Alasan Mengapa Mobil Honda Didominasi FWD Sejak Era Civic Koper

Mobil dengan penggerak roda depan sudah cukup lama hadir di Indonesia. Bahkan Honda pun hampir selalu merilis mobil dengan front wheel drive dan beberapa all wheel drive. Rupanya, eksistensi mobil FWD sudah ada sejak lama, bahkan ketika era Honda Civic Koper. 

Puncak kesuksesan Honda dengan FWD yaitu ketika meluncurkan Civic Type R. Ini menjadi mobil yang praktis, andal, nyaman yang dapat dengan mudah digunakan setiap hari dan juga bisa dibeli dengan harga yang sangat wajar.

Honda pernah merilis mobil dengan rear wheel drive, namun unitnya sangat jarang. Bahkan produk mobil Honda yang hadir di Indonesia hampir seluruhnya pakai FWD. Ciri khas ini bahkan sampai mendorong Honda membuat iklan khusus berbahasa Inggris di media cetak Amerika.

Setidaknya, produk awal Honda yaitu Honda Vamos dan beberapa mobil sport bikinan Honda ada yang memakai RWD. Bahkan supercar Honda yaitu NSX pun dibangun memakai penggerak roda belakang. 

Tapi kenapa mobil penumpang Honda biasanya memakai FWD atau AWD? Berdasarkan screenshot iklan yang kami dapat, mari coba ulas alasan mengapa Honda fokus mengembangkan FWD di sebagian besar produk mereka.

Kelebihan FWD di Mobil Honda, Maksimalkan Kabin

Honda merancang mobil dengan penggerak roda depan karena memiliki beberapa keuntungan sesuai falsafahnya yaitu mungil di luar, lega di dalam. Honda berupaya supaya kabinnya lebih dari cukup untuk pengemudi dan penumpang.

Bila memakai penggerak roda belakang, maka ruang kabin akan berkurang karena adanya gardan yang melintang di kolong kabin. Karena memakai FWD, maka ruang kaki bisa cukup lega tanpa gundukan besar untuk gardan.

Pakai FWD Bisa Mengurangi Kebisingan Kabin

Selain itu, tingkat kesenyapan yang dimiliki oleh Mobil Honda dengan system Front Wheel Drive (FWD) terbilang lebih baik dibanding mobil sistem Rear Wheel Drive (RWD). Penumpang di kabin merasa nyaman karena cukup senyap. 

Karena dahulu mobil Honda ukurannya cukup mungil, maka cara untuk mengurangi kebisingan kabin tanpa memberikan banyak peredam ialah dengan memakai FWD. Sebagaimana kita ketahui, gerak putar gardan ini menimbulkan kebisingan dan getaran yang cukup bisa dirasakan penumpang di kabin. 

Pakai FWD Bisa Kurangi Bobot Mobil Secara Signifikan

Penerapan FWD di mobil Honda tidak semata hanya untuk utilitas maupun kenyamanan. Pabrikan yang didirikan oleh Soichiro Honda ini melihat benefit lain dari penggerak depan berupa bobot kendaraan yang ringan. 

Sebab, tenaga dari mesin setelah melewati transmisi langsung didistribusikan ke roda depan. Artinya, cukup sedikit komponen yang mendistribusikan tenaga, tidak seperti RWD yang butuh as kopel dan gigi diferensial di gardan belakang. 

Menurut Honda, bobot kendaraan yang cukup ringan membuat traksi yang dihasilkan FWD pun lebih baik. Beban yang lebih besar di depan juga membantu mobil untuk mendapat cengkraman ban yang baik di depan. Inilah yang membuat FWD lebih unggul dalam traksi terutama pada kondisi jalan yang licin.

Mobil RWD Honda, Apa Saja?

Walau selama ini Honda sering memproduksi mobil FWD, bukan berarti mereka tidak pernah merancang mobil RWD. Bahkan, mobil sport ikonik mereka yaitu Honda NSX generasi pertama dan kedua memakai penggerak roda belakang.

Itu saja? Tidak kok, kami akan mengulas mobil Honda yang memakai RWD. Hanya sedikit modelnya, tapi jadi icon kehebatan tim engineering Honda.

Model pertama yaitu Honda Vamos di awal 1970-an. Mobil ini berwujud pick up dan masuk kategori Kei Car untuk konsumen domestik Jepang. Kiprah Vamos kembali hadir di akhir dekade 1990-an sebagai Vamos Hobio. 

Model selanjutnya yang cukup ikonik yaitu Honda S2000. Kamu yang menjadi penggemar sekuel film Fast and Furious pasti tidak asing dengan mobil sport dua pintu ini. 

Honda S2000 adalah salah satu dari roadster dua kursi yang paling dicintai sepanjang masa. Mobil ini terkenal dengan handling yang sangat baik dan kinerja mesin putaran tinggi. 

Keluarga S Series yang ada di Jepang pun setia dengan RWD, seperti S500, S600 dan S800. Honda Beat (bukan skuter) juga termasuk Kei Car yang dibekali RWD. 

Honda NSX, Lawan Ferrari dan Lamborghini dari Jepang

Honda NSX generasi pertama adalah jawaban Honda untuk melawan Ferrari dan Lamborghini dan salah satu mobil terbaik tahun 1990-an. Kiprah NSX berlanjut ke generasi kedua yang hadir hingga saat ini. 

 

 

Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Veloz

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

12.488 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil