Rp 24,15TBC Juta

Harga Honda Vario 150 2021 di Indonesia

Spesifikasi Honda Vario 150
ModelScooter
Tenaga Maksimal13hp
Panel InstrumenDigital
Kapasitas150 cc
Opsi startListrik
ABSN

Kelebihan&Kekurangan Honda Vario 150

Kelebihan

  • Fitur dan peralatan Honda Vario 150 modern.

  • Mesin Honda Vario 150 disempurnakan dan hemat bahan bakar, pabrikan mengklaim bisa mencapai 46,9 km/liter.

  • Desain Honda Vario 150 yang agresif dan modern, ukurannya agak besar dan cocok digunakan untuk para pria.

Kekurangan

  • Ground clearance Honda Vario 150 agak rendah

  • Kursi belakang tipis

  • Tinggi tempat duduk honda vario 150 mencapai 769 mm, untuk pengendara wanita akan sedikit menyulitkan. 

Review Honda Vario 150

  • Overview
  • Desain
  • Pengendaraan dan Handling
  • Mesin dan BBM
  • Pengereman dan Keamanan
  • Kesimpulan
  • Overview

    Honda Vario 150 merupakan skutik Honda pertama yang mengusung mesin 150cc di Indonesia. Awal kemunculannya di awal tahun 2015 sempat menyita perhatian publik meski sebagian masyarakat kurang antusias karena secara fisik wujudnya sama dengan Vario 125. Kehadiran Honda Vario 150 cc merupakan bagian dari strategi khas Honda yakni dengan menghadirkan produk satu platform yang diproduksi dengan beberapa model. Hasilnya pun selama ini strategi itu cukup tokcer. Sebut saja seperti Honda Vario 125 sebagai turunan dari Honda PCX 125, Honda CB150R (naked) dengan Honda CBR150R (full fairing). Honda Vario 150 pun merupakan produk turunan dari PCX 150.

    Perlu diketahui juga, Honda Vario 150 menjadi skutik berkapasitas mesin 150cc pertama yang diproduksi di Indonesia. Kala itu, Honda Vario 150 otomatis menjadi produk skutik premium dari Honda sebelum akhirnya tergantikan oleh PCX 150 yang produksinya akhirnya dilokalkan untuk bisa bersaing dengan Yamaha Nmax. Secara segmentasi, Honda Vario 150 berhadapan langsung dengan kompetitor sekelasnya, yakni Yamaha Aerox. Fitur Idling Stop System (ISS) yang dimiliki Vario 150 tak dimiliki oleh Aerox. Teknologi ISS ini membuat Vario 150 menghasilkan konsumsi BBM teririt di kelasnya sebesar 46,9 km/liter (metode ECE R40 Euro 3) dengan hasil emisi gas buang yang lebih baik dari standar emisi EURO 3.  

    Spesifikasi Honda Vario 150

     Rangka dan Kaki-kaki Honda Vario 150
    Tipe Rangka Underbone
    Suspensi Depan Swing Arm dengan Suspensi Tunggal
    Suspensi Belakang 90/80 - 14M/C 43P Tubeless
    Ban Depan 52,4 L
    Ban Belakang 100/80 - 14M/C 48P Tubeless
    Rem Depan Cakram Hidrolik, Piston Tunggal
    Rem Depan Tromol
    Sistem Pengereman Combi Brake System
    Mesin Honda Vario 150
    Tipe Mesin 4 langkah, SOHC, eSP, Pendingin Cairan
    Sistem Suplai Bahan Bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection)
    Diameter X Langkah 57,3 x 57,9 mm
    Tranmisi Otomatic, V-matic
    Rasio Kompresi 10,6 : 1
    Daya Maksimum 9.7 kW (13.1 PS) / 8500 rpm
    Tipe Starter Elektrik
    Tipe Kopling Automatic Centrifugal Clutch Dry Type
    Kapasitas Tangki Bahan Bakar 5,5 liter
    Kapasitas Minyak Pelumas 0,8 liter pada penggantian periodik
  • Desain

    Penampilan Honda Vario 150

    Honda Vario mengusung desain yang berani dan mencolok. Penampilannya dibekali dengan lampu LED besar, yang ditempatkan di atas lampu depan ganda LED besar yang tajam dan menempati hampir seluruh bagian depan. Pada bagian depan dan handlebar cowl didesain agresif. Pada bagian samping, ia memiliki gaya yang lebih keren dengan floorboard tebal yang memiliki sendok sporty. Di bagian belakang, skuter terlihat rakish. Lampu ekor yang tebal dilengkapi dengan LED seperti halnya indikator putar yang dipasang pada tangkai lumpur. Kursi depan diinjak, dan kursi belakang tetap tipis agar sesuai dengan gaya keseluruhan. 

    Knalpot ini juga menambah kesan sporty pada motor yang ramping dan modern. Skuter ini mengendarai roda paduan cor 5-spoke 14 inci yang dibungkus dengan ban tubeless 90/80 dan 100/80 masing-masing di depan dan belakang. Honda Vario memiliki panjang 1919 mm, lebar 679 mm, dan tinggi 1062 mm. Bagasi dibawah kursi berkapasitas 18 liter yang dapat menyimpan helm full-face dengan mudah. Untuk panel instrumen, motor ini mendapatkan layar LCD sepenuhnya digital yang menunjukkan latar belakang biru dan teks putih. Ini menampilkan semua informasi real-time, termasuk konsumsi bahan bakar, waktu, peringatan untuk lubricant levels, dan baterai. Dengan sistem smart key, ia juga mendapatkan keyless ignition, remote immobilizer, dan sistem alarm anti-pencurian. 

    Warna Honda Vario 150

    Honda menawarkan Vario dalam tiga pilihan warna dual-tone, yaitu Pearl Magellanic Black (Red and Black), Pearl Nightfall Blue (Blue and Metallic Grey), dan Force Silver Metallic (Yellow with Metallic Silver). Selain itu, ada skema warna edisi REPSOL yang menampilkan logo sponsor racy dan roda oranye. Semua skema warna dihiasi dengan stiker keren yang bertuliskan nama skuter di samping.

  • Pengendaraan dan Handling

    Pengendaraan dan Handling Honda Vario 150

    Sistem suspensi Honda Vario 150 memiliki telescopic di bagian depan, dan single-sided shock absorber yang dipasang pada swing arm di bagian belakang. Skuter ini memiliki kemampuan manuver yang baik, berkat jarak sumbu roda pendek 1280 mm, bodi ramping, dan berat kering 107 kg rendah. Skuter dapat mengatasi jalan tidak rata dengan baik dan memberikan perjalanan yang nyaman. 

    Satu-satunya keluhan adalah ground clearance rendah hanya 132 mm, yang bisa mengurangi kecepatan dan sulit menghindari jalan berlubang. Pada ketinggian 769 mm, kursi ini juga nyaman bagi pengendara dari semua ketinggian. Bahkan orang yang lebih tinggi dapat dengan nyaman duduk karena area footwell depan yang besar. Stang juga diatur pada ketinggian yang nyaman untuk postur berkendara yang santai.

    Namun, dimensinya masih bisa dikatakan seperti skutik pada umumnya, belum pantas untuk disebut sebagai skutik bongsor, seperti Yamaha Nmax atau Honda PCX. Bobot yang hanya 112 kg juga dinilai cukup membantu pengendaranya untuk menguasai Honda Vario 150.

  • Mesin dan BBM

    Mesin Honda Vario 150

    Honda Vario 150 2021 mengusung konstruksi mesin yang sama, yakni mesin 1 silinder, 4 langkah, SOHC, berpendingin cairan, eSP, dan dengan ACG starter. Diameter piston 57,3 mm dan stroke 57,9 mm, dengan rasio kompresi mesin yang dihasilkan 10,6:1. Sistem suplai bahan bakarnya juga sudah injeksi. 

    Mesin Honda Vario 150 menghasilkan tenaga maksimum 13 hp pada 8500 rpm dan torsi puncak 13,4 Nm pada 5000 rpm. Untuk transmisi, mesin dipadukan dengan gearbox otomatis V-Matic yang mengirimkan tenaga ke roda belakang. Respon throttle skuter baik dari awal untuk pergi, dan ada cukup daya di seluruh kisaran rev. Ini mengambil kecepatan dengan cara yang terkontrol dan linier. 

    Mesin disempurnakan dan bebas getaran seperti yang dilakukan Honda. Ini juga dilengkapi dengan sistem pemberhentian Idling merek untuk mencegah wastage bahan bakar selama menganggur dalam jangka waktu yang lama. Bersama PGM-Fi, efisiensi bahan bakar Honda Vario yang sangat baik adalah 52 kmpl. Ini dapat bell kecepatan tertinggi 110 kmph.

    Di bagian pengereman, Honda Vario 150 2021 hanya menggunakan rem depan cakram dan rem belakang tromol. Untuk mendukung sistem pengereman, skutik ini hanya dibekali Combi Brake System (CBS), tanpa adanya fitur atau teknologi Anti-lock Braking System (ABS). 

  • Pengereman dan Keamanan

    Fitur Keamanan Honda Vario 150

    Di bagian pengereman, Honda Vario 150 2021 hanya menggunakan rem depan cakram dan rem belakang tromol. Untuk mendukung sistem pengereman, skutik ini hanya dibekali Combi Brake System (CBS), tanpa adanya fitur atau teknologi Anti-lock Braking System (ABS). 

  • Kesimpulan

    Honda Vario telah terbukti menjadi skuter otomatis yang sangat baik dan sangat ideal untuk pengendara sepeda pertama kali, yang datang dengan harga terjangkau. Sangat mencolok untuk dilihat, dilengkapi dengan menyenangkan, efisien, dan mesin yang dipikirkan dengan baik. Jika Anda tidak ada persyaratan tinggi untuk ABS, maka motor ini cukup handal bagi Anda.

FAQ Honda Vario 150

Model Populer

VS