Sejarah Panjang Transmisi Matic, Sudah Populer Sejak 1940-an

Mobil dengan transmisi otomatis dinilai lebih canggih dan effortless selama berkendara. Banyak yang mengira kalau transmisi matic ini adalah inovasi yang cukup baru. Padahal, transmisi matic ini punya sejarah yang cukup panjang di dunia.

Mobil matic pertama sebenarnya sudah diciptakan lebih dari 100 tahun lalu. Adalah Sturtevant bersaudara yang membuat proyek Horseless Carriage pada 1904. Kendaraan ini didukung dengan transmisi otomatis dua percepatan yang mampu berpindah sendiri.

Cara kerja transmisi ini sederhana, dengan memanfaatkan gaya sentrifugal. Ketika putaran mesin meningkat, gaya sentrifugal dari flywheel akan mendorong mekanisme transmisi masuk ke gigi lebih tinggi. Kemudian ketika putaran mesin turun dalam rpm tertentu, mekanisme pegas akan mengembalikan gigi ke posisi rendah. 

Pada zaman itu, penemuan transmisi otomatis ini sangat spektakuler. Namun sayangnya kurang dihargai karena masyarakat fokus untuk mengemudi. Saat itu orang lebih berpikir bagaimana menjalankan mobil yang merupakan inovasi mutakhir.

Selain itu karena buruknya kualitas ilmu teknik metalurgi transmisi matic pertama di dunia, membuat transmisi buatan Sturtevant bersaudara ini sangat sering rusak mendadak.

Jadilah inovasi tersebut dilupakan sejenak, sampai akhirnya Ford mengembangkan penemuan ini saat memproduksi Ford Model T. Mobil terlaris saat itu memakai transmisi otomatis 2-Speed.

Namun kelemahan transmisi matic bikinan Ford ini membuat mobil tak bisa berhenti saat gigi dalam posisi maju sehingga harus masuk posisi netral. Karena langsung terhubung mesin, maka saat mulai berjalan, mobil juga langsung melompat.

Melihat kondisi ini, Chrysler menyempurnakan dengan sistem kopling fluida. Teknologi fluida di transmisi membuat mobil bergerak lebih halus, terutama saat mulai berjalan.

Itu sepintas perjalanan awal transmisi otomatis di dunia. Mari kita simak lebih lanjut perjalanan transmisi tersebut. 

Ford Model T, Sejarah Awal Transmisi Matic di Mobil Produksi Massal

Sejarah transmisi otomatis ini semakin naik daun saat Ford memakainya dalam Model T. Transmisi 2-percepatan ini perpindahannya dilakukan memakai pedal di kaki.

Memang pengoperasiannya lebih mudah dari manual. Pengemudi hanya dituntut harus tahu mobil masuk ke posisi gigi mana saat berkendara.

Memang, hasil pengembangan oleh Ford ini belum sempurna karena mobil sering 'melompat' waktu start awal dan posisi masuk gigi. Lebih repot lagi kalau mau berhenti, karena harus masuk posisi netral. Tidak seperti sekarang, kita bisa mengerem sampai berhenti dengan posisi transmisi di D. 

Melihat kelemahan tersebut,  Chrysler mengembangkan sistem kopling fluida pada dekade 1930-an. Sistem ini memungkinkan terjadinya selip antar plat kopling sehingga mobil bisa start lebih halus dari posisi berhenti. Namun demikian, Chrysler belum memakainya dalam mobil produksi massal sebagaimana Ford Model T dahulu. 

Adalah General Motors yang menginisiasi transmisi otomatis dalam mobil produksi massal mereka. Transmisi yang dinamai Hydra-Matic, dimasukkan ke jajaran Cadillac dan Oldsmobile pada 1940. Cara kerja transmisi ini mirip dengan pengembangan Chrysler, memakai fluida untuk perpindahan gigi. 

General Motors, Pencetus Sejarah Transmisi Matic Modern

 

Dapat dikatakan kalau GM adalah pencetus transmisi otomatis modern karena sudah memakai 4-percepatan maju. Perpindahan giginya dilakukan secara hidrolik sehingga sangat praktis. GM lantas menjual teknologi ini ke pabrikan Eropa seperti Bentley dan Rolls-Royce.

Sejarah Transmisi Matic Modern, Dimulai Oleh Porsche dan Subaru

Teknologi hidrolik ini bertahan hingga puluhan tahun, digunakan oleh banyak pabrikan karena dianggap telah memadai. Seiring kemajuan teknologi, perpindahan gigi tidak lagi dilakukan secara mekanis lewat fluida tapi elektrik dari komputer atau ECU. 

Pabrikan mobil memikirkan cara bagaimana membuat transmisi otomatis semakin cerdas dengan kontrol dari komputer. Subaru membuka era baru ini dengan menampilkan Justy. Mobil ini bertransmisi CVT yang telah diatur secara elektronik.

Inovasi CVT buatan Subaru ini sangat halus dan beberapa mobil tetap menggunakannya hingga sekarang. Namun soal daya tahan CVT garapan subaru ini belum sekuat transmisi matic konvensional. 

Pada belahan dunia barat, Porsche melakukan gebrakan dengan membuat Tiptronic di tahun 1989. Tiptronic ini bekerja sebagai transmisi semi-otomatis pertama untuk mobil produksi massal.

Transmisi Tiptronic, Otomatis dengan Sensasi Perpindahan Ala Manual

Tiptronic adalah transmisi otomatis yang dapat dikendalikan seperti transmisi manual. Tujuan dibuatnya sistem transmisi Tiptronic adalah untuk memberikan kontrol kemudi yang lebih baik dengan sensasi perpindahan gigi mirip transmisi manual. 

Transmisi ini punya penambahan program ke Transmission Control Unit (TCU) yang disertai penambahan switch untuk opsi manual. 

Berikut ini adalah komponen penting di transmisi tiptronic:

  • Tuas transmisi yang bisa dipindahkan manual atau otomatis tergantung situasi mengemudi.
  • Komputer dengan program perpindahan transimisi yang bisa membaca kondisi medan berkendara. 
  • Tiptronic.
  • Indikator pada panel dashboard
  • Kunci pengaman
  • Torque converter dengan dilengkapi lock-up clutch.
  • Stationary Decoupling yang berfungsi ketika mobil berhenti dan posisi transmisi pada posisi drive, maka gearbox berubah menjadi posisi netral.

Kelebihan dari tiptronic ini adalah perpindahan giginya sudah terkomputerisasi dengan baik sehingga pengemudi bisa dengan mudah memakai mode manual saat hendak memindahkan gigi sesuai kebutuhan. 

Kalau bosan dengan perpindahan gigi, tinggal masuk ke mode Drive biasa. Kita pun cukup gas-rem saja seperti transmisi otomatis lain. 

Nah, tiptronic yang cukup rumit akhirnya muncul versi 'tiruan' dari transmisi CVT yang lebih sederhana. Konsepnya dengan menambah fitur simulasi perpindahan gigi.

Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Rush

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

12.488 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil