Rp 348,90TBC Juta

Harga Honda X-ADV 2021 di Indonesia

Spesifikasi Honda X-ADV
ModelScooter
Tenaga Maksimal54hp
Panel InstrumenDigital
Kapasitas745 cc
Opsi startListrik
ABSY

Review Honda X-ADV

  • Overview
  • Desain
  • Pengendaraan dan Handling
  • Mesin & BBM
  • Pengereman dan Keamanan
  • Kesimpulan
  • Overview

    Honda Motorcycle Europe telah meluncurkan beberapa produk terbaru. Salah satu yang mendapat penyegaran adalah motor gede (moge) adventure X-ADV. PT Astra Honda Motor (AHM) juga memasarkan motor tersebut. Meski harganya cukup tinggi, namun ternyata tetap ada peminatnya. Sebab, skuter matik (skutik) bongsor bergaya petualang ini memang cukup unik. Sambil menunggu AHM merilis X-ADV 2021 di Indonesia, ada baiknya simak dulu perubahannya dari versi sebelumnya.

  • Desain

      

    Melihat tampilan luarnya, sekilas mirip-mirip dengan model terdahulunya. Honda memang masih memertahankan karakter dan desain khas dari skutik petualang ini. Jika diperhatikan dengan seksama, detail ubahannya juga cukup banyak. Secara garis besar, desain bodi X-ADV 2021 kini lebih agresif dengan tarikan garis yang lebih tajam.

    Ubahannya dapat terlihat pada bagian lampu depannya yang kini terlihat lebih tajam desainnya. Pada bagian lampu belakangnya juga mengalami sedikit revisi. Lalu, bentuk air scoop dan bodi tengah juga terlihat mengalami ubahan. Untuk memanjakan pengendaranya, X-ADV kini memiliki bentuk jok yang diyakini lebih nyaman bagi pengendaranya. Jok dibuat seperti bertingkat, sehingga untuk pengendaranya memiliki bantalan untuk pinggul. Namun, posisi berkendara tidak mengalami ubahan, karena posisi setang dan pijakan kaki diyakini juga masih sama.

    Beberapa bagian yang dipertahankan atau tidak mengalami ubahan dari model sebelumnya, seperti windscreen, sokbreker depan, swingarm, dan pelek jari-jari. Untuk pasar Eropa, Honda menawarkan X-ADV 2021 dengan tiga pilihan warna, antara lain Graphite Black, Pearl Deep Mud Grey, dan Grand Prix Red-CRF Red.

  • Pengendaraan dan Handling

    Di bagian suspensi, sokbreker depannya tetap mengandalkan model Up Side Down (USD) yang dapat diatur preload dan rebound-nya. Sehingga, melalui kondisi jalan, seperti aspal, tanah, atau bebatuan, tetap nyaman. Swingarm dari bahan aluminium juga disematkan pada X-ADV 2021. Sokbreker monoshock yang digunakan juga dapat diatur preload-nya untuk menjaga kemampuan bermanuver tetap optimal. 

  • Mesin & BBM

      

    Skutik petualang ini masih menggunakan mesin yang sama. Bedanya, mesin yang sekarang mampu memproduksi tenaga dan torsi yang lebih besar. Serupa punya Forza 750 yang juga baru diluncurkan. Mesin berkapasitas 745 cc, 2-silinder, 8-katup, SOHC, berpendingin cairan, itu mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 43,1 kW pada 6.750 rpm dan torsi maksimum mencapai 69 Nm pada 4.750 rpm. Versi sebelumnya, tenaga maksimumnya hanya 40,3 kW dan torsi maksimumnya di angka 68 Nm.
    Dengan karakter mesin over stroke, ukuran pistonnya 77 mm dan langkah pistonnya 80 mm. Rasio kompresi yang dihasilkan masih sama, yakni 10,7:1.

    Tak hanya penambahan tenaganya saja, mesin X-ADV 2021 juga sekarang lebih ramah lingkungan. Sebab, mesinnya sudah memenuhi standar Euro 5. Agar mesinnya lebih efisien, Honda merevisi bagian intake dan exhaust. Selain itu, Honda juga memperbaiki rasio transmisi kopling ganda (DCT). Akselerasi jadi fokus Honda dengan membuat rasio gigi lebih rapat mulai dari gigi bawah sampai atas. Menariknya, dengan segala peningkatan dan ubahan tersebut, bobot Honda X-ADV lebih ringan 2 kilogram dibanding versi sebelumnya. Maka itu, Honda mengklaim X-ADV 2021 lebih efisien antara perbandingan bobot dan tenaganya.

  • Pengereman dan Keamanan

      

    Honda X-ADV 2021 sudah menggunakan teknologi Throttle By Wire untuk tuas gasnya. Untuk menyesuaikan gaya berkendara, skutik ini juga menawarkan 5 mode berkendara, yakni Standard, Sport, Rain, Gravel, dan User. Pada mode Sport, HSTC diatur posisi rendah. Mode Rain melunakkan performa mesin. Mode Gravel memberikan tenaga maksimal, tapi dengan ABS dan HSTC di posisi rendah. Sedangkan mode User, pengendara bisa mengatur semuanya sesuai kebutuhan atau selera. Fitur unik lainnya tentu saja Dual Clutch Transmission (DCT) dengan 6-percepatan. X-ADV 2021 menawarkan perpindahan gigi yang mulus, baik dikontrol secara manual atau otomatis. DCT akan bekerja secara halus dan lebih awal saat mode Rain digunakan. Tapi, pada mode Gravel dan Sport, DCT akan lebih cepat dan agresif dengan auto-blipping saat downshift. Tak ketinggalan, fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC) tetap disematkan. Fitur ini mampu mencegah roda belakang tidak kehilangan traksi akibat tenaga yang berlebih atau kondisi permukaan jalan yang licin.  

  • Kesimpulan

    Honda X-ADV dapat memberikan kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya, karena belum memiliki pesaing. Untuk menyalurkan hobi touring atau adventure, skutik ini sangat direkomendasikan melihat fitur dan spesifikasi yang diusungnya. Meskipun, harga yang ditawarkan cukup tinggi, tapi selalu ada alasan bagi para pehobi untuk meminang X-ADV 2021. Untuk diketahui, X-ADV 2019 saat ini dibanderol Rp 450.000.000 (OTR Jakarta) oleh AHM.

Eksterior

Warna

FAQ Honda X-ADV

    • rich1bon

      rich1bon

      Dengan status CBU dari Jepang, pengenaan pajak barang mewah termasuk untuk motor berkapasitas mesin besar, PT Astra Honda Motor melepas model sebelumnya dengan nilai Rp 450 juta. Diperkirakan Honda X-ADV 2021 akan dikenalkan pada semester pertama tahun depan. Dengan segala pembaruan desain, fitur serta teknologi, harga jualnya diperkirakan akan mencapai Rp 500 juta, on the road Jakarta.


    • Hails

      Hails

      Dalam keterangan resminya, Honda mengklaim jika konsumsi bahan bakar Honda X-ADV 2021 ini mampu mencapai 27,8 km/liter, dengan metode WMTC. Dengan kapasitas tangki bahan bakar 13,2 liter, artinya motor ini bisa melaju sejauh 366 km hanya dengan 1 tangki bahan bakar terisi penuh.

    • DTrainTravel

      DTrainTravel

      Menggendong mesin berkubikasi 745 cc, silinder ganda. 4-tak, 8 katup SOHC, pendingin cairan dan injeksi bahan bakar. Ukuran piston 77 mm dan langkah piston 80 mm, dengan rasio kompresi 10,7 : 1. Tenaga yang mampu dicapai sebesar 57,8 Hp @ 6.750 rpm serta torsi maksimal 69 Nm @ 4.750 rpm. Performa yang dihasilkan sedikit lebih besar dari model sebelumnya, berkat penggunaan throttle by wire. Honda X-ADV 2021 4 Hp lebih besar dari model sebelumya.

Model Populer

VS