Chery Umumkan 420 Unit Omoda 5 di Indonesia Terdampak Recall

PT Chery Sales Indonesia (CSI) secara resmi mengumumkan recall Chery Omoda 5 di Indonesia sebanyak 420 unit.

Penyebabnya adalah Chery Indonesia telah menerima hasil investigasi dari Chery Internasional yang dilakukan secara mendalam terhadap vendor komponen selongsong sumbu roda belakang (rear axle) yang terdampak dari pembaharuan fasilitas manufaktur di waktu tertentu.

"Berdasarkan hasil investigasi tersebut, kejadian ini sangat jarang terjadi. Namun, demi alasan keselamatan kami berhasil mengidentifikasi 420 unit Omoda 5 1.5T tipe Z dan RZ yang berpotensi terdampak di Indonesia," tulis keterangan resmi CSI, Senin (13/05/2025).

Seluruh unit terdampak recall Chery Omoda 5 di Indonesia tersebut diidentifikasi berdasarkan nomor rangka kendaraan.

Omoda 5 untuk Indonesia diproduksi di Bekasi

Jika dari hasil pemeriksaan ditemukan adanya potensi dari permasalahan yang dimaksud, maka akan dilakukan pergantian suku cadang tanpa dikenakan biaya.

"Chery Sales Indonesia selaku APM Chery di Indonesia selalu menempatkan keselamatan sebagai hal yang paling utama, dan kami juga berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik yang transparan dan akuntabel," tambah siaran pers tersebut.

Recall Chery Omoda 5 di Indonesia ini juga dipastikan hanya berlaku pada 420 unit tersebut dan tidak berdampak pada model Chery lain yang dijual di dalam negeri.

Untuk informasi lebih lanjut para pelanggan Chery di Tanah Air dipersilahkan untuk menghubungi Chery call center di 08-001-797979.

Baca juga: Tenang Chery Omoda 5 Buatan Indonesia Aman dari Recall

Awalnya Terjadi di Malaysia

Kasus sasis belakang Omoda 5 yang tiba-tiba patah

Informasi recall Chery Omoda 5 ini sebelumnya diketahui terjadi di Negeri Jiran, Malaysia, karena pada bagian as roda belakang berpotensi mengalami masalah. 

Adapun awal mula kasus ini muncul disebabkan satu pemilik mobil Chery Omoda 5, Stephanie, yang mengunggah keluhannya lewat akun media sosial Facebook.

Dalam unggahannya itu ia memberikan foto kondisi kendaraannya yang mengalami patah pada bagian as roda belakang. 

Stephanie menyebut bahwa kejadian itu berlangsung mengagetkan, mengingat dirinya tidak melewati jalan bergelombang, atau mengalami kecelakan, namun iba-tiba saja mobilnya berhenti di tengah jalan karena as roda patah. 

Seperti diketahui, Chery Omoda 5 yang dipasarkan di Indonesia perakitannya dilakukan oleh PT Handal Indonesia Motor di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat.

Memang, mobil Chery Omoda 5 dan Tiggo Series yang dibuat di Pondok Ungu juga di ekspor ke beberapa negara, termasuk Afrika Selatan hingga Inggris.

Akan tetapi Omoda 5 yang dipasarkan di Malaysia diketahui dirakit oleh perusahaan lokal, yaitu Inokom Corporation Sdn Bhd yang berlokasi Kulim, Kedah, Malaysia.

Baca juga: Chery Omoda E5 Punya ADAS Lebih Lengkap dari Omoda 5 Biasa, Meski Tanpa V2L

Spesifikasi Chery Omoda 5 Buatan Indonesia

Omoda 5 di Indonesia hadir dalam beberapa varian

Di Indonesia, Omoda 5 hadir dengan beberapa varian yaitu Omoda 5 Z, RZ, dan GT FWD serta GT AWD. 

Semua Omoda 5 ini merupakan versi konvensional yang dilengkapi mesin Internal Combustion Engine (ICE), sedangkan untuk versi listrik disebut Omoda E5. 

Nah, untuk Omoda 5 Z dan RZ bisa disebut versi lebih terjangkau, namun keduanya memiliki perbedaan, seperti pada tipe Z velgnya menggunakan aksen Black Stripe, 6 speaker, dan jok Faux Leather Combine with Fabric.

Sementara tipe RZ ada penggunaan aksen Red Strip, 8 speaker with Sony Premium Audio, dan jok dibalut Faux Leather, serta fitur lainnya lebih lengkap.

Untuk jantung pacunya, keduanya mengusung mesin 1.5 TCL, yang menghasilkan daya 145 Hp dan torsi 230 Nm.

Chery Omoda 5 GT

Adapun untuk Omoda 5 GT FWD dan GT AWD, yang membedakannya adalah penggunaan Orange Stripe (GT FWD) dan Black Stripe (GT AWD). 

Nah, semua fitur yang ada pada tipe Z dan RZ ada semua pada tipe GT FWD, namun lebih lengkap lagi tipe AWD karena sudah dijejali Driving Monitoring Status Camera (DMS) dan Smartphone Wireless Charger 50W with Reminder. 

Sedangkan untuk jeroan mesin, Omoda 5 GT FWD dan GT AWD, sama-sama dibenamkan mesin 1.6L TGDI, yang menghembuskan daya 197 Hp dan torsi 290 Nm.

Berikut daftar harga Chery Omoda 5 terbaru 2024:

  • Omoda 5 Z Rp342.800.000
  • Omoda 5 RZ Rp409.800.000
  • Omoda 5 RZ Two Tone Rp414.800.000
  • Omoda 5 GT FWD Rp448.800.000
  • Omoda 5 GT FWD TT Rp453.800.000
  • Omoda 5 GT AWD Rp493.800.000

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Chery Omoda 5

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Chery Omoda 5 GT Jauh Lebih Bertenaga dari HR-V Turbo, Harganya Masih Masuk Akal?

Mobil Listrik China Jadi Banyak Banget!

Lima Amunisi Chery Omoda 5 Buat Lawan HR-V! | First Look

First Drive Chery Omoda 5, Si Pesaing Honda HR-V dan Hyundai Creta

PT Chery Sales Indonesia (CSI) secara resmi mengumumkan recall Chery Omoda 5 di Indonesia sebanyak 420 unit. Penyebabnya adalah Chery Indonesia telah menerima hasil investigasi dari Chery Internasional yang dilakukan secara mendalam terhadap vendor komponen selongsong sumbu roda belakang (rear axle) yang terdampak dari pembaharuan fasilitas manufaktur di waktu tertentu. "Berdasarkan hasil investigasi tersebut, kejadian ini sangat jarang terjadi. Namun, demi alasan keselamatan kami berhasil mengi
Honda Freed bekas kini ditawarkan dengan harga mulai dari Rp105 jutaan, cukup menarik untuk sebuah mobil keluarga. Apalagi harga ini setara dengan pasaran harga bekas Daihatsu Sigra tipe R lansiran 2018. Sebagai Low MPV berpenampilan boxy, awal Freed diluncurkan di Indonesia pada 2009 yang saat itu langsung diproduksi di pabrik Honda yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat. Sebagai kendaraan keluarga berbasiskan Honda Jazz gen 2 (GE8), nama Freed diambil dari sebuah singkatan, yakni Free + Do yan
Nama bus Hino AK tiba-tiba ramai diperbincangkan di berbagai forum digital, terutama para penggemar bus yang kerap dapat sebutan Busmania. Penyebabnya antara lain setelah kasus kecelakaan maut bus pariwisata yang sedang membawa siswa SMK Lingga Kencana Depok dan terguling di kawasan Ciater, Subang, Jawa Barat. Bus pariwisaa PO Trans Putera Fajar itu diduga mengalami rem blog sehingga tidak mampu mengendalikan kecepatan pada saaj jalanan menurun. Sebelum terguling, bus juga sempat menabrak bebera
Tidak dapat dipungkiri jika kaca film V-Kool merupakan brand kaca film mobil dengan reputasi mentereng di Indonesia. Namun tentunya kaca film ini juga terkena dengan harga jual relatif di atas rata-rata, menyesuaikan tawaran kualitas dan segmentasi mereka di kelas premium. Tetapi kalau kalian penasaran, berapa sebenarnya budget yang dibutuhkan untuk mengemas seluruh jendela mobil menggunakan kaca film ini? Siapa tau, harganya masih rasional untuk kantong kalian. "Untuk mobil ukuran kecil, sepert
Honda secara resmi memperkenalkan generasi terbaru Honda Freed 2024 yang memiliki tampilan anyar dan dilengkapi mesin baru. Dalam keterangan resminya, alasan Honda menghadirkan kembali Freed karena mobil ini telah diterima dengan baik oleh banyak konsumen, dan dianggap sebagai mobil yang tepat untuk masyarakat karena menawarkan kenyamanan serta kemudahan selama berkendara. "Freed baru dikembangkan dengan tujuan menjadi mobil yang tidak hanya mempengaruhi kehidupan masyarakat, tetapi juga perasaa

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 161,50 - 181,10 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
HAVAL

HAVAL H6

Rp 595,80 Juta

Lihat Mobil
TANK

TANK 500

Rp 1,20 Milyar

Lihat Mobil
Mendatang
Neta

Neta V II

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Kia

KIA EV9

Rp 1,99 Milyar

Lihat Mobil
MG

MG VS HEV

Rp 389,00 Juta

Lihat Mobil
Mitsubishi

Mitsubishi L100 EV

Rp 320,00 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Tiggo 5X 2024

Rp 269,00 - 299,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Vinfast

VinFast e34

Belum Tersedia

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Chery Omoda 5
Lihat