Perbandingan Toyota Land Cruiser 200 vs Land Cruiser 300, Versi Lama Jadi Andalan Jokowi

Setelah debut global pada tahun lalu, PT Toyota Astra Motor akhirnya merilis Land Cruiser 300 di Indonesia pada pekan lalu. Sosok Toyota Land Cruiser 300 langsung menyedot banyak perhatian pecinta otomotif. Sebagai perbandingan, desain Land Cruiser 300 lebih cadas dan futuristik sedangkan Land Cruiser 200 desainnya lebih glamor

Meneruskan era kejayaan LC 200, sosok LC 300 versi Indonesia ini juga hanya tersedia dalam satu tipe mesin dan transmisi. Kehadiran LC 300 di Indonesia bisa dibilang tinggal tunggu waktu,  mengingat nama Toyota Land Cruiser sendiri sudah begitu ikonik sebagai kendaraan off road "badak" penakluk segala medan.

Land Cruiser sendiri memiliki sejarah panjang. Mobil ini sudah terjual lebih dari 10 juta unit selama 68 tahun terakhir di seluruh dunia. 

Meskipun sudah discontinued, tapi Land Cruiser 200 meninggalkan nama baik dengan reputasi mentereng di Indonesia. Pasalnya, SUV flagship Toyota ini juga dipakai oleh pejabat tinggi negara. Bahkan, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo juga menggunakan Land Cruiser 200 sebagai kendaraan dinas saat berkunjung ke wilayah terpencil. 

Melihat catatan gemilang tersebut, apakah keunggulan Toyota Land Cruiser 300 bisa meneruskan sang pendahulunya? Mari kita bandingkan keduanya. 

Toyota Land Cruiser 200, SUV Mewah Andalan Presiden Joko Widodo

Tak cuma Mercedes-Benz, Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi juga kerap menggunakan Toyota Land Cruiser sebagai mobil dinas dalam berbagai tugas kenegaraan. Sosok Land Cruiser 200 juga ikut digunakan saat mengunjungi daerah dengan medan yang sulit seperti saat mengunjungi kawasan Ibu Kota negara yang baru. 

Toyota Land Cruiser 200 dipercaya menjadi mobil dinas Jokowi karena memang memiliki kemampuan untuk digunakan di jalanan dengan kontur yang sulit, tapi tetap menyajikan kenyamanan untuk penumpangnya. Mulai dari genangan air, termasuk medan berat seperti lumpur, pasir, hingga tanjakan terjal dengan permukaan berbatu sering dihadapi oleh SUV premium Toyota ini. 

Tercatat, Toyota Land Cruiser 200 yang digunakan Jokowi merupakan tipe 200 Full Spec alias varian tertinggi. Merujuk situs resmi Toyota Astra Motor, Land Cruiser tersedia dalam dua varian yakni tipe 200 STD Spec dan Tipe Full STD Spec.

Fitur Land Cruiser 200 Full Spec, Layak Jadi Mobil Kepresidenan

Kenyamanan menjadi nomor satu di dalam mobil ini. Ruang kabinnya mampu menampung hingga 8 orang penumpang, termasuk pengemudi. Kulit berkualitas terbaik digunakan pada kursi dan panel dashboard, untuk menunjang sensasi nyaman yang lebih maksimal, apalagi saat perjalanan jauh.

Audio mobil ini menggunakan JBL Synthesis Audio System dengan kualitas audio terbaik pada pemutaran MP3/WMA dan juga radio. Lalu, terdapat 4-Zone Climate Control with 28 Air Roulettes di ruang kabin yang lapang. Kemudian, dilengkapi dengan fitur Start/Stop Button untuk menghidupkan dan mematikan mobil. 

Fitur keselamatan di LC 200 tersemat fitur Hill Start Assist (HSA), Smart Key, dan dukungan The Ability to Perform Extremely dengan jaminan keamanan berkendara off road.

Di samping itu, ada fitur SRS Airbags sebanyak 10 buah untuk meminimalisir cedera saat seandainya terjadi kecelakaan. Juga, fitur Multi-terrain ABS yang dapat mendeteksi medan berat dalam kondisi apa pun. 

Spesifikasi Land Cruiser 200, Terbukti Tangguh di Medan Off Road

Land Cruiser 200 memiliki panjang 4.950 mm, Lebar 1.970 mm, dan tinggi 1.945 mm. Kapasitas Tangki mencapai 93 liter dengan berat 2.625 kg.  Guna menunjang kenyamanan dimensi tersebut, mobil ini punya suspensi depan dengan sistem Double Wishbone with coil spring & stabilizer. Serta suspensi Belakang 4 Link  coil spring.

Mesinnya juga tak kalah perkasa, pasalnya Land Cruiser 200 dibekali mesin V8 Diesel Commonrail 4.461 cc. Di atas kertas, mesin ini tercatat mampu menghasilkan tenaga maksimum 235 PS pada 3,200 rpm dan torsi Maksimum 616 Nm pada 2.200 rpm.

Toyota Land Cruiser 200 dibekali sistem gerak 4 roda full-time dengan transmisi otomatis 6 percepatan. Mobil ini diklaim mampu menanjak hingga sudut 45 derajat, dan berjalan miring hingga sudut 44 derajat.

Bagaimana dengan Land Cruiser 300, apakah lebih baik?

Toyota Land Cruiser 300, Tampang Bengis Khas Mobil Off Road

Urusan penampilan, LC 300 ini seolah seperti punya dua kepribadian. pada generasi terbarunya ini, pabrikan Jepang itu memberikan banyak revisi. Bukan cuma penampilannya yang dibuat semakin modern, namun juga dari segi fitur yang diunggulkan sampai spesifikasi teknisnya.

Land Cruiser 300 menjadi mobil pertama Toyota yang menggunakan platform TNGA-F. Sasis ladder frame yang dipakainya juga sudah mengalami penyempurnaan. 

Land Cruiser 300 memiliki rupa yang lebih modern tetapi masih terlihat kekar. Bentuk grill depan punya bilah-bilah lebih tebal dengan finishing chrome. Kemudian lampu utama juga bentuknya lebih pipih dan sudah LED multi reflektor. 

Untuk tipe GR-S, grill depan dihiasi ornamen yang lebih banyak aksen hitam. Khusus di tipe GR Sport, Toyota juga melakukan peningkatan wheel articulation untuk tetap menjaga ban mencengkram kuat ke permukaan tanah setiap saat.

Interior Mewah di Land Cruiser 300, Layak Jadi Mobil Pejabat Tinggi Negara

Layout dashboard begitu estetik yang seakan padu padan antara premium dan futuristik. Pada bagian tengah dashboard terdapat headunit layar sentuh yang seakan tersusun berundak dengan kontrol AC, beberapa tombol fitur mobil, serta tuas transmisi di bagian bawahnya.

Sejumlah fitur penambah kenyamanan turut disematkan, seperti Digital Video Recorder, Wireless Charger, Electronic Parking Brake, dan Power Back Door with Kick Sensor untuk buka tutup bagasi belakang. 

Performa Mesin Toyota Land Cruiser 300, Seberapa Hebat?

Toyota Land Cruiser 300 untuk Indonesia hanya tersedia opsi mesin diesel 3.3-liter V6 twin turbo berkode F33A-FTV dengan berkubikasi 3.346 cc. Di atas kertas, mesin itu menjanjikan tenaga 309 PS pada 4.000 rpm dan torsi maksimum 700 Nm di rentang 1.600-2.600 rpm.

Performa tadi jelas lebih jumawa bila dibandingkan dengan LC 200 dengan tenaga maksimum 235 PS pada 3,200 rpm dan torsi Maksimum 616 Nm pada 2.200 rpm.

Kesimpulan

Toyota tidak main-main dalam mempersiapkan Land Cruiser 300. Berbagai inovasi maupun upgrade teknologi serta performa membuat SUV premium ini jauh lebih baik ketimbang pendahulunya. Spesifikasinya pun dinilai layak jadi penerus mobil kepresidenan.

Jadi, masih meragukan kehebatan Land Cruiser 300? 

Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Calya

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

12.488 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil