 kg, tepatnya 89 kg saja. Ini tergolong ringan dan memudahkan pengendalian untuk anak muda yang jadi target konsumen Honda BeAT Street. Garis bodi tegas dan sporty, terlebih bentuk lampu utamanya juga semakin tipis. Desain seperti ini memang disukai banyak orang Indonesia.

    AHM berani menyematkan teknologi lampu depan LED untuk motor buatannya itu. Meski lampu seinnya sendiri masih pakai bohlam. Penggunaan setang model telanjang dengan ukuran yang cukup lebar, jadi pembeda paling signifikan dari model Honda BeAT. Area setang semakin menarik karena terdapat panel instrumen yang sudah digital.

    Bergeser ke bawah setang, ada rumah kunci kontak dengan model pengaman magnet, yang menjamin keamanan motor saat diparkir di tempat umum. Untuk membuka jok kini tidak perlu repot, karena sudah terintegrasi dengan rumah kunci kontak, sehingga lebih praktis dalam penggunaan.

    Kemudian di bawahnya terdapat konsol penyimpanan untuk membawa barang-barang kecil atau menyimpan sebuah botol air mineral ukuran sedang. Jika dirasa kurang, ada gantungan barang tepat di bagian tengahnya. Seperti halnya Honda BeAT, Honda BeAT Street juga memiliki dek yang rata. Di dalam dek juga terdapat lokasi baterai sehingga membuat dek motor ini jadi lebih tebal.

    Bodi belakang Honda BeAT Street memiliki lekukan garis yang tegas, dengan striping bodi yang keren dan memberikan kesan atraktif. Ujung buritan motor punya lekuk tajam. Di bagian ini juga terdapat behel yang dilapis karet, agar lebih nyaman saat digenggam.

    Jika penerangan utama sudah pakai teknologi lampu LED, maka untuk lampu belakang Honda BeAT Street ini masih mengandalkan bohlam biasa, baik untuk lampu kota, lampu rem dan lampu sein. Honda memberikan jok berukuran cukup besar, sehingga penggunanya akan merasa nyaman baik saat berkendara sendiri atau berboncengan. Untuk pilihan warna, Honda BeAT Street punya tiga pilihan warna menarik seperti Street Black, Street Silver dan Street Silver Black.

  • Mesin & BBM

    Mesin Honda Beat Street

    Mesin Honda BeAT Street benar-benar baru, dengan konfigurasi silinder tunggal, SOHC, dua katup dengan pendingin udara. Pasokan bahan bakar sudah injeksi PGM-FI. Kubikasi mesinnya 109,5 cc, berkat paduan langkah piston 63,1 mm dan diameter piston yang hanya 47 mm.

    Tenaganya mencapai 8,8 Hp pada putaran 7.500 rpm, dengan torsi tertinggi diangka 9,3 Nm yang bisa dicapai diputaran 5.500 rpm. Dilihat dari spesifikasinya, mesin ini berkarakter overstroke untuk mendapatkan respon mesin lebih baik pada putaran bawah sampai menengah, serta untuk menghemat konsumsi bahan bakar.

    Mesin dengan teknologi eSP (Enhanced Smart Power) ini diklaim Honda mampu menempuh jarak sampai 60,6 km/liter. Proses menghidupkan mesin pun sudah halus berkat hadirnya teknologi ACG (Alternating Current Generator) Starter, yang sudah jadi teknologi andalan Honda pada produk skuter matiknya.

  • Pengendaraan dan Handling

    Pengendaraan Honda Beat Street

    Selain itu, AHM juga membekali New Honda BeAT series dengan lampu depan menggunakan teknologi LED menambah kesan mewah yang memberikan pencahayaan yang optimal berguna memberikan kenyamanan berkendara di malam hari. Digital Panel Meter dengan background layar berwarna biru menambah tampilan desain yang lebih sporty dengan ukuran yang lebih besar, sehingga memudahkan bagi para pengguna untuk membaca informasi yang ditampilkan.

    Panel meter motor Beat Street ini menggunakan Digital Panel Meter dengan background layar berwarna biru menambah tampilan desain yang lebih sporti dan ukuran yang lebih besar, sehingga memudahkan bagi para pengguna untuk membaca informasi yang ditampilkan. Untuk kenyamanan berkendara, Honda Beat Street ini memiliki jarak jok dengan tanah 740 mm yang mendukung fleksibilitas pengendara, ditunjang dengan Step Floor yang luas dengan jarak ground clearance sebesar 147 mm. Handlingnya pun terasa cukup lincah.  

  • Pengereman dan Keamanan

    Pengereman Honda Beat Street

    Agar semakin nyaman, AHM membekalinya dengan suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang lengan ayun yang dipadukan dengan satu buah shockbreaker. Sedangkan untuk bagian pengereman, Honda Beat Street memiliki rem depan cakram dan rem belakang tromol. Seperti yang kami sampaikan diatas, motor ini juga memiliki fitur Combi Brake System yang akan menyatukan rem depan dan belakang menjadi satu kesatuan yang nantinya akan mengoptimalkan pengereman motor ini.

    Honda Beat Street juga dilengkapi dengan fitur CBS (Combi Brake System). Yang mana fitur tersebut paling tidak akan menggantikan teknologi ABS dalam mengoptimalkan sistem pengereman motor ini. Sayangnya Honda tak melengkapinya dengan fitur ISS (Idling Stop System). Namun, masih ada fitur AGC Starter yang nantinya akan memperhalus suara mesin ketika motor matic ini pertama kali di hidupkan.  


  • Kesimpulan

    Menggunakan basis yang sama dengan Honda BeAT, Honda BeAT Street menjadi varian berbeda yang disiapkan untuk menggarap pasar skuter matik entry level. Dengan segmentasi pasar untuk anak-anak muda dan banderol harga yang bersaing, membuat Honda BeAT Street menjadi salah satu pilihan terbaik untuk skuter matik entry level di Indonesia saat ini.

Eksterior

Warna

FAQ Honda Beat Street

Model Populer

VS