Ini Perbedaan Tenaga dan Torsi di Kendaraan, Pengaruhi Kecepatan dan Kemampuan Akselerasi

Saat kita membaca daftar spesifikasi kendaraan bermotor, pasti akan dijelaskan soal torsi dan tenaga sebagai salah satu nilai jual.  Bagi sebagian dari kalian yang awam, mungkin cuma terfokus pada angka tenaga yang besar tanpa begitu memperhatikan torsi. Lantas, apa perbedaan tenaga dan torsi pada sebuah kendaraan?

Tenaga dan torsi tidak bisa dilepaskan dari performa sebuah kendaraan bermotor. Karakter mobil bisa dibaca dari besaran tenaga dan torsi pada lembar spesifikasi. Ada yang torsi puncak berada di putaran rendah dengan tenaga di putaran atas, atau torsi dan tenaga muncul pada putaran menengah yang hampir berdekatan.

Misalnya pada city car yang dirancang untuk mengejar efisiensi bahan bakar. Maka torsi puncaknya sudah ada sejak putaran bawah. Bahasa yang lebih sederhana, akselerasi awal lebih terasa bertenaga.

Pasti sebagian dari kamu masih bingung, apa bedanya torsi dan tenaga pada lembar spesifikasi. Apa pengaruhnya saat mobil dikendarai?

Kami akan mengulasnya secara singkat definisi dan pengaruh dari masing-masing satuan tersebut.

Perbedaan Torsi dan Tenaga

Satuan torsi dan tenaga berbeda-beda di tiap negara atau wilayah. Ada yang menggunakan PS atau HP untuk tenaga. Sementara itu torsi dihitung dengan satuan Nm, Kgm, atau pound feet.

Penjelasan pertama dimulai dengan torsi, yaitu gaya dorong yang diproduksi mesin. Melalui video yang diunggah akun Engineering Explained di YouTube, dijelaskan contoh torsi pada kunci ring dipengaruhi oleh jarak atau panjang gagang.

Perhitungan ini sebenarnya sudah diajarkan pada pelajaran Fisika SMP. Namun kita mungkin belum menyadari bahwa perhitungan mengubah torsi ini sudah ada pada bagian 'pesawat sederhana/pengungkit'.

Semakin panjang gagang, maka tenaga manusia yang dibutuhkan untuk memutar mur atau baut semakin ringan. Mesin juga menghasilkan torsi dari hasil engkolan connecting rod alias setang seher.

Untuk torsi pada silinder ini dipengaruhi oleh panjang langkah atau stroke. Semakin panjang maka torsi yang dihasilkan makin besar.

Jason Fenske sebagai video host ini menjelaskan, torsi dari dalam mesin torsi yang akan ditransfer ke roda bisa dimanipulasi atau diubah dengan perbandingan gigi rasio transmisi.

Ambil contoh Kijang Innova Diesel dan Fortuner Diesel dengan mesin yang sama. Pasti tenaga dan torsi yang dihasilkan akan berbeda. Sebab, Fortuner sebagai sebuah SUV butuh torsi lebih besar untuk menggerakkan mobil yang lebih berat bobotnya.

Besarnya Tenaga Mempengaruhi Kecepatan Mobil

Bila torsi berbicara pada sisi akselerasi, maka tenaga berhubungan dengan kecepatan sebuah kendaraan. Fenske menjelaskan bila semakin cepat mobil melaju maka semakin besar tenaga yang dibutuhkan, begitu pula sebaliknya.

Kita ambil contoh supercar seperti Bugatti dengan tenaga hingga lebih dari 1.000 hp bisa melesat dengan kecepatan 400 km/jam.

Rumus sederhana soal besaran tenaga dari mesin, yaitu dihasilkan dari torsi dikalikan putaran mesin. Semakin cepat putaran mesin maka besaran tenaga semakin meningkat.

Hubungan Torsi dan Tenaga Terhadap Kemampuan Akselerasi

Dalam video ini Fenske kemudian menjelaskan soal hubungan antara torsi dan tenaga dalam proses akselerasi. Ternyata, semakin besar tenaga berdampak pada waktu akselerasi yang makin singkat.

Penjelasannya, naik turun torsi masih bisa dimanipulasi atau diubah oleh girboks, sedangkan besaran tenaga murni dari hasil kinerja mesin. Torsi ini bisa semakin melonjak berdasarkan hitungan gigi rasio.

Misalnya torsi murni dari mesin sebesar 50 Nm dengan angka perbandingan gigi rasio 2.50, maka dihasilkan torsi 125 Nm atau 2,5 kali lipat dari torsi awal dari mesin.

Masih dari video tersebut, Fenske membeberkan dalam sebuah kurva, dimana torsi puncak ini berdampak pada kemampuan maksimal saat akselerasi. Inilah yang dirasakan oleh pengemudi yang semakin terdorong mundur ke sandaran kursi saat menginjak gas.

Torsi Bisa Dimanipulasi, Tenaga Tidak

Masih banyak masyarakat di sekitar yang belum sepenuhnya memahami tentang pengertian torsi dan perbedaannya dengan tenaga. Torsi lebih banyak memiliki peran untuk mengatur putaran mesin, sehingga mobil yang dalam keadaan diam bisa bergerak.

Pengertian torsi bisa dipahami sebagai sebuah gerakan berupa dorongan yang terjadi di ruang pembakaran pada mesin. Untuk menghasilkan akselerasi yang gahar, torsi dari mesin bisa diubah dengan perbandingan gigi rasio yang besar.

Dikutip dari laman resmi Suzuki, torsi ini berawal dari adanya sebuah ledakan tenaga yang terjadi di ruang bakar pada mesin. Setelah itu tenaga yang dihasilkan akan tersalurkan menuju roda gila, gardan, dan transmisi dengan bantuan kruk as. Lama kelamaan roda tersebut pun akan mulai bergerak.

Sedangkan untuk tenaga, akan memiliki peran ketika mobil tersebut sudah mulai bergerak. Semakin cepat mobil melaju maka produksi tenaga yang dihasilkan pun pasti semakin besar atau bertambah.

Setelah bergerak, pengemudi harus membuat mobil tersebut melaju dengan cepat dan semakin kencang. Dalam hal ini tenagalah yang memiliki peran penting. Jadi jika Anda melihat sebuah mobil melaju sangat kencang, itu berarti tenaganya yang diberikan juga besar.

Praktik Mengetahui Perbedaan Tenaga dan Torsi

Bila ingin mengetahui secara mudah kinerja torsi dalam dunia nyata, bisa dengan mempraktekkannya memakai mobil metik dengan transmisi CVT. Dalam transmisi CVT telah mengatur gigi rasio secara konstan dengan selalu menjaga tenaga pada puncaknya.

Bila kita menginjak gas secara gradual dengan berpatok pada putaran mesin dimana torsi puncak dihasilkan, maka sanggup berakselerasi lebih cepat ketimbang manual. Bila ingin membuat mobil segera melesat maka pertahankan putaran mesin sesuai tenaga puncaknya berada.

Kita tinggal melihat data spesifikasi teknis. Misalnya tenaga 450 Hp pada 6.000 rpm dengan torsi 250 Nm pada 4.000 rpm, maka akselerasi spontan bisa kita dapatkan saat menginjak gas hingga putaran 4.000 rpm dari kondisi diam.

Kemudian bila ingin makin ngebut setelah akselerasi, maka gas ditambah hingga putaran 6.000 rpm setelah mobil berjalan. Disinilah peran tenaga untuk menggerakkan mobil semakin cepat.

Kesimpulan

Perbedaan tenaga dan torsi ini begitu berpengaruh terhadap performa kendaraan. Kita bisa mensiasati kebutuhan torsi dengan mengubah rasio gigi, namun akan sulit mengubah besar kecilnya tenaga yang diproduksi oleh mesin.

Sudah tidak lagi bingung kan sekarang saat baca spesifikasi?  

Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda City

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

12.488 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Berita Terbaru

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil