Setelah kemunculan MG ZS EV facelift di GIIAS 2022, MG Motor Indonesia langsung melakukan uji ketangguhan mobil listrik terbarunya ini. Bahkan rute yang ditempuh tidak main-main, yaitu perjalanan dari Jakarta menuju Surabaya.
Menempuh jarak lebih kurang 789 kilometer (km), pengujian MG ZS EV 2022 ini memang cukup menantang. Pasalnya sampai saat ini belum ada pabrikan lain yang emmasarkan mobil listrik di Indonesia dan mempersilahkan sejumlah jurnalis Nasional untuk mengetes produk tanpa BBM-nya itu.
"Acara ini menjadi spesial karena ini pertama kali kita adakan long trip MG ZS EV melalui tol Trans Jawa. Karena kita juga memperkenalkan future technology bukan saja di Jakarta tapi juga ke seluruh masyarakat di Indonesia," ucap Arief Syarifudin, Marketing and PR Director MG Motor Indonesia ketika ditemui di Jakarta, Senin (12/09/2022).
Arief juga menuturkan, lokasi Surabaya dipilih lantaran MG baru saja meresmikan outlet terbarunya yang berlokasi di Jl. Raya Jemursari No. 175 serta menyambut penampilannya di GIIAS Surabaya yang dihelat mulai dari 14 hingga 18 September di Grand City Convex, Surabaya.
Baca juga: New MG ZS EV Resmi Diperkenalkan di Indonesia, Mobil Listrik Paling Digemari di Eropa
Dalam acara yang dikemas dengan tajuk MG Media Trip ini, satu unit MG ZS EV 2022 yang dibawa ke Surabaya. Sementara tiga unit mobil lain menggunakan MG HS iSmart, MG HS, dan MG 5 GT.
Rombongan start dari kawasan Pondok Pinang, Jakarta Selatan, lalu langsung menuju Jalan Tol Outer Ring Road (JORR). Selanjutnya mengarah ke Tol Cikampek, Tol Cikopo - Palimanan, dan keluar di Semarang untuk bermalam.
Di hari kedua baru rombongan kembali melanjutkan perjalanan menuju Surabaya melalui Tol Surabaya. Selama di tol Tran Jawa, pengisian daya listirk baterai dilakukan pada beberapa Rest Area yang menyediakan charging station. Antara lian Rest Area 207 dan Rest Area 379.
Baca juga: MG ZS Sports Version 2022, Tampangnya Jadi Makin Sangar
Mobil lsitrik MG ini menggunakan Permanent Magnet Synchronous Motor serta baterai lithium-ion berkapasitas 50,3 kWh. Baterai tersbeut diklaim mampu menempuh jarak maksimal sejauh 403 km (NEDC mode).
Dibandingkan dengan MG ZS sebelumnya, ada peningkatan daya tempuh baterai hingga 66 kilometer. Mengingat di model sebelumnya menggunakan baterai berkapsitas 44,5 kWh dengan daya jelajah hingga 337 kilometer.
Apakah benar klaim dari pabrikan ini? Kami akan laporkan hasil pengujiannya.
Baca juga: Bukan Honda HR-V, Tapi Toyota Corolla Cross dan MG ZS yang Merajai Segmen SUV di Thailand
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2019 Daihatsu TERIOS X 1.5
19.652 km
4,5 tahun
Jakarta
2021 Toyota RAIZE S 1.0
15.274 km
2 tahun
Jawa Barat
2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5
12.742 km
2 tahun
Java East
2021 Daihatsu TERIOS X 1.5
19.465 km
2,5 tahun
Banten
2021 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0
14.811 km
2 tahun
Banten