Mengenal Kelebihan VW Safari, Mobil Dinas Camat di Indonesia yang Dulu Sempat Dijual Oleh Porsche

Sosok VW Safari mungkin kurang familiar bagi sebagian orang, karena populasinya tak sebanyak VW Beetle alias VW Kodok atau VW T2 alias VW Kombi. Model yang satu ini punya sejarah yang cukup panjang dan berliku di dunia. Bagi yang kurang familiar, VW Safari ini juga dijuluki sebagai VW Camat karena dulu menjadi kendaraan dinas untuk operasional bapak camat. 

VW Safari ini masuk ke Indonesia pada dekade 1970-an, saat sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan di berbagai sektor. Dengan kondisi jalan tidak memadai dan masih minim sarana maupun prasarana, akses untuk menjangkau daerah-daerah terpencil sangat susah. 

Pemerintah perlu sarana transportasi yang menjangkau lokasi terpencil tersebut untuk para pejabat daerah. Dari pertimbangan tersebut, kemudian diputuskan untuk membeli VW Tipe 181 atau VW Safari sebagai kendaraan dinas untuk pejabat setingkat Camat di daerah.

Mobil ini juga memiliki berbagai nama seperti Kurierwagen di Jerman Barat, Trekker di Inggris, the Thing di Amerika Serikat, Pescaccia di Italia dan Safari di Meksiko dan Amerika Latin. Porsche pun konon pernah melakukan rebadge dari VW 181.

Kita kali ini akan membahas seperti apa hebatnya teknologi yang digunakan sejak Era Hitler masih mampu bertahan sampai sekarang. Ini merupakan suatu kelebihan dari VW Safari yang bisa tetap bertahan sejak 1970-an sampai sekarang. 

VW Safari Jadi Cikal Bakal Porsche Cayenne?

Bisa dibilang, mobil dengan nama resmi Volkswagen 181 dan 182 ini adalah inspirasi lahirnya Porsche Cayenne. Dulu, pihak Porsche berkeinginan kalau dealer-dealer Porsche di Amerika supaya juga ikut menjual SUV. Modelnya pun buatan Porsche sendiri. Tujuannya agar penjualan Porsche tidak hanya bergantung ke penjualan mobil sport saja. 

Manajemen Porsche yang masih satu grup dengan VW, kemudian mengeluarkan versi rebadge type 181 untuk memenuhi permintaan dealer di Amerika sebanyak 5 unit.  Nasib VW 181 ini ternyata kurang mujur, karena cuma laku 1 unit, dibeli sebuah dealer Porsche-VW di Nevada. 

Nah, inilah yang jadi asal muasal VW Safari ini yang jadi ilham Porsche di kemudian hari menggarap model SUV tersendiri, tak lagi bergantung ke pihak VW. Setelahnya pada 1973, Type 181 dijual resmi oleh pihak Volkswagen dengan sebutan The Thing. 

Kelebihan VW Safari, Mobil dengan Teknologi Peninggalan Era Perang Dunia II 

Lahirnya VW safari atau Volkswagen Tipe 181 ini dimulai saat tentara angkatan darat Jerman memesan kendaraan untuk operasional kepada Volkswagen. Pada saat itu, tentara memerlukan kendaraan tangguh untuk berbagai medan dengan harga murah dan mudah dirawat.

Volkswagen Type 181/182 merupakan varian pengembangan dan sipil dari VW Kübelwagen yang merupakan kendaraan taktis ringan militer Nazi Jerman dalam perang dunia kedua. Sebagai informasi, Kübelwagen ini jadi andalan tentara Jerman-Nazi saat bertempur di gurun Afrika sampai Uni Soviet. 

Pasca perang berakhir dan industri otomotif Jerman diperbolehkan memproduksi mobil sendiri oleh pihak sekutu, VW memproduksi versi sipil dari Kübelwagen. Basis mobil tersebut sudah yang sudah terbukti tangguh dan membuat Nazi Jerman memenangkan beberapa pertempuran. 

Karena awalnya dibuat untuk kebutuhan militer, desain serba kotak dengan fitur seadanya. Untuk melindungi penumpang dari cipratan air hujan, digunakan atap terpal alias soft top yang dibuka tutup secara manual.

Sejarah produksi mobil VW Safari ini, hanya diproduksi dalam dua periode saja, yang pertama dari tahun 1969-1972 semua diproduksi di Jerman, kemudian pada periode berikutnya tahun 1972-1980 diproduksi di Meksiko.

Pihak VW memanfaatkan basis dari berbagai model yang dimiliki, supaya VW Safari ini proper sebagai mobil penumpang. Setidaknya, ada tiga model yang dimanfaatkan platformnya oleh VW, yaitu Beetle, T2 Transporter, dan Karman Ghia. 

Gardan depan merupakan hasil pengembangan VW Beetle, Floorpan atau lantai dan rangka memanfaatkan milik VW Karmann Ghia yang lebih lebar, dan as gardan belakangnya memakai milik VW Transporter model swing axle. 

Pihak VW pada tahun 1973 mengubah rancangan as belakangnya menjadi seperti milik Porsche model double jointed axles yang dilengkapi dengan constant velocity joints. Kelebihan dari VW Safari ini jelas pada bagian plat body yang cukup tebal karena dulunya memakai basis mobil perang.

Mesin VW Safari Kapasitasnya Cukup Besar, Akomodir Bobot Mobil yang Berat

Mesin yang digunakan oleh VW Safari sedikit berbeda dibandingkan dengan mesin VW Kodok. Konfigurasinya masih sama-sama rear engine boxer 4 silinder OHV pendingin udara. 

Perbedaan ini ada pada kapasitas mesin, dimana Safari pakai mesin berkapasitas 1.500 cc san 1.600 cc. Kapasitasnya lebih besar karena beban kerja mesin VW Safari lebih berat dibanding VW Kodok. 

Kedua mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 40Hp pada 3.000 rpm dikombinasikan transmisi manual 4 percepatan sinkromesh yang didistribusikan ke roda belakang.

Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki Carry

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

12.488 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil