window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Cek Lagi Akselerasi Yamaha Aerox 155 2023 VS Honda Vario 160 2023, Mana Lebih Gesit?

Harry · 22 Des, 2023 14:00

Cek Lagi Akselerasi Yamaha Aerox 155 2023 VS Honda Vario 160 2023, Mana Lebih Gesit? 01

Keduanya jadi favorit untuk sporty scooter di Indonesia.
  • Yamaha Aerox 155 pakai mesin berkatup VVA.
  • Honda Vario 160 unggul bobot ringan.
  • Output mesin keduanya beda tipis.

Membutuhkan motor matic yang lincah, gesit juga hemat bahan bakar, saat ini pilihannya ada Yamaha Aerox 155 2023 dan Honda Vario 160 2023.

Keduanya masih jadi favorit sampai saat ini untuk penggunaan harian oleh semua kalangan, termasuk anak muda.

Saat ini Yamaha Aerox 155 sendiri merupakan model generasi kedua, setelah model generasi pertama dirilis tahun 2016 silam.

Dan pada awal bulan lalu, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memberikan penyegaran warna.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Sedangkan Honda Vario 160 merupakan perubahan dari Honda Vario 150, yang bertransformasi jadi matic premium dengan mesin dan dimensi lebih besar.

Sosoknya kian kental sebagai sporty scooter dari pabrikan sayap mengepak.

Baca juga : Pakai Kelir Bunglon, Seperti Ini Detail Yamaha Aerox 155 Connected 2023 Cyber City

Mesin Yamaha Aerox 155 Lebih Unggul?

Cek Lagi Akselerasi Yamaha Aerox 155 2023 VS Honda Vario 160 2023, Mana Lebih Gesit? 01

Mesin eSP+ Honda Vario 160.

Keduanya pun jadi pilihan karena punya performa yang disebut-sebut kuat, karena punya mesin identik dengan matic premium.

Namun jantung pacunya oleh masing-masing pabrikan dipasangkan dalam bodi yang lebih sporty dan bobot lebih ringan.

Honda Vario 160 misalnya, mengusung jantung pacu yang sama dengan milik Honda PCX 160.

Yakni eSP+, 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan. Namun ada beda pada output mesin yang 15,4 PS @ 8.500 rpm serta torsi 13,8 Nm @ 7.000 rpm.

Sementara Yamaha Aerox 155 mesinnya sama dengan Yamaha NMax 155, yakni Blue Core, 4-tak, SOHC 4 katup VVA, pendingin cairan.

Output maksimalnya hingga 15,3 PS @ 8.500 rpm serta torsi sebesar 13,9 Nm @ 7.000 rpm.

Secara output Honda Vario 160 unggul tipis untuk tenaga maksimalnya, dan kalah tipis untuk torsinya.

Namun pada dasarnya kedua motor ini punya spesifikasi yang relatif mirip.;

Baca juga : Komparasi Posisi Riding dan Handling Yamaha Aerox 155 2022 VS Honda Vario 160 2022, Nyaman Mana?

Cek Lagi Akselerasi Yamaha Aerox 155 2023 VS Honda Vario 160 2023, Mana Lebih Gesit? 02

Mesin Blue Core Yamaha Aerox 155.

Siapa Berakselerasi Paling Cepat?

Dengan spesifikasi serta klaim tenaga yang hanya terpaut sangat tipis, maka kami pertemukan keduanya untuk diadu akselerasinya.

Tentu bukan pakai perasaan, tapi menggunakan alat pengukur Racebox yang berbasis satelit.

Agar imbang, kedua motor diuji menggunakan satu test rider secara bergantian.

Kemudian dites selama beberapa kali hingga menemui catatan waktu terbaiknya. Dan benar saja, hasilnya tipis!

Hasil pada setiap parameter terpaut tipis-tipis saja, misalnya jarak 0-100 meter, Honda Vario 160 butuh waktu 7,69 detik sedangkan Yamaha Aerox 155 butuh 7,76 detik.

Cek Lagi Akselerasi Yamaha Aerox 155 2023 VS Honda Vario 160 2023, Mana Lebih Gesit? 03

Beda akselerasi tipis saja.

Pun untuk 0-80 km/jam, keduanya hanya terpaut 0,40 detik! Honda Vario 160 menempuh dalam waktu 1,05 detik sedangkan Yamaha Aerox 155 butuh waktu 9,45 detik.

Begitu pula soal top speed yang lebih unggul adalah Honda Vario 160.

Baca juga : Beda Karakter Mesin Honda Vario 160 2022 dan Yamaha Aerox 155 2022, Pilih Kalem Atau 'Njengat'?

Salah satu yang berpengaruh signifikan pada perbedaan akselerasi keduanya adalah bobot motor.

Honda Vario 160 lebih ringan yakni 115 kg (CBS) dan 117 kg (ABS).

Sedangkan Yamaha Aerox 155 punya bobot 122 kg (Standard) dan 125 kg (ABS).

Dan berikut adalah perbandingan data akselerasi keduanya, menggunakan alat ukur berbasis satelit, Racebox dan tipe motor yang digunakan adalah ABS.

Data Akselerasi
  Honda Vario 160 Yamaha Aerox 155
0-60 km/jam 5,07 detik 5,41 detik
0-80 km/jam 9,05 detik 9,45 detik
0-100 km/jam 16,16 detik 16,78 detik
0-100 meter 7,69 detik 7,76 detik
0-201 meter 12,06 detik 12,17 detik
0-402 meter 19,46 detik 19,62 detik
Top speed Spidometer 128 km/jam 119 km/jam
Top speed Racebox 119,19 km/jam 112,53 km/jam

Harga Honda Vario 160 2024

Saat ini harga Honda Vario 160 2024 terdiri dari tiga varian, namun tetap dengan dua tipe yang dipasarkan.

Pertama ada tipe CBS Active dengan label harga Rp 26,639 juta, lalu CBS Grande yang dilepas Rp 26,889 juta on the road Jakarta.

Perbedaan keduanya ada pada tampilannya, yang mana untuk CBS Active tampil lebih sporty dengan grafis bodi atraktif.

Sedangkan CBS Grande punya tampilan yang elegan dengan warna polos, yang menyerupai tipe ABS.

Kemudian untuk tipe ABS hanya punya satu opsi harga yakni Rp 29,513 juta on the road Jakarta.

Harga Yamaha Aerox 155 2024

Sementara itu Yamaha Aerox 155 2024 punya tiga tipe yang ditawarkan mulai dari Rp 27,175 juta, untuk tipe Standard.

Kemudian ada tipe CyberCity yang sebenarnya menggunakan basis tipe Standard, namun punya warna spesial, harganya Rp 27,375 juta.

Kemudian opsi teratas ada Connected/ABS yang punya dua pilihan warna, yang kini dijual Rp 30,960 juta, on the road Jakarta.

 

 

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });