Luxio yang dipasarkan di Indonesia hanya menawarkan satu pilihan mesin, yaitu mesin 3SZ-VE 1.5L dengan teknologi DOHC dan VVT-i (Variable Valve Timing with intelligence) sehingga menghasilkan mesin yang lebih efisien.
Mesin 1.5L masih sama seperti generasi pertama tanpa perubahan meski sudah mendapatkan facelift. Tenaga maksimal yang ditawarkan mencapai 97 PS pada putaran 6.000 rpm serta torsi maksimal 134 Nm pada putaran 4.400 rpm.
Ada pilihan transmisi 5-percepatan manual serta 4-percepatan otomatis yang menyalurkan tenaga ke roda belakang. Sebelumnya varian D mendapatkan pilihan transmisi otomatis. Tapi setelah facelift, Luxio D hanya ditawarkan dalam transmisi manual.
Daihatsu Luxio juga memiliki berbagai keunggulan dalam hal mesin, termasuk mesin yang tangguh dengan perawatan yang mudah. Tangguh di berbagai medan, Daihatsu Luxio bekas juga masih banyak dicari di pasar mobil bekas Tanah Air.
Dari segi performa, keluaran mesin 1.5L milik Luxio memang tak begitu besar dibandingkan mobil penumpang lainnya. Hanya saja Luxio menawarkan tenaga yang lebih besar dari pesaingnya, Suzuki APV. Sedangkan untuk pengendaraan di dalam kota, Luxio masih terasa bertenaga dibawa bermanuver.
Meski suara mesin masih terasa ketika berkendara, perpindahan transmisi terasa mulus, terlebih ketika menggunakan transmisi otomats 4-percepatan. Ketika kecepatan mesin naik guna menghasilkan akselerasi yang lebih cepat terjadi pada putaran mesin 2.500 rpm.
Meski tampilannya tak begitu agresif, tapi Luxio menawarkan berbagai kelebihan dalam hal mesin. Bisa dibilang tak memiliki performa yang mentereng, Daihatsu menjawabnya dengan konsumsi bbm Daihatsu Luxio yang cukup baik.
Meskipun tak semewah Toyota Alphard atau Mercedes-Benz V-Class, tapi Luxio bisa dibilang menyajikan kenyamanan serta tampilan yang elegan sebagai mobil van komersial. Terlebih dengan tampilan luar yang memadukan aksen chrome pada beberapa bagian.
Bagian depan dipenuhi dengan grille dengan bilah chrome yang lebar dengan logo Daihatsu pada bagian tengah. Dilengkapi lampu depan berbentuk kotak yang dibuat semakin besar dibandingkan edisi sebelum facelift.
Bumper bawah dengan kisi-kisi yang cukup lebar untuk mengalirkan udara ke dalam mesin yang terletak di bagian depan mobil. Bagian depan Daihatsu Luxio juga dilengkapi dengan fog lamp yang akan membantu pengemudian di malam hari.
Aksesoris lainnya seperti spion berlapis chrome dengan fungsi retractable dan electric mirror untuk kesan elegan. Ground clearance mencapai 180 mm dipadukan dengan dimensi yang panjang, lebih dari 4 meter, memberikan kabin yang lapang untuk delapan orang.
Bilah chrome juga tersemat pada eksterior belakang. Diapit oleh lampu belakang yang dikelilingi oleh aksen chrome. Selain rear spoiler yang melengkapi tampilan belakang, jendela belakang cukup besar dengan visibilitas yang baik. Mengingat dimensi mobil Daihatsu Luxio yang boxy sehingga memiliki banyak blind spot.
Untuk sekelas mobil komersial, Luxio memiliki berbagai fitur kenyamanan yang sudah mumpuni. Terlihat dari perpaduan material plastik dengan aksen dual tone pada dashboard dan trim pintu. Terdapat glovebox untuk menyimpan barang-barang selama berkendara.
Ada head unit berlayar sentuh yang terintegrasi dengan dashboard bersama fungsi audio guna memutar MP3 maupun radio AM/FM. Untuk Luxio bertransmisi otomatis, tuas persneling bisa ditemukan tertanam pada bagian tengah dashboard, tepat di bawah head unit.
Secara keseluruhan, Luxio menawarkan panel layar berukuran minimalis guna menunjang kebutuhan infotainment dan akses beberapa sistem yang ditawarkan pada mobil. Termasuk kenop AC berbentuk vertikal pada sisi kiri dan kanan head unit.
Setir palang tiga khas Daihatsu masih menemani pengendaraan. Belum ada fombol multi fungsi layaknya model terbaru Daihatsu. Tapi Luxio sudah dilengkapi dengan instrument kluster yang menawarkan berbagai informasi seputar kendaraan, seperti konsumsi bahan bakar dan bahan bakar yang tersisa.
Keunggulan Luxio terdapat pada kabin yang terasa luas dengan ruang kaki dan ruang kepala yang lapang dikarenakan desain boxy yang digunakan. Kursi berbalut material fabric memang tak semewah lapisan kulit, tetapi sudah cukup nyaman untuk menemani sepanjang perjalanan.
Terdapat cupholder pada armrest dan bantalan kursi sehingga meningkatkan kepraktisan di dalam mobil. Kursi baris kedua Daihatsu Luxio sudah dipasang fitur one touch tumble sehingga memudahkan penumpang ketika akan melipat kursi hanya dalam satu sentuhan.
Ruang bagasi cukup baik dibandingkan pesaingnya di segmen yang sama. Bisa menampung hingga beberapa tas jika kursi baris ketiga terisi penuh. Tapi dengan bangku baris ketiga diangkat, bagasi belakang mendapatkan tambahan ruang untuk barang bawaan.
Segmen | Komersial |
Tipe bodi | Commercial |
Jenis penggerak | AT / MT |
Kapasitas mesin | 1.5 L |
Tenaga | 97 PS |
Tempat Duduk | 8 |
Mencari mobil yang bisa muat banyak untuk bisnis travel dan perjalanan dengan harga yang terjangkau? Daihatsu Luxio 2020 bisa menjadi pilihan yang memberikan kenyamanan serta rasa berkendara yang menyenangkan di perkotaan.
Model | Harga | |
---|---|---|
Daihatsu Luxio 1.5 D M/T | Rp204 jutaan | |
Daihatsu Luxio 1.5 X M/T | Rp222 jutaan | |
Daihatsu Luxio 1.5 X A/T | Rp233 jutaan |
Mesin | ||
---|---|---|
Tipe Mesin | 3SZ-VE DOHC VVT-i berpendingin air | |
Kapasitas Silinder | 1.495 cc | |
Tenaga Maksimal | 97 PS @ 6.000 rpm | |
Torsi Maksimal | 134 Nm @ 4.400 rpm | |
Transmisi | 5-percepatan manual dan 4-percepatan otomatis | |
Sistem Penggerak | Rear-wheel drive |
Dimensi | ||
---|---|---|
P x L x T | 4.215 x 1.710 x 1.915 mm | |
Jarak Pijak Depan | 1.440 | |
Jaak Pijak Belakang | 1.420 | |
Wheelbase | 2.650 mm | |
Ground Clearance | 180 mm | |
Radius Putar | 5.2 m |
Kaki-Kaki dan Suspensi | ||
---|---|---|
Suspensi Depan | MacPherson Strut with Coil Spring and Stabilizer | |
Suspensi Belakang | 5-link Rigid-axio with Coil Spring | |
Rem Depan | Ventilated Disc | |
Rem Belakang | Drum | |
Ukuran Ban | 195/65 R15 | |
Velg | 15 inci alloy |
Sejarah
Daihatsu Luxio merupakan minivan yang dikembangkan oleh Daihatsu dan diproduksi di oleh Astra Daihatsu Motor di Indonesia sejak Februari 2009. Luxio dibuat berdasarkan Daihatsu Gran Max sehingga memiliki beberapa kesamaan bagi model komersial andalan Daihatsu tersebut.
Luxio diposisikan di atas Gran Max untuk versi penumpang kelas atas. Mengandalkan bodi yang lebih lebar, lebih tinggi, dan memiliki ubahan kosmetik yang lebih elegan dibandingkan Gran Max yang mampu mengangkut hingga 8 orang dengan nyaman.
Ketika pertama kali dipasarkan di Indonesia, Daihatsu Luxio memiliki tiga pilihan varian, yaitu Luxio D, M, dan X. Hanya saja trim M tak lagi dipasarkan sejak edisi facelift Luxio. Hingga kini, Luxio hanya ditawarkan dalam dua pilihan varian saja, Luxio D dan Luxio X sebagai varian tertinggi.
Daihatsu Luxio terbaru merupakan bagian dari facelift generasi pertama yang diperkenalkan pada Februari 2014 silam. Dalam keterangannya, desain baru yang ditampilkan merupakan karya asli dari desainer Indonesia, Mark Widjaja.
Berapa perubahan minor pada Daihatsu Luxio 2020 menawarkan tampilan yang lebih segar, termasuk ubahan apda fasia depan dengan tambahan aksen chrome pada grille. Sayangnya beberapa fitur tak lagi dipasang karena permintaan yang tak begitu besar.
Daihatsu Luxio dikenal sebagai salah satu pilihan mobil untuk usaha travel atau bisnis pariwisata dengan tampilannya yang elegan namun harga yang terjangkau. Bersaing dengan model lain di segmen minivan komersial seperti Suzuki APV, intip review Daihatsu Luxio di bawah ini.
Interior Luas
Desain Interior Lebih Elegan dan Mewah
Hemat Bahan Bakar Berkat Sistem Electronic Fuel Injection
Performa Mesin Mumpuni
Dilengkapi Cup Holder dan Armrest
Minim Fitur Teknologi dan Keselamatan
Cup Holder dan Armrest Mengurangi Kapasitas Penumpang Saat Digunakan
Fitur Tipe D Tidak Selengkap Tipe X
Daihatsu Luxio akan bersaing dengan Hyundai Starex, Mercedes-Benz Sprinter, Daihatsu Gran Max MB,…
Baca LebihWarna eksterior Daihatsu Luxio adalah .
Baca LebihTidak.Daihatsu Luxio tidak memiliki rencana peluncuran pada tahun 2021.
Baca Lebih