Honda Scoopy

Rp 19,95 - 20,75 Juta
  • Scooter Model
  • 109.5 cc Kapasitas
  • 9 hp Tenaga Maksimal
  • Kick & Electric Opsi start
Cek Spesifikasi

Wajib Baca

  • Scoopy memiliki desain yang unik, trendy dan stylish dengan mengadopsi motor retro yang elegan

  • Scoopy memiliki fitur sangat lengkap, seperti ABS dan ISS

  • Scoopy mudah dikendarai dengan posisi tempat duduk yang ergonomis

  • Mesinnya mengadopsi teknologi ACG Starter, sehingga suara mesinnya terdengar sangat halus saat mesin mulai dihidupkan

  • Konsumsi bahan bakar sangat irit

  • Harga All New Honda Scoopy masih cukup terjangkau untuk semua kalangan masyarakat

  • Kedua ban depan dan belakang sama-sama memakai ban bertipe Tubeless yang membuatnya semakin nyaman dan aman digunakan.

  • Joknya terasa sangat empuk dan didukung pijakan kaki luas yang memberikan kenyamanan maksimal saat mengendarai Honda Scoopy.

  • Tersedia fitur Power Charger untuk mengisi baterai gadget saat berkendara

  • Motor scoopy masih memakai rem belakang tromol

  • Kapasitas tangki yang kecil, yang mana kapasitas tangki mesin yang digunakan untuk kendaraan Scoopy adalah 4 L, sehingga kapasitas tangki tidak sebanding dengan bentuk tubuh yang besar

  • Performa biasa-biasa saja, yang mana kapasitas mesin 110cc yang secara otomatis membuat tenaga dan torsi tidak terlalu besar

Varian Honda Scoopy

2020 | - L | -
Sporty

Rp 19,95Juta

Stylish

Rp 20,75Juta

Spesifikasi Honda Scoopy

ModelScooter
Kapasitas109.5 cc
Tenaga Maksimal9 hp
Opsi startKick & Electric
Panel InstrumenY / N
ABSN
Lihat Spesifikasi Honda Scoopy

Reviews Honda Scoopy

  • Overview

    Sejak dikenalkan pertama kali tahun 2010 silam, Honda Scoopy langsung menarik perhatian masyarakat, khususnya anak muda yang ingin sebuah motor skuter matik dengan desain stylish.

    Pengenalan resmi Honda Scoopy 2021 oleh PT Astra Honda Motor (AHM), semakin memanaskan persaingan skutik retro. Honda sebagai penguasa pasar segmen ini jelas tidak ingin tahtanya tergeser.

    Pada Scoopy generasi kelima ini secara penampilan memang tak terlalu berbeda jauh dengan generasi keempat, yang pertama kali dikenalkan tahun 2017 silam. Ini karena desain yang ditawarkan sudah menarik sehingga pabrikan hanya melakukan touch up minor.

    Desain Honda Scoopy 2021

    Walau begitu seluruh bagian dari motor ini total baru, mulai dari rangka, mesin, kaki-kaki sampai teknologi dan fitur pelengkapnya. Desain bodi dengan S-shape semakin menguatkan kesan retro dan gempal pada skutik ini.  

    Desain serba membulat dipertahankan sebagai ciri khasnya. Fascia depan semakin unik dengan shape lampu depan oval dengan pancaran teknologi lampu yang sudah menggunakan LED.

    Lampu sein pun dibuat terpisah dengan lampu utama, dengan shape seperti bulan sabit. Bentuk lampu sein yang sama juga bisa dilihat pada bagian belakang motor.Tapi untuk penerangan belakang, Honda membuat buritan terlihat manis dengan lampu belakang bulat dengan mika reflektif, yang memberikan kesan nyala seperti cincin.

    Mesin Honda Scoopy 2021

    Honda juga melengkapi Scoopy terbaru ini dengan beragam fitur kekinian, seperti panel instrumen yang menggunakan penunjuk digital dan analog. Informasi yang ditampilkan ada jam digital, konsumsi bahan bakar rata-rata dan real time, tripmeter, voltmeter sampai indikator Smart Key System.  

    Honda Scoopy 2021 dibangun di atas rangka eSAF (Enhanced Architecture Frame), yang sebelumnya sudah dipakai untuk Honda BeAT dan Honda Genio. Rangka jenis ini dibuat dari lembaran plat baja, yang dicetak dan kemudian disambung menggunakan las laser.
    Rangka eSAF ini punya sejumlah keunggulan dibandingkan rangka yang digunakan sebelumnya, seperti bobot yang lebih ringan, rigiditas lebih baik, tahan guncangan serta bisa memberi ruang lebih untuk tangki bahan bakar dan juga bagasi di balik tempat duduknya.

    Mesin yang dipakai masih tetap 110 cc, tapi kini dengan paduan ukuran piston 47 mm dan langkah piston 63,1 mm. Dengan karakter mesin overstroke, Honda nampak ingin membuat skutik-skutik entry levelnya memiliki akselerasi yang baik, tapi juga hemat bahan bakar.

    Harga  Honda Scoopy 2021  

    Honda Scoopy 2021 ditawarkan dengan 4 varian dan 8 pilihan warna. Varian Sporty hadir dengan warna Sporty Red dan Sporty Black. Sedangkan varian Fashion ditawarkan dalam warna Fashion Blue dan Fashion Cream. Kedua varian tadi dijual dengan harga Rp 19,95 juta.Lalu untuk varian Stylish dan Prestige yang telah dilengkapi Smart Key System, memiliki pilihan warna Stylish Brown dan Stylish Red. Kemudian Prestige White dan Prestige Black dengan harga Rp 20,75 juta, on the road Jakarta.

  • Desain

    Honda Scoopy 2021 menggunakan desain bodi yang memiliki S-shape, atau lekuk bodi layaknya huruf S yang membuat penampilan motor sesuai genre retro, namun juga terlihat stylish.

    Honda dengan Scoopy 2021 nampak lebih imut dan gempal, lekuk bodinya membulat namun terlihat padat. Hal ini tak terlepas dari penggunaan lingkar pelek 12 inci, yang dibalut ban dengan profil tebal.

    Penggunaan lampu LED dengan projector tetap dipertahankan pada model baru, hanya saja bentuknya dibuat lebih oval. Lampu sein vertikal mengawal di tiap sisinya.

    Desain setang tanpa cover terus dipertahankan sejak pertama kali motor ini meluncur tahun 2010 silam. Namun kini berhiaskan panel instrumen model baru, dengan kombinasi digital dengan ragam informasi lebih lengkap.  

    Area dek rata membuat fleksibilitas dalam membawa barang bisa lebih baik. Bodi belakang sepintas masih terlihat mirip dengan generasi sebelumnya, namun berhiaskan lampu belakang bentuk baru yang nampak mewah. 

     Sejak generasi keempat, Honda membuat penampilan Scoopy semakin imut dan lucu berkat penggunaan lingkar pelek 12 inci dan ban berprofil tebal. Ini terus dipertahankan Honda untuk Scoopy 2021 karena banyak yang menyukainya.


  • Pengendaraan dan Handling

    Motor  Honda Scoopy ini memiliki diameter panjang 1.864 mm, lebar 683 mm dan tinggi 1.075 mm cocok dengan postur konsumen di Indonesia pada umumnya, dan dengan ketinggian jok dari tanah hanya 746 mm bisa secara mudah menapakkan kaki dengan sempurna. Motor ini mampu menopang dengan sempurna saat bermanuver. Trek pendek dengan penuh liku-liku bisa dilewati dengan mudah. Melakukan manuver di setiap tikungan dengan motor ini cukup percaya diri selain bermodalkan ban lebar, suspensi depan teleskopik dan lengan ayun juga peredam kejut tunggalnya juga menambah rasa percaya diri. Motor tetap stabil saat diajak menekuk tikungan-tikungan sempit yang kerap ditemui pada kondisi jalan sebenarnya, dan tidak ada gejala limbung ketika berkendara.


  • Mesin dan BBM

      
    All New  Honda Scoopy  mengusung mesin 1 silinder berkapasitas 110cc, eSP, PGM-FI, SOHC 2 klep, berpendingin udara dan tentunya dilengkapi transmisi matic. Motor ini dapat memuntahkan tenaga kuda sebesar 9,1 PS di putaran mesin 7.500 RPM dan torsi 9,4 Nm (0,96 kgf.m) di 6.000 RPM. Pada mesin 110cc eSP sudah dilengkapi ACG Starter yang dimana pada saat pengopersiannya terdengar halus. Skutik populer Honda ini responsif dengan akselerasi 12,73 detik untuk mencapai 200 m dan bertenaga dengan kecepatan maksimum mencapai 91,3 km/jam (menggunakan alat uji performa). Model ini mampu menyuguhkan konsumsi bahan bakar yang irit di kelasnya mencapai 59 km/liter melalui pengaktifan fitur ISS (metode ECE R40) dengan metode pengetesan EURO 3 (EURO 2 = 61,9 km/liter).


  • Pengereman dan Keamanan

      
    fitur penting  Honda Scoopy dalam hal keselamatan adalah Combi Brake System (CBS), agar bisa berkendara secara aman dan nyaman. Sistem pengereman ini merupakan kombinasi antara rem depan dan rem belakang. Pengendara cukup menarik tuas sebelah kiri, maka rem belakang akan berfungsi secara bersamaan. Dengan begitu, dapat menghasilkan pengereman yang optimal. Pengendara mendapat kenyamanan dan keamanan berkat fitur ini. Pada dasarnya, berfungsi seperti rem tangan di mobil. Membantu mengunci posisi motor, terutama pada saat berhenti di kondisi jalan menanjak atau menurun. Dan karena sistemnya mengunci rem belakang, maka risiko motor lompat dapat dihindari, lantaran terlalu banyak buka gas.


  • Kesimpulan

    Dengan bentuk unik dan sejumlah fitur keren yang dimiliki  Honda Scoopy, tak salah jika dibanderol dengan harga Rp 19 jutaan dan layak untuk dikendarai kemanapun. Tak hanya itu, ragam warna menarik juga menjadi nilai tambah untuk memikat calon konsumen. Tersedia dua pilihan varian, Sporty dan Stylish. Jika ingin grafis meriah, bisa pilih sporty. Bila ingin tampil elegan, bisa pilih stylish. Tentunya semua itu tergantung dari kesukaan masing-masing konsumen.