Deretan Fitur Standar di Mobil yang Malah Jarang Dipakai Orang Indonesia

Mobil yang berkualitas tidak cuma dilihat dari built quality tapi juga kelengkapan fitur yang menunjang kenyamanan dan keselamatan. Itulah mengapa mobil dengan tingkat keselamatan terbaik punya fitur keselamatan yang cukup lengkap. Namun ternyata, orang Indonesia ini masih banyak yang abai soal penggunaan fitur terutama yang berkaitan dengan safety.

Untuk kendaraan yang baru diluncurkan biasanya selalu mengalami kenaikan harga. Pabrikan beralasan kenaikan ini karena adanya penambahan fitur atau teknologi canggih. Lantas, apakah fitur yang tersedia di mobil ini kita gunakan semua atau malah jadi pelengkap?

Dari sekian banyaknya fitur mobil yang tersemat, ada beberapa yang memang tidak digunakan. Sebenarnya bisa tidak 'nganggur', namun banyak fitur mobil yang bahkan tidak diketahui keberadaanya di dalam mobil. Biasanya karena si pemilik kendaraan tidak pernah membaca buku manual.

Malas Baca Buku Manual Kendaraan, Bikin Abai Soal Fitur

Kebiasaan sebagian orang Indonesia, beli mobil tapi malas baca buku manual. Sebenarnya kadang alasannya bukan karena sekedar malas tapi tidak sempat atau buku manualnya terlalu banyak materi yang perlu dipelajari. Alhasil melihatnya saja sudah enggan untuk membaca.

Padahal, dalam buku manual atau panduan kendaraan dijelaskan terkait perawatan, fitur mobil dan cara menggunakan semua kelengkapan mobil. Bahkan, dalam buku manual kendaraan seringkali dijelaskan soal penanganan darurat bila terjadi masalah, sebelum memanggil mekanik.

Orang lebih suka bertanya langsung pada orang yang dianggap ahli, atau mencari informasi di internet mengenai masalah-masalah mobilnya. Untuk itu kita perlu sempatkan untuk baca buku manual kendaraan saat santai. Jadi, kita bisa memahami cara kerja seluruh fitur yang bahkan jarang dipakai sekalipun.

Nah, apa aja sih fitur menarik yang jarang dipakai oleh orang Indonesia? Ayo kita ulas lebih jauh lagi.

Seatbelt Kursi Belakang, Fitur yang Paling Sering Tidak Dipakai

Hayo ngaku, siapa sekarang yang selalu rajin pakai seatbelt kalau naik mobil di kursi baris kedua atau ketiga? Pasti jarang deh yang pakai, karena memang dari pengawasan pihak kepolisian juga cenderung hanya mengawasi pengemudi dan penumpang di depan saja. Padahal sih sebenarnya wajib menurut undang-undang dan memang kita perlu memakainya untuk perlindungan saat kecelakaan.

kebanyakan orang tidak memahami urgensi seat-belt di kursi belakang. Terlebih, pola pikir masyarakat selama ini juga masih belum sepenuhnya sadar soal penggunaan sabuk pengaman. Padahal bila ditelusuri, penumpang kursi belakang yang pakai sabuk pengaman tidak berisiko terhempas ke kursi depan saat terjadi tabrakan.

Fitur Isofix Sering Nganggur, Anak Pilih Dipangku

Isofix adalah standar untuk keselamatan balita di dalam mobil. Fitur ini berupa tempat untuk mengaitkan kursi bayi di kursi baris kedua atau di sandaran kursi baris pertama. Namun fitur ini lebih banyak tidak digunakan pemilik mobil, dengan alasan ribet.

Seringkali bayi lebih banyak digendong atau dipangku dan balita duduk langsung di kursi. Di sebagian masyarakat kita juga enggan memakai kursi bayi mengingat usia pakai kursi bayi yang singkat. Orang juga enggan membeli kursi bayi di mobil yang harganya terkadang hingga belasan juta rupiah.

Kunci Pengaman Anak (Child-Lock) Jarang Terpakai Karena Tersembunyi

Hampir semua mobil keluaran baru punya tombol kunci tambahan untuk pengaman anak-anak, yang letak tombolnya pada pilar B di balik pintu baris kedua. Jika fitur ini diaktifkan, pintu tidak bisa dibuka dari dalam walau tuas kunci yang dekat handle pintu sudah dibuka.

Fitur ini bertujuan supaya lebih aman bagi anak-anak yang sudah mengerti cara membuka pintu saat dalam perjalanan. Kebanyakan pemilik mobil tidak menggunakan fitur mobil ini karena tidak tahu bahwa fitur mobil ini ada. Ada juga yang enggan memakainya karena letak tombolnya yang tersembunyi.

Rear Defogger, Cuma Terpakai Waktu Badai

Cuaca hujan yang sangat lebat biasanya membuat kaca jadi berembun. Untuk menghilangkannya kita bisa menyalakan defogger. Namun, defogger ini bagi banyak pemilik mobil juga jarang terpakai.

Sebab, lingkungan tropis seperti di Indonesia ini walaupun hujan lebat tidak sampai membuat kaca berembun tebal. Permasalahannya mungkin hanya guyuran hujan yang sangat tinggi membuat wiper jadi sulit menyapu air.

Fitur ADAS, Jarang Terpakai Karena Dianggap Ribet?

Kebiasaan buruk di segelintir orang Indonesia yaitu tingkat percaya dirinya kelewat tinggi saat berkendara. Ini membuat pengemudi merasa sangat lihai dan seringkali merasa tidak membutuhkan fitur keselamatan aktif walaupun mengemudikan mobil mewah. Masyarakat Indonesia masih cenderung butuh fitur kenyamanan daripada keselamatan.

"Berdasarkan studi Toyota, untuk mobil-mobil seperti Rush dan Innova, masyarakat tidak terlalu merasa perlu akan fitur keselamatan canggih itu. Mereka lebih memilih fitur kenyamanan dan juga kapasitas penumpang," ucap Dimas Aska selaku Interactive Departement Head PT Toyota Astra Motor (TAM), belum lama ini.

Seiring kemajuan teknologi, kebutuhan fitur keselamatan aktif pun coba disediakan pada mobil kelas entry level seperti Toyota Raize. Toyota ingin melihat apakah masyarakat Indonesia telah menganggap fitur keselamatan aktif ini sebagai kebutuhan penting atau tidak.

"Dengan Raize yang pakai TSS juga sekaligus mengetahui bagaimana penerimaan pasar tentang fitur ini. Kami bisa jadi konsiderasi akan ada fitur TSS di model2 lain di masa mendatang," jelas Anton Jimmy Suwandy selaku Direktur Marketing PT TAM pada kesempatan yang sama.

Fitur Cruise Control, Jarang Terpakai Karena Lalu Lintas yang Tak Menentu

Kondisi jalan bebas hambatan di Indonesia ini sedikit unik karena pada jam-jam tertentu situasinya cukup ramai. Hal ini membuat mobil jadi sulit melaju dalam kecepatan konstan.

Padahal dengan lalu lintas yang lengang, kita bisa memakai fitur cruise control dan membiarkan kaki kanan beristirahat sejenak. Cruise control termasuk fitur mobil yang canggih pada mobil-mobil mewah. Adanya fitur ini membuat mobil berjalan pada kecepatan konstan di jalan bebas hambatan dan pengemudi tidak perlu menekan pedal gas, cukup mengendalikan kemudi saja.

Namun banyak orang yang enggan menggunakan fitur mobil ini dengan alasan khawatir jika pedal gas tidak dikendalikan sendiri. Terlebih, kondisi jalan yang tidak dapat dipastikan selalu bebas hambatan membuat kita jadi sulit berkendara secara konstan.

Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Daihatsu Rocky

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

12.488 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Berita Terbaru

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil