Pemilik DFSK Glory 580 Somasi APM, Cacat Produksi Atau Ketidakpahaman Pemilik Soal Karakter Mobil?

Pemilik DFSK Glory 580 melakukan somasi kepada agen pemegang merek karena dianggap mobilnya cacat produksi.

Sejumlah konsumen pengguna DFSK Glory 580 Turbo CVT produksi 2018 mengajukan surat gugatan atau somasi ke PT Sokonindo Automobile sebagai agen Pemegang Merek (APM) DFSK di Indonesia. Ketujuh pemilik ini melayangkan gugatan melalui melalui kuasa hukum David Tobing, yang teregister secara e-court (online) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dengan Nomor register: PN JKT.SEL-122020BS2 tanggal 3 Desember 2020.

Dalam surat gugatannya, ketujuh konsumen DFSK tersebut mengajukan gugatan perbuatan melawan hukum terhadap PT Sokonindo Automobile selaku ATPM dan produsen. Dalam surat gugatannya, para pemilik ini mengaku kendaraan mereka mengalami kendala pada waktu berjalan di tanjakan dan/atau saat berada di jalan kemacetan yang menanjak (stop & go), baik pada saat digunakan luar kota ataupun di parkiran mall.

Sebagaimana dikutip dari Liputan6.com, para konsumen telah melaporkan serta melakukan perbaikan di bengkel resmi DFSK. Namun sampai saat ini, kendaraan para konsumen masih mengalami kendala yang sama.

"Klien kami membeli mobil DFSK Glory 580 Turbo CVT karena tertarik pada spesifikasi serta fasilitas yang ditawarkan, apalagi mobil ini memiliki turbo yang seharusnya memiliki tenaga yang lebih baik dibanding mobil sekelasnya yang tidak memiliki turbo, tetapi klien kami mengalami gagal tanjak rata-rata lebih dari 2 kali. Hal ini membuat klien kami menjadi takut menggunakan kendaraan untuk bepergian atau pada saat berada di jalanan yang menanjak," jelas David dalam keterangan resminya.

Somasi Dari Konsumen Pemilik DFSK Glory 580, Indikasi Cacat Produksi? 

Menurut David, ini adalah bukti bahwa kendaraan para konsumen yang diproduksi dan dijual oleh DFSK adalah kendaraan yang mengandung cacat tersembunyi. Hal tersebut sangatlah berbahaya bagi para konsumen karena dapat mengakibatkan kecelakaan yang fatal pada saat para konsumen mengendarainya dan dapat membahayakan pihak lain.

"DFSK telah melanggar Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, Undang-Undang Perlindungan Konsumen dan Peraturan Menteri Perhubunggan Republik Indonesia Nomor PM 33 Tahun 2018, Tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor Pasal 18 point b dan c mengenai uji untuk kerja mesin serta uji kemampuan jalan, dimana DFSK dilarang memperdagangkan barang yang mengandung cacat tersembunyi dan wajib bertanggung jawab atas kerugian para konsumen," tegas David.

Dalam petitumnya, para konsumen meminta agar Majelis Hakim menghukum DFSK untuk bertanggung jawab memberikan ganti rugi material. Nominalnya sebesar Rp1.959.000.000,00 (satu miliar sembilan ratus lima puluh sembilan juta rupiah) yang merupakan total harga pembelian kendaraan para konsumen. Kemudian ganti rugi immaterial sebesar Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah) kepada masing-masing para konsumen.

Pihak DFSK yang diwakili oleh PT Sokonindo Automobile sebagai agen Pemegang Merek belum mengonfirmasi lebih lanjut soal somasi dari para konsumennya ini. Dalam kasus ini, memang harus ditelaah lebih lanjut apakah benar cacat produksi, atau memang karakter mobil yang tidak cocok dengan keinginan pemilik.

Bila dilihat dari spesifikasinya, DFSK Glory 580 sejatinya bukan mobil SUV yang payah. Mobil China ini dibekali mesin SFG15T 1.498cc turbocharger yang mampu menghasilkan daya hingga 150 Tk dengan torsi maksimum 220 Nm pada putaran 1.800 sampai 4.000 rpm.

Mesin tersebut, dikawinkan dengan transmisi CVT yang menyalurkan daya dengan penggerak roda depan (FWD). Berdasarkan pengalaman awak media yang pernah mencoba mobil ini, memang DFSK Glory 580 punya kelemahan di angkatan awal yang kadang lemot.

Karakter Mesin DFSK Glory 580 Sering Lemot

Keluhan yang disebut oleh pemilik DFSK Glory 580 di atas ini tampaknya memang jadi ciri khas mobil DFSK di Indonesia. Gejala tersebut juga terjadi pada Glory 560 namun tidak separah di Glory 580.

Untuk angkatan awal, memang DFSK Glory 580 ini kurang responsif. Ada jeda saat kita menginjak gas dengan tenaga mesin yang keluar. Jadi, lag ini memang cukup menjengkelkan terutama di tanjakan.

Lemot ini bisa berpotensi membuat mobil melorot karena waktu menahan beban dari HHC uphill assist sudah habis. Jadi memang, pengemudi dituntut harus selalu sigap dan responsif untuk mengantisipasi hal ini. Istilahnya, kita harus sedikit kickdown setelah berhenti agak lama di tanjakan supaya tenaganya langsung mengisi.

Somasi Pemilik DFSK Glory 580, Cuma Cari Untung Sepihak?

Patut ditelusuri lebih lanjut soal somasi ini dari segi kondisi kendaraan dan juga jawaban dari pihak DFSK. Klaim sepihak ini bisa jadi memang karena 'cacat produksi' sebagaimana klaim pemilik, atau mungkin ajang cari untung sepihak. 

Masih ada beberapa poin lain yang jadi penyebab Glory 580 performanya payah di tanjakan. Dalam somasi tadi, pasti tidak disebutkan soal latar belakang bagaimana perawatan dan kondisi tanjakan yang dilalui.

Yang patut d cermati dr narasi tersebut yaitu jenis BBM yang digunakan. Kemudian, apakah mobil ini selalu service rutin atau tidak (dibawa ke beres hanya pada saat claim garansi). 

Poin lainnya yang perlu kita cermati yaitu seberapa curam tanjakan yang dilalui, atau faktor human error selaku driver yang mungkin belum terbiasa dengan teknologi DBWnya CVT dari DFSK. Fitur ini seperti halnya di Wuling, kadang terjadi jeda power. 

Kesimpulan 

Masalah somasi ini perlu kita sikapi secara objektif. Untuk itu, pihak DFSK juga perlu angkat bicara mengenai somasi ini terhadap upaya yang sudah dilakukan selama ini. 

Jika semua sudah memenuhi syarat, maka dari pihak DFSK seharusnya melakukan investigasi. Setelah investigasi, PT Sokonindo Automobile perlu segera mengumumkan hasil temuannya. Apakah memang terjadi unit gagal produksi atau hanya human error dari si pemilik?.

Untuk itu, kita jangan hanya melakukan judgement dari sebuah berita. Jadi, kita bisa obyektif melihat kasus ini apakah human error atau memang cacat produksi.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

DFSK Glory 580

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota RAIZE S 1.0

Rp 235,00 Juta
Rp 4,79 Juta/bln

15.274 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5

Rp 251,00 Juta
Rp 5,11 Juta/bln

12.742 km

2 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0

Rp 243,00 Juta
Rp 4,95 Juta/bln

14.811 km

2 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE GR 1.0

Rp 234,00 Juta
Rp 4,77 Juta/bln

16.422 km

2 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota RUSH S GR SPORT 1.5

Rp 253,00 Juta
Rp 5,15 Juta/bln

14.366 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Semua Baru 2022 DFSK Glory 580 Walkaround

Berita Terbaru

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

DFSK Glory 580
Lihat