Kelemahan Daihatsu Luxio, Sering Dianggap GranMax Versi Mahal

Segmen minibus kini tak lagi selaris awal dekade 2000-an, yang jadi pilihan utama mobil keluarga. Kini, eksistensi minibus biasanya digunakan sebagai kendaraan komersial, untuk angkutan penumpang umum. Walaupun mewah ternyata Daihatsu Luxio tak luput dari banyak kelemahan yang membuatnya kalah dari GranMax.

Secara penjualan, Luxio ini masuk urutan buncit bersama dengan Sirion. Padahal, Luxio ini punya tampang yang berkelas dan kabin luas sebagai keunggulan utamanya. Tidak bisa dipungkiri kalau 'kegagalan' Luxio ini salah satunya karena dianggap sebagai Daihatsu GranMax versi mahal.

Sebab Daihatsu Luxio diketahui merupakan hasil dari pengembangan Daihatsu Gran Max. Keduanya diciptakan sebagai kendaraan multifungsi yang banyak disukai konsumen di Indonesia. Walau basisnya sama namun jelas ada banyak perbedaan supaya konsumen pengguna Luxio merasa lebih nyaman. 

Dari segi desain memang terlihat tidak terlalu istimewa dari mobil boxy lainnya. Tapi, soal fitur boleh diadu. Seperti aplikasi lampu kabut dan lampu HID yang membantu saat pengendaraan malam. 

Spesifikasi Daihatsu Luxio, Serupa GranMax

Daihatsu Luxio mulai dikenalkan ke konsumen otomotif nasional pada 2009. Mobil ini telah mengalami facelift pada 2014 lalu. Luxio dibekali mesin bensin bertipe 3SZ-VE DOHC VVT-i dengan pendingin cairan, 4-silinder segaris 16 katup dengan kapasitas mesin 1.495 cc (1,5 liter). Mesinnya serupa dengan yang digunakan pada Daihatsu GranMax 1.5. 

Daihatsu Luxio tersedia dalam dua tipe, yaitu tipe D dan tipe X. Sistem transmisi otomatis 4 percepatan hanya dimiliki oleh varian X, sedangkan sistem transmisi manual 5 percepatan dimiliki oleh tipe D dan X.

Karena sering disamakan sebagai GranMax versi mahal, ayo kita bandingkan harga keduanya. 

  • Daihatsu Luxio D MT Rp199.200.000
  • Daihatsu Luxio X MT Rp216.900.000
  • Daihatsu Luxio X AT Rp227.600.000

GranMax MB

  • MB 1.5 D PS FH E4 Rp185.100.000
  • MB 1.3 D FF FH E4 Rp175.700.000
  • MB 1.3 D FH E4 Rp169.500.000

Mobil ini memiliki panjang 4.165 mm, lebar 1.665 mm, tinggi 1.915 mm, serta jarak sumbu roda 2.650 mm. Dengan begitu, untuk ukuran dimensi mobil keluarga cukup lapang dan lega. Luxio juga sudah mengadopsi pintu geser (sliding door), yang membuat akses keluar masuk penumpang makin mudah.

Tidak seperti Suzuki APV yang kini cuma tersedia transmisi manual, Luxio ini punya opsi matic untuk kenyamanan berkendara. Namun, mengapa Luxio ini peminatnya cenderung sepi? Mari kita ulas kelemahan minibus yang diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor ini.

Interior Daihatsu Luxio Biasa Saja, Minim Fitur Istimewa

Karena postur mobil yang tinggi, posisi duduk di ruang pengemudi layaknya pengemudi bus. Kita tidak terlalu sulit untuk mencari posisi ideal. Tuas transmisi Luxio berada di bagian tengah dashboard, sehingga mudah dijangkau. 

Interior Daihatsu Luxio dirancang cukup  luas sehingga mampu mengangkut hingga 8 orang penumpang. Tapi sayangnya soal fitur di interior Luxio ini biasa saja. 

Bahkan Luxio tidak punya opsi captain seat yang membuat penumpang lebih nyaman. Padahal, Luxio ini sering digunakan sebagai kendaraan travel antar kota. 

Alih-alih pakai captain seat, Luxio cuma pakai hand rest untuk menyekat penumpang di kursi baris kedua. Bagian sandaran kursinya mendapat penambahan cup holder pada arm rest baris kedua. 

Fitur menarik di Luxio tipe X atau tipe tertinggi hanyalah head unit  layar sentuh yang dilengkapi pemutar CD, MP3, dan DVD dan juga input USB dan AUX. Sementara penyejuk udara dilengkapi dengan AC double blower. 

Untuk tipe D bahkan fitur kenyamanan di kabin sangat minim, karena tidak ada AC double blower dan cuma pakai head unit single DIN. 

'Hidung Pesek', Mesin Luxio Ada di Bawah Kursi Depan

Hal lain yang cukup disayangkan dari Luxio ialah karena mesinnya ada di bawah kursi depan. Kalau untuk perjalanan jauh, membuat baris pertama sedikit hangat sebagai pengaruh radiasi suhu mesin. 

Jadi suasana perjalanan bisa sedikit gerah, apalagi di siang hari yang terik. Mau tidak mau, penumpang dan pengemudi perlu menyalakan AC di suhu paling dingin dan kipas paling kencang.

Punya Mesin Besar, Performa Daihatsu Luxio Pas-pasan

Daihatsu Luxio menargetkan pangsa berbeda dengan GranMax yang lebih ditujukan sebagai mobil niaga untuk kalangan pebisnis. Luxio ini menargetkan konsumen pengguna pribadi maupun niaga, sehingga menjadi kompetitor sepadan bagi Nissan Evalia dan Suzuki APV Arena.

Dengan dimensi yang besar, performa Daihatsu Luxio ini bisa dibilang pas-pasan. Mesin kurang perkasa dan handling limbung. Pengguna Luxio sering mengeluh kalau minibus ini kurang bertenaga di medan tanjakan.

Ketidaknyamanan berkendara juga muncul dari handling yang limbung karena postur mobil yang cukup tinggi. Sementara bagi penumpang, mobil ini kerap dikritik karena karakter suspensi yang cukup keras bila hanya pengemudi dan seorang penumpang di depan. Padahal, Luxio ini dibangun sebagai mobil penumpang, tapi masih terasa seperti mobil barang.

Kelemahan Daihatsu Luxio, Minim Fitur Keselamatan

Fitur keselamatan yang dimiliki Daihatsu Luxio ini juga cukup minim, hanya memiliki fitur-fitur keselamatan dasar seperti airbags dan sabuk pengaman. Jadi, jangan bandingkan dengan minibus yang lebih mahal seperti Toyota Hiace yang sudah pakai ABS dan EBD. 

Sebenarnya generasi pertama Luxio sudah mendapatkan opsi fitur keselamatan Anti-lock Braking System yang bisa didapatkan pada model pra-facelift untuk varian M dan X. Namun pilihan ini tak lagi diberikan karena kurangnya permintaan dari konsumen di Tanah Air.

Luxio hanya mengandalkan mengandalkan rem cakram berventilasi dengan Booster dan Drum, serta Leading dan Trailings di bagian belakang sebagai sistem pengereman. Jadi, kita seperti mengendarai Zebra, minibus jadul era 90-an.

Kesimpulan

Daihatsu Luxio dengan ukuran kabin yang luas cocok sebagai mobil komersial yang bisa mengangkut hingga 8 penumpang di dalam kabin tanpa perlu berdesak-desakan. Sayangnya, konsep mobil angkutan penumpang ini hanya mementingkan akomodasi saja, dan kurang memperhatikan fitur kenyamanan.

Bila ingin mendapat fitur yang lengkap, harus memilih tipe X atau tipe yang teratas. Tipe D sebagai tipe dasar hanya dibekali fitur ala kadarnya. Kalau hanya sebagai mobil travel, Luxio ini sudah cukup pas walau tidak mewah. 

Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Raize

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

12.488 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil