Tips: Apa Benar Mesin Turbo lebih Efisien Soal Konsumsi Bahan Bakar? Simak Penjelasannya

Perkembangan teknologi begitu pesat pada komponen mobil, termasuk sektor mesin yang selalu menjadi tolak ukur dalam membeli mobil. Bukan hanya tenaga yang dihasilkan tetapi tingkat efisiensi mesin dalam mengkonsumsi bahan bakar menjadi pertimbangan. Lalu apakah benar mesin turbo lebih efisien dalam mengkonsumsi bahan bakar dan biaya perawatannya?

Yakin mesin turbo lebih efisien?

Perkembangan mesin turbo diawali pada penggunaan untuk memenuhi kebutuhan dalam berkompetisi. Istilahnya mesin turbo dulu hanya untuk mobil-mobil balap. Pada awalnya turbo yang berbentuk seperti ‘keong’ merupakan komponen tambahan untuk mendongkrak tenaga mesin.

Turbo merupakan hasil temuan dari oleh Alfred Büchi seorang insinyur berkebangsaan Swiss yang kemudian mematenkan penemuannya pada tahun 1905. Pengertian dari turbo adalah sebuah sistem pemampat udara dengan tujuan untuk meningkatkan induksi pada sebuah mesin internal combution. Alhasil tenaga yang dihasilkan meningkat drastis.

Sistem kerja Turbo pada mesin mobil

Turbo pada mesin mobil bertujuan untuk memampatkan udara yang berasal dari sebuah poros yang memiliki dua buah turbin. Turbin pertama berada pada sistem exhaust yang bergerak berkat aliran gas buang dari mesin. Antara kedua turbin terhubung dalam satu poros yang sama sehingga saat turbin pertama berputar, maka turbin lainnya ikut berputar.

Ilustrasi sistem kerja turbo

Jika turbin pertama berada dibagian exhaust, turbin kedua yang berada di dalam rumah berbentuk ‘keong’  yang hebusan udara hasil perputaran turbin menuju ke dalam ruang bakar. Dan gerakan tersebut menjadi proses terjadinya turbocharging.

Diagram Turbocharger

Kemampuan turbocharging baru dapat dirasakan dalam putaran mesin tertentu sehingga efeknya baru dapat dirasakan. Turbocharging dapat dikatakan juga sebagai sebuah proses peningkatan jumlah udara sehingga tenaga maupun torsi dapat meningkat tanpa harus menambahkan kapasitas mesin mobil.

Mengenal jenis – jenis turbo

Saat ini terdapat tiga jenis turbo yang diaplikasikan pada mesin mobil, yakni Single turbocharger, Twin Turbo dan Twin Scroll.

Single Turbocharger

Single Turbocharger memiliki bentuk yang kompak sehingga pemasangannya tidak membutuhkan ruang dianding jenis turbo lainnya. Pemasangan Single turbo tergolong lebih mudah dan dapat menghasilkan tenaga seperti mesin berkapasitas di atas. Namun kelemahan Single Turbo adalah respinnya tidak secepat jenis turbo lainnya.

Twin Turbo

Memiliki kinerja yang sama dengan Single Turbo, tetapi Twin Turbo dapat dipasangkan secara pararel pada mesin model ‘V’ dibagian silindernya. Sistem pemasangan pun dapat disesuaikan kebutuhan. Kelemahan jenis Twin Silinder adalah biaya dan kerumitan dalam pemasangannya yang harus menyesuaikan perhitungan agar memperoleh hasil maksimal.

Twin Scroll Turbo

Bentuknya yang besar sangat membutuhkan ruang, namun yang paling diperhatikan pada turbo jenis Twin Scroll yaitu disain knalpot harus khusus sehingga membutuhkan biaya lebih tinggi. Untuk keunggulan Twin Scroll Turbo adalah rentang RPM lebih luas sehingga tenaga dapat lebih banyak tersalurkan.

Dan saat ini perkembangan turbo cukup signifikan seperti terdapat tipe VNT (variable nozzle turbocharger) maupun VGT (variable geometry turbocharger). Tetapi yang pasti tetap memiliki prinsip kerja yang sama.

Mobil Bermesin Turbo Pertama di Dunia

Kehadiran turbo tidak langsung digunakan pada mesin mobil, mesin Renault dengan turbo terpasang pada armada pesawat tempur milik Perancis dan langsung menuai kesuksesan. Setelah itu turbo dipasangkan pada mesin kereta api dan kapal laut.

Mesin dengan turbo untuk mobil baru dilakukan pada tahun 1983 melalui “Schweizer Maschinenfabrik Saurer” (Swiss Machine Works Saurer), Turbo diaplikasikan pada mesin diesel di tahun 1938. Pabrikan besar baru mengadopsi sistem turbo di tahun 1962, General Motor  dengan Oldmobile Cutlass Jetfire sebagai mobil penumpang pertama di dunia yang dilengkapi dengan peranti Turbocharge jenis Garret AiResearch.

Turbo Garret AiResearch

Dan kemudian piranti turbo mulai digunakan oleh berbagai pabrikan mobil yang tidak hanya pada mesin diesel hingga bensin.

Perbandingan mesin tanpa dan dengan Turbo

Lalu bagaimana perbandingan tenaga yang dihasilkan dari mesin mobil dengan turbo. Sebagai ilutrasi, mesin berkapasitas 1.500 cc tanpa mengunakan turbo akan menghasilkan tenaga 100 Ps. Sedangkan mesin dengan turbo yang juga berkapasitas mesin 1.500cc dapat mengeluarkan tenaga mencapai 130 Ps hingga 150 Ps. Tergantung teknologi yang digunakan dari setiap produsen mobil.

Twin Turbo terpasang pada  mesin Mustang

Keuntungan mesin dengan turbo

Mesin dengan turbo dipastikan memiliki tenaga lebih besar dibanding versi standar. Bahkan mesin mobil dengan turbo yang berkapasitas kecil dapat menyaingi mesin berkapasitas besar (tanpa turbo). Dengan mesin berkapasitas tidak besar, tentunya bobot keseluruhan mobil lebih kecil dibanding mobil dengan mesin kapasitas besar. Dengan bobot yang ringan, dapat dipastikan konsumsi bahan bakar lebih efisien.

Mesin dengan turbo akan lebih ringkas untuk bobot dan dimensinya

Bahan bakar pun memang lebih efisen dibanding mobil dengan mesin tanpa turbo. Diperkirakan mesin dengan turbo dapat menekan konsumsi bahan bakar mencapai 40% pada mesin berbahan bakar diesel dan 20% untuk meisn bensin. Selain itu, mesin dengan turbo memiliki teknologi yang dapat menekan emisi gas buang. Tentunya penggunaan mesin turbo akan lebih ramah terhadap lingkungan.

Kekurangan Mesin dengan Turbo

Mesin dengan turbo tetap memiliki kekurangan, mulai dari perawatan yang harus diperhatikan secara berkala. Paling tidak oli, filter udara hingga wajib menggunakan bahan bakar sesuai ketentuannya karena membutuhkan pembakaran yang sempurna.

Pengunaan mesin turbo tidak dapat langsung dimatikan, paling tidak menunggu hingga putaran idle. Hal ini membuat beberapa pabrikan menyediakan timer sehingga walau telah dimatikan akan tetap menyala hingga posisi idle dan otomatis mati.

Mesin dengan turbo biasanya terdapat efek nge-lag atau terdapat jeda ketika menekan gas. Pengemudi harus mengetahui karakter mobil agar tidak kerepotan saat akan menyalip mobil didepannya.

Kesimpulan Tentang  Mesin dengan Turbo

Memang mesin mobil dengan piranti turbo dapat meningkatkan tenaga dan lebih efisen dalam mengkonsumsi bahan bakar. Namun itu terjadi pada mesin OEM dari produsen bukan hasil modifikasi. Maksudnya, memodifikasi mesin dengan menggunakan turbo belum tentu dapat menghasilkan tenaga hingga konsumsi bahan bakar seperti pada mesin bawaan pabrik.

Mesin dengan turbo lebih efisien tetapi butuh perawatan ekstra

Butuh perhitungan detail untuk memastikan kinerja turbo dapat sesuai kebutuhan, terlebih pada mesin mobil yang digunakan pada kendaraan harian. Jangan sampai mengeluarkan modal besar tetapi ujungnya malah ‘boncos’. Ada cara lain yang lebih hemat seperti memodifikasi ECU untuk mengakali dan mengoptimalkan mesin mobil. Tetapi tetap membutuhkan bantuan sang ahli demi mendapatkan hasil memuaskan.
 

 

 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai w...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda HR-V

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

12.488 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Berita Terbaru

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil