Kelebihan dan Kelemahan Teknologi Spion Kamera di Bus, Makin Populer di Indonesia

Selama ini yang kita sering jumpai dari suatu bus yaitu spion berupa kaca cermin cembung biasa yang terpasang di sisi luar untuk melihat sisi belakang. Namun seiring perkembangan zaman, fitur spion kendaraan semakin canggih lagi karena memakai teknologi spion kamera. Teknologi ini sudah menjadi suatu standar di bus Eropa dan mulai diaplikasikan di bus yang ada di Indonesia. 

Karoseri pertama yang menggunakan spion kamera yaitu Tentrem yang dipasangkan pada body model Avante D1. Bus ini kemudian dibeli dan dioperasikan oleh perusahaan otobus Harapan Jaya untuk trayek antar kota antar provinsi. Adanya inovasi ini ditujukan untuk kemajuan transportasi bus supaya makin aman dan nyaman. 

Adapun body Avante D1 dengan konsep UHD yang digunakan sebagai basis busnya ini ditopang oleh sasis Scania K410 yang sudah dilengkapi dengan sistem suspensi udara. Bus ini terlihat seperti memiliki dua lantai atau biasa disebut dengan double decker. Akan tetapi, yang bisa digunakan duduk oleh penumpang adalah bagian deck atas karena dek bawah seluruhnya digunakan sebagai bagasi barang. 

Keunikan bodi Avante D1 ini, kamu tidak akan menemukan spion tanduk biasa yang seringkali ditemui pada bus. Sebagai gantinya, kamu akan menemukan kamera yang terpasang pada sisi kanan dan kiri bagian depan bus. 

Spion Kamera di Bus Tak Menyalahi Regulasi

Kaca spion dengan kamera CCTV (Closed Circuit Television) di masa depan akan menjadi tren baru di segmen industri bus. Kamera ini akan memberikan fungsi layaknya kaca spion dengan menampilkan kondisi luar melalui dua layar digital yang ada di sisi kanan dan kiri pengemudi. 

Ketentuan penggunaan kaca spion kendaraan bermotor di Indonesia tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan. Dalam Pasal 37 disebutkan:

Kaca spion Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud dalam Pasal 35 huruf b harus memenuhi persyaratan:

a. berjumlah 2 (dua) buah atau lebih; dan

b. dibuat dari kaca atau bahan lain yang dipasang pada posisi yang dapat memberikan pandangan ke arah samping dan belakang dengan jelas tanpa mengubah jarak dan bentuk objek yang terlihat. 

Dari pasal tersebut, tercantum pernyataan 'bahan lain yang dipasang pada posisi yang dapat memberikan pandangan ke arah samping dan belakang', sehingga penggunaan kamera untuk pengganti kaca spion konvensional tidak menyalahi aturan yang telah berlaku. 

Pemasangan spion kamera membuat kendaraan jadi tampak bersih di bagian depan, lantaran tidak adanya kaca spion konvensional yang besar. 

Lantas, apa kelebihan dan kelemahan sistem spion kamera yang kini mulai banyak diaplikasikan oleh pihak karoseri lokal di Indonesia ini? Mari kita bahas lebih mendalam. 

Keunggulan Teknologi Spion Kamera di Bus, Canggih dan Banyak Manfaat

Sistem kamera untuk spion tentunya sudah dirancang agar bisa lebih baik lagi kemampuannya daripada spion konvensional. Kelebihannya yaitu pada daya jangkau sudut pengambilan kamera yang lebih luas supaya mengurangi blind spot bus tersebut.

Untuk spion kamera ini didukung kamera jarak dekat dan kamera dengan angle lebar beresolusi tinggi untuk merekam situasi di sisi samping dan belakang kendaraan. Sebagai contoh, teknologi yang digunakan oleh karoseri tentrem memakai kamera 360 derajat yang membuat kondisi sekeliling bus bisa dipantau dengan mudah oleh pengemudi.

Sistem canggih pada kamera yang digunakan tersebut secara otomatis akan menyaring gangguan dalam proses perekaman yang dilakukan kamera. Jadi, kamera beresolusi tinggi akan mengoptimalkan kontras dan kecerahan meskipun mengemudi di tempat minim cahaya atau kegelapan malam sekalipun. Hasilnya, tangkapan gambar di spion kamera lebih bisa terlihat jelas di malam hari daripada spion biasa.

Untuk melihat hasil rekaman kamera, sudah disediakan layar lcd persegi panjang (potrait) yang diletakkan di sudut kiri dan kanan depan kabin bus. Ini pun jadi lebih aman dan nyaman karena posisinya yang lebih dekat dengan pengemudi bus.

Bentuknya yang kecil juga tidak mempengaruhi aerodinamika dari bus tersebut, karena hambatan angin akan berkurang. Selain itu, ukuran kamera yang mungil juga lebih aman dari risiko terbentur saat bus bermanuver.

Sebagaimana kita ketahui, spion model tanduk ini ukurannya cukup besar dan panjang, sehingga membuat bus sulit bermanuver di lokasi yang sempit. Tak jarang, spion bus tersangkut atau mengalami benturan akibat sempitnya ruang untuk bermanuver. 

Kelemahan Spion Kamera, Masih Banyak yang Asing dengan Teknologinya

Dengan teknologi yang ditawarkan, mirrorcam ini juga tak lepas dari kelemahan yang perlu kita ketahui. Kelemahannya yaitu karena bentuknya yang kecil membuat penampilan bus jadi aneh dan kurang menarik. Ini cuma masalah selera, karena kebiasaan kita yang setiap hari melihat bus dengan spion tanduk.

Untuk mengatasinya, bisa memakai cara seperti di bus garapan karoseri Marcopolo di Brasil. Kamera diletakkan di tangkai atau gagang yang posisinya lebih maju, seperti kaca spion konvensional. Jadi, masih ada aksen tanduk yang membuat bagian muka jadi tidak polosan. 

Kelemahan lainnya ialah harganya yang dinilai lebih mahal dari spion konvensional karena peranti elektronik yang jauh lebih banyak dan canggih. Busnya perlu dipasangkan kamera resolusi tinggi di bagian kiri-kanan depan, tengah kiri-kanan hingga bagian belakang. Belum lagi perlu menyediakan kabel yang proper hingga layar monitor LCD.

Dikutip dari Kompas, satu set spion kamera, harganya masih sekitar Rp 15 juta sampai Rp 20 jutaan. Selain itu ada juga yang harganya lebih mahal dengan resolusi gambar yang lebih baik lagi. Harga segitu masih jauh lebih mahal dari spion tanduk, yang menurut informasi awak bus, dijual kisaran Rp12 jutaan. 

Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Brio

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

12.488 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil