Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

4.0

Segmen A Segmen
Hatchback Tipe Bodi
CVT / MT Jenis Penggerak
1.2L Kapasitas Mesin
Cek Spesifikasi

Varian dan Harga Honda Brio

Honda Brio 2024 - 2025 ditawarkan dalam 5 varian - mulai Rp 156,90 Juta hingga Rp 227,10 Juta , varian entry levelnya yaitu Honda Brio Satya S M/T 2022 Rp 156,90 Juta dan varian tertingi Honda Brio yaitu Honda Brio RS CVT 2022 ditawarkan dengan harga Rp 227,10 Juta.

2021 | 1.2 L | -

Mobil Bekas Terkait

  • 2019 Honda BRIO SATYA E 1.2
    Rp 162,00 Juta

    Rp 3,84 Juta /bulan

    38.530 km  /  4,5 tahun  /  Jawa Barat

  • 2019 Honda BRIO SATYA E 1.2
    Rp 155,00 Juta

    Rp 3,68 Juta /bulan

    84.004 km  /  4,5 tahun  /  Jawa Barat

Lihat Lebih

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Brio Satya S M/T 2022

Video Pendek Terkait

Video Mobil Honda Brio

5 Hal Menarik di Daihatsu Ayla X ADS Buat Lawan Honda Brio

Jadi Mending Agya Baru, Brio Satya, atau Cukup Ayla? | Komparasi Mobil di Bawah Rp 200 juta!

2021 Honda Brio RS Urbanite yang Lebih Sporty Dengan

All New Honda Brio Pada Sisi Desain yang Semakin Dinamis dan Sporty

Honda Brio 2024 memiliki 189 gambar dan foto, termasuk 65 gambar & foto interior, 107 gambar & foto eksterior, 17 gambar & foto mesin Honda Brio dan lain-lain. Cek tampilan depan, tampilan belakang, tampilan samping dan tampilan atas Honda Brio 2024 baru di sini.

Overview

Honda Brio bisa dibilang sebagai motor kesuksesan Honda selama beberapa tahun terakhir. Desainnya yang menawan ditambah harga honda brio yang terjangkau sebagai salah satu mobil LCGC membuat penjualannya tetap stabil selama beberapa tahun belakangan.

Honda Prospect Motor pada 2018 lalu memperkenalkan generasi kedua Brio di Indonesia. Major facelift ini hadir untuk seluruh varian, baik Brio RS di segmen city car atau Brio Satya yang mengisi kelas LCGC. Mundur ke belakang, Honda Brio ini telah diperkenalkan di Indonesia sejak tahun 2012.


Honda Brio awalnya diproduksi oleh Honda di Thailand, dimana mobil ini sudah diperkenalkan pada bulan Maret 2011. Setelahnya, Honda Brio diluncurkan di Indonesia pada bulan Agustus 2012, dengan harga ketika peluncuran berkisar antara 149-170 juta rupiah.

Jadi, Honda Brio pertama kali datang ke Indonesia berstatus Completely Built Up (CBU) dari Thailand di tahun 2012. Satu tahun berselang, Honda Brio mulai dirakit lokal alias Completely Knock Down (CKD).

Nama Brio diambil dari bahasa Italia yang berarti ceria dan bersemangat. Mobil ini menjadi salah satu pilihan masyarakat yang mendambakan sebuah city car yang efisien, stylish dengan harga yang terjangkau. Pada penyegarannya kali ini eksterior Brio berubah total, tapi sayangnya untuk mesin tidak ada yang baru.

Honda Brio generasi pertama ditawarkan dalam dua pilihan mesin, L12B (1.200 cc) dan L13A (1.300 cc) dengan tenaga masing-masing 88 ps dan 99 ps. Terdapat 2 pilihan transmisi juga yakni manual 5 percepatan, dan otomatis 5 percepatan, serta berpenggerak roda depan. Untuk opsi mesin 1.300 cc akhirnya tak lagi dijual, dan hanya tersedia opsi 1.200 cc.

Honda Brio 1.2 liter ini hadir dalam varian Brio Satya, untuk bertarung di segmen LCGC. Pada tahap awal Satya hanya tersedia dalam pilihan transmisi manual dengan fitur yang terbatas. Kemudian untuk varian mesin 1.3 liter menjadi tipe Brio Sport.


Pada tahun 2016, Honda Brio mengalami facelift dengan berbekal sejumlah ubahan pada tampilan eksterior dan interiornya. Desain bumper depan terlihat lebih agresif, lengkap dengan gril dengan ukuran yang lebih besar berwarna hitam.

Honda Indonesia lantas menghilangkan varian Brio Sport dan menggantinya dengan tipe RS yang downgrade dengan mesin L12B, dengan dua pilihan transmisi 5-percepatan manual dan CVT.

Pencahayaan Brio RS dilengkapi dengan LED projector dan DRL yang sama seperti Mobilio RS. Untuk membedakan dengan model sebelumnya, pada varian RS sudah dilengkapi dengan velg berukuran 15 inci dual tone, dan lampu rem menggunakan mika dual tone berkelir merah dan silver.

Pada 2018, Honda Brio generasi terbaru meluncur di Indonesia. Tampilannya kini makin segar, dan juga sporty. Desain lampu utama, gril serta kap mesin terlihat menyerupai Honda Mobilio.

Desain Bagian belakang pun jadi lebih simple dan tak lagi ekstrim sebagaimana generasi pertama. Sudah tidak ada pintu full kaca lagi, generasi kedua diganti model lebih normal dengan pintu plat body.Saat ini, Honda Brio menjadi satu diantara produksi Honda di Indonesia yang diekspor ke luar negeri. Tercatat pemasaran Honda Brio di ASEAN, termasuk Vietnam dan Thailand dikirim dari Indonesia.

Harga Honda Brio 2022

Daftar Harga Honda Brio
Harga Honda Brio Satya S M/TRp153.700.000,-
Harga Honda Brio Satya E M/TRp165.200.000,-
Harga Honda Brio Satya E CVTRp180.800.000,-
Harga Honda Brio RS M/TRp196.400.000,-
Harga Honda Brio RS CVTRp212.500.000,-
 Harga Honda Brio RS M/T Urbanite Edition  Rp203.400.000,-
Harga Honda Brio RS CVT Urbanite EditionRp219.500.000,-
*harga di atas untuk VIN 2022  dengan aturan PPnBM terbaru dari pemerintah. 

Honda Brio sendiri merupakan city car dari hatchback segmen B yang dirakit di pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat. Memasuki generasi kedua yang diperkenalkan 2 Agustus 2018 silam, Honda Brio menggunakan mesin L12B 1.2L dengan teknologi i-VTEC milik Honda yang mampu menghasilkan tenaga hingga 90 PS dengan transmisi 5-percepatan manual dan CVT.


Eksterior


Eksterior Honda Brio, Makin Besar, Makin Sporty

Untuk tampilan depan cukup banyak berubah jadi mirip Mobilio. Artinya, ubahan dibanding sebelumnya cukup signifikan yaitu di bumper depan, kap mesin, lampu, grille sampe fender depan.

Pada bagian samping, pilar B ke depan masih mirip seperti Brio generasi sebelumnya. Bedanya terdapat pada pilar B ke belakang, karena jarak antar bannya dibuat lebih panjang.

Honda juga meninggalkan desain panel kaca besar di pintu belakang Brio. Sekarang desainnya berubah total yang membulat ala kapsul. Desain headlamp juga tak lagi seperti segitiga, lebih agak kotak yang membuatnya lebih simple dan luwes sebagaimana city car lain.


Untuk lampu belakang ini masih memakai halogen biasa. Pada bagian atasnya terdapat spoiler yang berbentuk terintegrasi, dengan high mount stop lamp panjang yang ujungnya membulat. sementara pada tipe RS memiliki aksen hitam di bagian atap sehingga lebih terlihat sporty.

Secara umum, tidak ada berbedaan berarti pada eksterior Honda Brio Satya dengan Honda Brio RS. Desain luarnya juga sekilas memiliki kesamaan dengan Honda Mobilio generasi terakhir. Namun ada beberapa pengurangan aksen yang diberikan pada Honda Brio Satya.

Contohnya saja Honda Brio Satya S yang menjadi varian terendah hadir dengan wajah yang polos tanpa adanya lampu kabut. Fitur pencahayaan ini baru ada mulai dari Brio Satya E hingga RS. Walau di kelas LCGC, penampilannya tetap elegan menggunakan desain grille solid wing face khas Honda dengan aksen chrome berpadu lampu depan DRL (Daytime Running Lights).


Perbedaan antara Honda Brio Satya dan RS terletak pada tipe pelek. Satya S hanya ditawarkan dengan pelek berbahan kaleng. Untuk tipe Satya lainnya memakai velg alloy dengan kelir silver. Desain pelek antara Honda Brio Satya E dan Honda Brio RS juga berbeda, dimana tipe RS terlihat lebih menarik dengan desain stylish dual tone dan ukurannya lebih besar. 


Beralih ke bagian belakang, tampilan Honda Brio Satya S tetap menarik dengan antenna shark fin walaupun pintu belakang polosan yang tidak dilengkapi dengan wiper belakang. Untuk tipe Satya E dan Brio RS sudah mendapat peranti wiper belakang. Selain tipe S ini, da pula body spoiler dengan LED mount stop lamp sampai rear combination lamp. Bedanya, Brio Satya menggunakan spoiler yang terintegrasi dan high mount stop lamp berbentuk membulat. Sedangkan Spoiler pada varian RS terpisah serta lebih besar.


Sayang bagian bawah dari eksterior belakang Honda Brio Satya E hanya dibuat polos mengikuti warna bodi. Berbeda dengan Honda Brio RS yang sudah mendapatkan bumper garnish dengan aksen diffuser untuk tampilan yang lebih sporty.

Interior


Interior Honda Brio, Gaya Desain Template Dari Honda

Bicara soal interior Honda Brio ini sebenarnya cukup menarik karena memakai bahasa desain dashboard berikut setir yang sama seperti Mobilio atau beberapa model Honda yang lain. Artinya sebagai model terbawah, interior Brio baik itu Satya atau RS penampilannya serupa model yang lebih mahal.

Pada interior, kita bisa mengetahui perbedaan kasta antara Satya dan RS. Brio Satya warna interiornya hitam dan beige, sedangkan Brio RS hitam semua.

Fitur Honda Brio, Beda Kasta Beda Peranti

Bicara fitur dalam interior, Brio Satya E telah memiliki AC model digital. Secara estetika panel AC ini lebih enak dilihat dan serasa lebih modern. Tombol yang kiri untuk mengatur kipasnya, yang kanan buat menaikturunkan temperaturnya. Lebih lanjut, ada tombol MAX COOL supaya hembusan AC langsung ke suhu paling dingin.

Hal menarik lainnya berupa fitur pencahayaan di instrumen cluster seperti menyambut orang yang masuk ke mobil. Saat buka kunci dari remote dan buka pintu, instrument clusternya akan menyala agak redup. Tapi begitu kita colok kuncinya, nyala lampunya langsung terang. Varian tertinggi Brio versi LCGC ini juga ada foglamp yang kontrolnya menyatu di tuas utama. Asyiknya lagi, ada fitur auto lock dan unlock.

Fitur kunci otomatis ini bekerja saat mobil berjalan dalam kecepatan minimum 15 km/jam dan kembali non aktif saat pengemudi memasukkan tuas transmisi ke P. Uniknya, pengaturan kunci mirip mobil Eropa, saat pintu terkunci bisa langsung di unlock dengan menarik handel di sisi pengemudi.

Bicara sound systemnya, Brio Satya S dan E speakernya ada 4, tapi tanpa tweeter. Head unitnya juga keren, karena didukung Pioneer FH-S505BT. Keunikan head unit ini setiap kali dinyalakan bakal muncul teks Enjoy Honda. Fitur yang tersedia dalam head unit ini ada CD player, ada koneksi bluetooth buat streaming musik dan bisa colok USB atau kabel AUX. Pengaturan suaranya cukup lengkap. Kalau kalian ada smartphone Android atau iOS, tinggal download aplikasi Pioneer ARC. Nanti aplikasi ini pada ponsel kalian bisa dipakai jadi controller head unit.


Untuk Brio RS, tipe termahal ini mendapat head unit layar sentuh berukuran 6,1-inci yang bisa terkoneksi dengan smartphone. Konektivitas USB dan Bluetooth serta Aux juga tersedia. Hebatnya, sistem multimedia entry-level Honda ini sudah kompatibel dengan iPod dan didukung tombol audio di lingkar kemudi. Pengemudinya dapat mengoperasikan audio tanpa harus melepas tangan dari setir. Namun, setir multi-fungsi untuk pengaturan audio dan telepon handsfree hanya tersedia pada Brio E atau yang lebih tinggi.

Dibandingkan generasi sebelumnya, ruang yang bisa Anda dapatkan untuk menyimpan barang-barang di belakang semakin luas. Kini bagasi mendapat tambahan panjang 60 mm, dan lebih dari cukup bila untuk membawa tas maupun sepatu.

Fitur Keselamatan


Sistem keselamatan yang diberikan memang tak selengkap mobil lainnya yang lebih mahal. Tetapi varian terendah Honda Brio Satya S sudah mendapatkan Dual Front SRS Airbags dan struktur rangka bodi G-CON + ACE sebagai sistem keselamatan pertama selama berkendara.

All new Honda Brio Satya juga sudah mendapatkan fitur keselamatan yang cukup mumpuni pada segmennya. Fitur keselamatan aktif yang bisa Anda dapatkan yaitu sistem pengereman Anti-Lock Braking System dengan Electronic Brake Distribution (EBD).


Baru pada Honda Brio Satya E M/T dan CVT Anda bisa mendapatkan door lock otomatis serta sistem alarm dan immobilizer. Anda juga mendapatkan seatbelt reminder untuk pengemudi dan pretensioner pada kursi baris kedua.

Fitur keselamatan Anti-lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brake Distribution (EBD) pada umumnya hanya dijumpai pada kendaraan jenis sedan, MPV dan SUV. Namun untuk segmen Hatchback yang berstatus Low Cost Green Car (LCGC) fitur ini bisa ditemui pada All New Brio pada semua varian.

Dengan adanya ABS dan EBD, pengemudi bisa tetap nyaman berkendara di kondisi jalan yang licin. Mobil dapat terhindar dari roda terkunci saat melakukan pengereman secara mendadak. Selain itu, adanya EBD bekerja memberikan tekanan rem depan dan belakang yang proporsional sesuai dengan distribusi beban kendaraan. Hal ini dapat membantu pengemudi untuk mempertahankan pengendalian mobil supaya tetap presisi.

Honda Brio juga telah ditanamkan teknologi G-CON. yang membuat struktur rangka cukup rigid saat terjadinya benturan.Teknologi G-CON ini mampu menyerap gaya benturan sehingga mampu melindungi penumpang maupun pengemudi di dalam kabin. Teknologi G-CON telah melewati pengujian yang dilakukan Honda, dengan menahan benturan frontal di kecepatan 55 km/jam dan 64 km/jam.

Mesin dan Performa


Performa Mesin Honda Brio, Masih Sama Seperti Sebelumnya

Honda Brio dibekali mesin L12 B 1,2 liter i-VTEC empat silinder segaris Single Over Head Camshaft (SOHC). Tenaga maksimum yang dihasilkan dari mesin i-VTEC sebesar 90 PS di 6.000 rpm. Sementara torsi maksimum mencapai 110 Nm pada 4.800 rpm.

Walau pakai mesin peninggalan generasi pertama, tapi ada tambahan di bagian rasio bukaan katup (exhaust delay) yang telah diatur ulang, untuk konsumsi bahan bakar Iebih baik dan guna mengurangi gesekan di setiap bagian mesin. Faktor pendukung lain ialah pengembangan teknologi i-VTEC dengan bukaan katup tunggal, pada putaran mesin rendah.

Bicara soal karakter mengemudi, Brio Satya memiliki berat kosong 930 kg dengan kapasitas tangki bahan bakar sebesar 35 liter. Bobotnya tidak sampai 1 ton, sehingga membuat Brio tak kesulitan bermanuver. Terlebih, handling mobil ini juga cukup presisi sehingga membuat berkendara dalam kota jadi menyenangkan.


Spesifikasi Honda Brio

Mesin Honda Brio
TipeL12B 1.2L SOHC 4-silinder segaris i-VTEC + DBW
Isi Silinder1.199 cc
Tenaga Maksimum88.5 dk @ 6.000 rpm
Torsi Maksimum110 Nm @ 4.800 rpm
TransmisiManual 5-percepatan dan CVT otomatis
Sistem PenggerakFront-wheel-drive
Kaki-Kaki dan Suspensi Honda Brio
Suspensi DepanMacPherson Strut
Suspensi BelakangH-Shpae Torsion Beam
Rem Depan/ BelakangVentilated Disc/ Drum
VelgAlloy  Wheels 14 inci (Satya) 15 inci (RS)

Performa dan handling Honda Brio


Dalam pengujian yang dilakukan oleh pihak Honda Prospect Motor bersama dengan awak media, Brio sukses menembus angka 30an km/liter. Artinya, konsumsi bahan bakar mobil ini nyaris mirip dengan motor bermesin 150 cc.

Satu hal yang perlu kamu ketahui, Honda membatasi kecepatan Brio secara elektronik, termasuk hingga ke generasi kedua ini, yang mentok di 145 km/jam. Meskipun begitu, karakter performa Brio ini cukup memuaskan dalam hal akselerasi mobil yang responsif dan kinerja yang halus sehingga tak sulit mencapai kecepatan maksimal tersebut.

Menyempurnakan pengendalian yang menyenangkan, Anda akan mendapatkan sistem kemudi Electric Steering System (ESP), suspensi depan MacPherson Strut dan belakang H-Shaped Torsion Beam. Honda Brio ada pegas stabilizer yang lebih besar guna memberikan pengendaraan yang lebih stabil.

Jika melihat masalah handling, tak bisa disangkal bahwa Honda Brio RS terbilang lebih presisi dibandingkan Honda Brio Satya. Untuk Brio RS mengandalkan ban Bridgestone Potenza yang lebih lebar dan lebih besar, dimana ban ini sudah terkenal dengan kemampuannya yang jempolan.


Kesimpulan


Kesimpulan

Honda Brio Satya memang menjadi salah satu mobil murah untuk masyarakat perkotaan yang dinamis. Mengingat desainnya yang kompak dan harga honda brio yang terjangkau namun masih menghadikan fitur-fitur Brio terbaru.

Tidak dapat dipungkiri bahwa Honda Brio memiliki karakter yang cenderung karena ukurannya yang mungil. Dengan demikian maka mobil dapat lebih mudah melakukan manuver baik ketika parkir, jalan sempit dan mengarungi kemacetan.

Hal ini juga ditunjang bobot mobil yang lebih ringan membuat akselerasi semakin baik, serta kerja mesin juga tidak terlalu berat. Artinya, dengan bobot lebih ringan maka akan membawa mobil mencapai kecepatan maksimum lebih cepat.

Untuk sebuah city car bermesin 1.200 cc, Honda Brio punya tenaga yang cukup besar atau overpower. Melihat kemampuan mesin dan pengendalian yang lincah, hal ini yang jadi keunggulan mobil lima penumpang yang biasanya lebih fun to drive terutama di lalu lintas padat perkotaan.

Konsumsi bahan bakar Honda Brio 2024 baru di Indonesia adalah 5.92 liter per 100 km,danpabrikan mengklaim konsumsi bahan bakar Honda Brio RS M/T 2022 adalah 5.92 liter per 100 km, pabrikan mengklaim konsumsi bahan bakar Honda Brio RS CVT 2022 adalah 5.92 liter per 100 km, pabrikan mengklaim konsumsi bahan bakar Honda Brio Satya S M/T 2022 adalah 5.92 liter per 100 km, pabrikan mengklaim konsumsi bahan bakar Honda Brio Satya E M/T 2022 adalah 5.92 liter per 100 km, danpabrikan mengklaim konsumsi bahan bakar Honda Brio Satya E CVT 2022 adalah 5.92 liter per 100 km.

Jenis Bahan Bakar Transmisi Konsumsi BBM
Petrol(1199cc)CVT5.92 L/100km
Petrol(1199cc)MT5.92 L/100km

Mobil Rekomendasi

Model Mobil HondaTop 5 Mobil HatchbackTop 10 Mobil BensinPembaruan
Toyota

Toyota Camry

Rp 648,25 - 681,55 Juta

Lihat Mobil
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 161,50 - 181,10 Juta

Lihat Mobil
HAVAL

HAVAL H6

Rp 595,80 Juta

Lihat Mobil
TANK

TANK 500

Rp 1,20 Milyar

Lihat Mobil
Mendatang
Neta

Neta V II

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Kia

KIA EV9

Rp 1,99 Milyar

Lihat Mobil
MG

MG VS HEV

Rp 389,00 Juta

Lihat Mobil
Mitsubishi

Mitsubishi L100 EV

Rp 320,00 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Tiggo 5X 2024

Rp 269,00 - 299,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Vinfast

VinFast e34

Belum Tersedia

Lihat Mobil

Katakan pada saya Interior dari Honda Brio.

Interior dari Honda Brio adalah sebagai berikut:

VarianHonda Brio Satya SHonda Brio Satya EHonda Brio Satya E CVTHonda Brio RSHonda Brio RS CVT
Bahan Jok
Pengaturan Kursi Pengemudi
Pengaturan Kursi Penumpang Depan
Pengaturan Kursi elektrik Penumpang/ utama
Fitur Kursi Baris pertama
Fitur Memori pengaturan kursi
Fitur pengatur kursi penumpang depan
Pengaturan Kursi Elektrik penumpang belakang
Fitur kursi belakang
Sandaran tangan depan / belakang
Cup holder belakang
Pengaturan AC
AC baris belakang
Dasbor
Tampilan Head-up
Tilt steering
Telescopic steering
Steering Adjustment Electric
Lingkar kemudi Dengan Tombol Multi FungsiNYYYY
.

Katakan pada saya Machine Details dari Honda Brio.

Machine Details dari Honda Brio adalah sebagai berikut:

VarianHonda Brio Satya SHonda Brio Satya EHonda Brio Satya E CVTHonda Brio RSHonda Brio RS CVT
Kapasitas mesin (L)1.21.21.21.21.2
Kapasitas mesin (cc)11991199119911991199
Blok silinder
Jumlah silinder44444
Jumlah katup per silinder
Rasio kompresi10.1:110.1:110.1:110.1:110.1:1
Tenaga maksimum (PS)
Rpm at Max Tenaga
Torsi maksimum (Nm)
Rpm at Max Torsi
Kecepatan maksimum (km / jam)
Jenis bahan bakar
.

Apa Cruise system dari Honda Brio?

Berikut adalah Cruise system dan varian Honda Brio:

VarianHonda Brio Satya SHonda Brio Satya EHonda Brio Satya E CVTHonda Brio RSHonda Brio RS CVT
Cruise systemNNNNN