Bukan Volvo atau Mercedes-Benz, Tapi Leyland Bus Tingkat Pertama yang Ada di Indonesia

Bicara soal kendaraan umum atau sarana transportasi massal di Indonesia punya sejarah yang panjang dan menarik untuk diulas. Salah satu hal menarik ialah sosok bus tingkat yang sudah ada sejak akhir dekade 1960-an. Kehadiran bus tingkat pertama di Indonesia ini bukan disuplai pabrikan kawakan Mercedes-Benz atau Volvo lho.

Awal mula hadirnya bus tingkat pertama di Indonesia disuplai oleh pabrikan asal Inggris, Leyland. Bus tingkat pertama hadir pada tahun 1968 ketika Indonesia membeli 2 unit Leyland Titan dari Inggris.

Bus ini itu dibeli secara kredit dengan harga 18.510 dolar AS. Adapun Leyland Titan ini dioperasikan oleh PPD untuk melayani trayek Blok M-Salemba – Pasar Senen. Setelah beroperasi selama 17 bulan, pada Februari 1970, cicilan bus-bus ini kabarnya telah lunas.

Kiprah merek Leyland ini sebagai merek pemasok bus tingkat bisa bertahan hingga puluhan tahun, misalnya Leyland Titan digunakan 1968 sampai 1982. Bus akhirnya baru berhenti beroperasi setelah muncul generasi penerusnya yaitu Leyland Atlantean.

Penasaran soal kiprah bus tingkat asal Inggris tersebut? Mari kita bahas lebih lanjut.

Leyland Titan, Bus Tingkat Built Up Bergaya Khas Inggris

Inggris menjadi salah satu negara yang mengoperasikan sangat banyak bus tingkat sebagai transportasi umum. Soal desain, negara yang dipimpin oleh Ratu Elizabeth II ini punya desain yang ikonik dan khas, dengan mesin depan dan kabin pengemudi persis di sebelah mesin.

Leyland Titan ini berkonfigurasi mesin depan (front engine) dan type yang masuk Indonesia adalah Leyland Titan PD3-11. Leyland Titan generasi ketiga itu ditenagai mesin diesel direct injection 6 silinder Leyland seri 0 600, dengan kapasitas 9784 cc. 

Mesin ini mapu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 125 hp, dan didukung girboks manual yang sudah dilengkapi gigi syncromesh. Kelihatannya kecil, tapi sebenarnya cukup karena bobot kendaraan ini juga cukup ringan sebagai sebuah bus tingkat.

Bus  ini mempunyai berat 14 ton, dengan panjang sekitar 9 meter, dan lebar 2,5 meter. Berat yang ringan tersebut karena Leyland menggarap bis ini menggunakan bahan fiberglass bukan besi. Salah satu inovasi menarik lainnya dari leyland adalah penggunaan kaca lengkung, sehingga memperluas pandangan pengemudi.

Desainnya khas bus tingkat Inggris klasik pada era 60-an yang masuknya dari pintu belakang, langsung ada tangga untuk ke lantai 2. Bentuk bodinya yang membulat, khas bus-bus tingkat Inggris saat itu. Pada bagian depan dan sudutnya masih terlihat desain membulat dipadukan dengan gril berkelir kuning. 

Pada tahap awal, Leyland Titan beroperasi melayani rute Blok M - Salemba – Pasar Senen. Total penumpang yang dapat ditampung oleh bus ini adalah 83 orang. Pada kelanjutannya, bus ini juga beroperasi di luar Jakarta. Seperti misalnya di Surabaya, Semarang, Solo dan Ujung Pandang (Makassar). 

Leyland Atlantean, Bus Tingkat Inggris Bergaya Modern

Setelah beroperasi dari 1968, Leyland Titan digantikan dengan model baru dari Leyland pada 1982. Tipe baru tersebut adalah Leyland Atlantean, yang desainnya juga jauh berbeda dibandingkan Titan, karena modern. 

Nah, desain Leyland Atlantean ini juga tak kalah ikonik karena juga digunakan di beberapa negara, seperti Hongkong salah satunya. Kalian yang suka nonton film Jackie Chan pasti sudah tidak asing dengan adegan bergelantungan di bus tingkat pada film Police Story. Nah bus tingkat tersebut ialah garapan Leyland yang dipasok ke Hongkong. 

Leyland Atlantean beroperasi pertama kali pada 1983. Berbeda dengan Titan, layout mesin Leyland Atlantean berada di bagian belakang dengan pintu masuk di bagian depan. 

Asal usul datangnya Leyland Atlantean berasal dari program hibah Pemerintah Inggris. Ada yang menyebutkan kalau hibah armada bus tingkat Leyland Atlantean berkaitan dengan pengadaan pesawat jet latih tempur HS Hawk  untuk TNI-AU yang dibeli dari Inggris pada tahun 1980. Distribusi Leyland Atlantean ada yang didatangkan langsung dari Inggris, ada pula yang second dari Singapura. 

Leyland Atlantean yang masuk ke Indonesia berjumlah 108 buah dan kemudian didistribsikan ke beberapa kota seperti Surabaya dan Semarang. Untuk pengelolaan bus ini dipegang oleh Perusahaan Pengangkutan Djakarta (PPD) untuk wilayah Jakarta dan Perum DAMRI untuk Semarang dan Surabaya.

Leyland Atlantean di Inggris merupakan bus tingkat yang mempunyai masa produksi cukup lama yaitu 1958 hingga tahun 1986. Bahkan, Atlantean merupakan pioner bus tingkat yang pintu masuknya dari depan serta penempatan mesin ada di belakang. 

Spesifikasi Leyland Atlantean, Tenaga Lebih Besar Dari Pendahulunya

Bus Tingkat Leyland yang masuk indonesia mempunyai kode Leyland Atlantean An 68/2R dengan karoseri Alexander (diproduksi antara tahun 1972-1984). Mesinnya masih khas Leyland dengan kode O68O diesel 11.2 L berkonfigurasi 6 silinder inline. 

Tenaga maksimal yang dihasilkan juga jauh lebih besar, hingga 174 hp @ 2000 rpm dan torsi maksimal 690 nm @ 1200 rpm, Tenaga dari mesin kemudian disalurkan via transmisi matik pneumolyc 5 percepatan lansiran Voith. Dengan mesin baru, GVW sasis bus ini ada di angka 16.2 ton.

Kiprah Leyland Atlantean Hanya Seumur Jagung, Kalah dengan Keadaan

Hal yang sangat disayangkan, bus ini tidak bisa berumur panjang. Pada medio 1990-an bus ini mulai di non aktifkan. Ini berarti umur bis ini hanya 10 tahun saja bila dibandingkan dengan Leyland Titan yang bisa puluhan tahun. 

Ada dua penyebab bis ini dinonaktifkan. Alasan pertama adalah kondisi kendaraan yang kurang layak akibat perawatan kurang baik karena spare part yang cukup mahal karena harus impor dari luar negeri. 

Penyebab kedua adalah kondisi lalu lintas jalan ibukota yang semakin macet, sehingga menyulitkan manuver bus. Selain itu, laju bus yang lambat juga membuat banyak penumpang enggan menggunakan bus tingkat. Banyak pengguna bus tingkat yang kemudian beralih ke moda transportasi lain yang lebih cepat.

Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda City Hatchback

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

12.488 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil