Perbedaan Antara Power Steering Hidrolik dan Elektrik, Pahami Keunggulannya Masing-masing

Power steering menjadi suatu fitur yang amat memudahkan bagi pengemudi ketika memutar setir. Fitur ini membuat roda kemudi jadi ringan saat kita putar untuk berbelok. Untuk sekarang ini, power steering di mobil terbagi atas sistem hidrolik dan elektrik, jadi kalian harus tahu perbedaan antara keduanya.

Power Steering dipatenkan pertama kali pada 1900 oleh Robert Twyford. Karena fungsinya yang cukup penting, power steering sudah banyak dipasang pada mobil sebagai kelengkapan standar.

Power steering ini fungsinya jelas vital, karena bila tidak memiliki fitur ini maka bisa dipastikan setir akan terasa berat saat diputar. Awalnya, sistem power steering ini bekerja dengan berdasarkan sistem hidrolik. Cara kerjanya memanfaatkan tekanan fluida dari pompa membuat putaran setir jadi ringan.

Pada perkembangannya, power steering kini bekerja memakai sistem elektrik untuk mobil keluaran terbaru. Putaran setir dibuat lebih ringan dengan bantuan motor atau dinamo. Itulah konsep dasar perbedaan keduanya, dan kali ini kita akan membahas secara detil perbedaan antara power steering elektrik dan hidrolik.

Power Steering Hidrolik, Teknologi Konvensional yang Banyak Dipakai Motuba

Untuk mobil yang usianya cukup tua, di atas 20 tahun, umumnya masih memakai power steering hidrolik. Power steering hidrolik adalah jenis yang paling banyak digunakan dalam dunia otomotif, mulai dari truk besar sampai mobil biasa. Power steering ini bisa dikatakan masih konvensional yang kerjanya menggunakan oli dengan tekanan dari pompa. 

Sistem kerja hidrolik berarti menggunakan fluida atau cairan yakni oli, sebagai media penggerak. Mesin bakal menggerakkan pompa untuk menyalurkan oli menuju sistem power steering.

Kelebihan hidrolik ini yaitu jika terjadi kerusakan bisa lebih mudah diperbaiki. Cukup melakukan penggantian hanya pada salah satu bagiannya saja yang rusak, tidak seluruhnya. 

Kerja power steering ini bergantung pada pompa yang terhubung mesin. Saat mesin hidup, secara otomatis power steering hidrolik ikut bekerja. Itulah mengapa, sistem kemudi ini lebih boros bahan bakar, karena sistem kerjanya membebani mesin.
 
Seiring perkembangan zaman, power steering hidrolik mengalami inovasi, dengan dipasangi suatu sensor speed sensitive steering. Dengan inovasi ini, tingkat kelenturan setir dapat disesuaikan dengan kecepatan mobil. 

Semakin cepat laju mobil, setir akan semakin berat untuk diputar. Begitu pula sebaliknya, ketika laju mobil melambat, setir akan semakin ringan untuk diputar.

Komponen Pada Power Steering Hidrolik, Apa Saja?

Pada power steering hidrolik, ada empat komponen utama yang digunakan. Komponen tersebut terdiri dari pompa, reservoir tank, pipa dan selang, serta steering rack assembly.

Pompa power steering berguna untuk menghasilkan tekanan oli power steering. Pompa ini diputar oleh mesin mobil menggunakan fanbelt. Tekanan oli berfungsi menekan piston dalam power steering rack assembly.

Oli atau cairan power steering tersimpan dalam reservoir terpisah. Saat bekerja, oli bertekanan akan dialirkan melalui selang atau pipa menuju rack asslembly yang punya tugas meringankan tenaga saat sedang memutar setir.

Power steering hidrolik sangat mudah dirawat dan untuk komponen mobilnya dijual dengan harga yang cenderung murah. Akan tetapi, power steering hidrolik berpotensi untuk membebani mesin sehingga bahan bakar bisa terkuras lebih boros. Ditambah lagi, selang oli pada sistem hidrolik bisa berpotensi bocor dan menyebabkan kerusakan.

Electric Power Steering, Bikin Berkendara Jadi Mudah dan Efisien

Karena isu kerja mesin yang jadi semakin berat ketika memakai power steering hidrolik, pabrikan mobil lantas berevolusi menciptakan power steering elektrik. Secara komponen, EPS ini jelas lebih canggih dan rumit karena komponen yang dimiliki lebih banyak.

EPS pada dasarnya bekerja berdasarkan sistem otomatis yang diatur oleh komputer, sehingga tidak perlu memakai cairan atau oli. Adapun komponen yang mencakup dalam sistem EPS antara lain electronic control module, motor listrik, torque sensor, steering clutch, noise suppressor dan on board diagnostic. Sesuai dengan namanya, sistem power steering ini mendapat sumber energi dari baterai atau aki. 

Perbedaan Cara Kerja Power Steering Hidrolik dan Elektrik

Walau komponennya rumit, cara kerja pada EPS jadi lebih sederhana. Saat mesin hidup, ECM akan mendapat suplai aliran listrik dari baterai. ECM akan meneruskan ke clutch sehingga main shaft dan motor steer akan terhubung. Saat setir mulai dibelokkan, sensor akan mendeteksi seberapa besar momen puntir yang diterima.  

Sensitivitas setir dapat disesuaikan langsung dengan kecepatan laju mobil melalui sensor kecepatan. Hal inilah yang menggambarkan kepraktisan dan kecanggihan power steering elektrik, karena semuanya diatur memakai modul komputer. 

Karena memakai daya elektrik, maka kerja mesin jadi sedikit lebih ringan. Kuncinya ialah pasokan listrik ke aki yang tetap lancar dan prima. Dengan demikian, kerja mesin bisa tetap optimal dan efisien. Dikutip dari laman Daihatsu, power steering elektrik rata-rata hanya tahan sampai usia lima tahun atau 100.000 km. 

Kesimpulan

Mobil keluaran baru umumnya telah didukung oleh sistem power steering elektrik, karena tuntutan efisiensi mesin dan alasan kepraktisan. Kita akui, sistem kerjanya telah didukung oleh electric modul control dan berbagai sensor, sehingga feedback setir lebih presisi di berbagai tingkat kecepatan. 

Namun kalau terjadi kerusakan biasanya power steering elektrik ini perlu mengganti satu set atau assy, sehingga perbedaannya cukup kontras dengan versi hidrolik. Untuk teknologi konvensional ini, hal yang ditakutkan hanyalah terjadi kebocoran karena seal yang rusak karena usia atau kesalahan pemakaian. 

Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Calya

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

12.488 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil